DAILY

All About my Skripsweet

Image

hay kawan.. 🙂 apa kabar? semoga di rabu pagi yang cerah ini kita bisa mengawali hari dengan penuh rasa syukur..

karena hari ini aku harus revisi draft lagi, maka aku ke kampus bersama temanku menuju markas tercinta–> Ruang Baca FTK. disini kita bisa ngadem, cari referensi oke, nyaman dan wifian cepet banget.. so, tongkrongan wajib selama bulan ramadhan ini yah di tempat ini yah walopun sebenarnya ada lab khusus di jurusan yang biasa ditongkrongin temen-temen lainnya.. hehe tapi keburu penuh banget banget gitu.

sekedar sharing saja, aku mulai memikirkan skripsi sejak semester 6. akhir semester 6 tidak terlaksana karena aku keburu pulang kampung (hoho…2 bulan nggak KP tapi malah pulkam). tapi u must know my departement so well yaah? 😀 kalo yang namanya di jurusan teknik kelautan itu start semester 3 mahasiswa disibukkan dengan tugas rancang!! >_< mulai dari TR I (tugas rancang I) semester 3 (gmbar linesplane kapal), TR II semester 4 (gambar kurva bonjean and hidrostatis kapal), trus lanjut TRB I semester 5 (mendesain struktur pantai-waktu itu aku desain breakwater),  trus TRB II (desain struktur lepas pantai-desain stuktur anjungan produksi yakni : jacket pile, main deck, cellar deck and mezanine), dan TRB III (analisa sesimik, fatigue and loudout dari TRB II). naaah.. nahasnya aku molor di TRB II yang harusnya selesai 1 semester tapi aku mampu selesai satu tahun (2 semester) so so so??? tugas besar itu yang membuat pusiang selama setahun!! >_< and tugas besar itu walo cuma 2 sks, berasa 20 sks! kudu asistensi rutin, salah, revisi, balik lagi, salah lagi, kurang stabil, menstabillkan dan balik lagi pokoknya desain mendesain itu butuh waktu lama deh -_- ampun pokoknya. namun alhamdulillah di TRB III-nya kulalui di semester 8 ini. #sesuatu banget

.. and then,, semester 7 ku mikirin skripsi lagi (just mikir topik-sambil selesain TRB II waktu itu) dengan ambil mata kuliah pilihan: ocean outfall. waktu itu aku pengen topik lingkungan. so judulnya udah kususun terkait “Pipa outfall untuk daerah pesisir kenjeran surabaya” namun gak kulanjutkan. semester 8 aku ambil konversi energi, sudah ada informasi terkait pulau yang akan menjadi objek penelitianku yakni pulau sebesi dan sebuku di Lampung. bahkan rencana mau ngerjakan waktu KP (kerja praktek) di BMKG namun gagal akibat ku sakit tipes dan skripsi terkait “Konversi energi Gelombang Laut” urung kukerjakan, gak punya passion waktu itu. hiks banget pokoknya..dicari dosen pembimbing namun ku gak muncul, takut dan entahlah kenapa terasa berat banget melangkah 🙁

jujur, 1 tahun yang percuma. waktu itu otakku -entah pergi kemana- sangat tidak relevan dengan jurusan. pengen mual rasanya ke jurusan, ketemu temen-temen dan bahkan ada rasa benci dengan lingkungan kampus. jauh dari teman sebayaku di FTK (hiks banget pokoknya).

setelah bulan april 2013 ku sadar, aku gak boleh terpuruk seperti itu. aku gak boleh menyalahkan sistem yang emang sudah ada di sini. aku harus memperbaiki sistem dengan cara ku perbaiki diriku sendiri sebelum memperbaiki oranglain.

sebelum aku memutuskan untuk “move on” aku sempat berfikir apa yang harus kulakukan jika aku gak punya pendirian? pasti dengan mudah aku dipengaruhi oranglain! apalagi di dunia yang serba kompleks seperti ini. setiap orang menginginkan golongannya menang dengan cara “rekruitmen” oranglain. yah, aku ndak kuat lama-lama kalo seperti itu..

lalu, aku “MOVE ON” pindah kos ke perumdos, bertemu teman sejurusan dan mendapat banyak masukan dari dia terkait sikapku selama ini. hiks banget dengernya, ternyata semua temanku di angkatan sangat baik dan peduli namun selama setahun itu seolah-olah ku menciptakan tembok tinggi diantara aku dan mereka.. 🙁 *maafin aku ya teman-teman

oke, kembali ke topik skirpsiku!

setelah pergolakan panjang, harus memilih topik: lingkungan, konversi energi, ataukah geofisika.. aku bertemu dengan temanku yang memberikan solusi untuk ngadep ke dosen pembimbingnya yang bisa membantu sekalipun kita nge-blank terkait topik TA. so, aku coba dan kebetulan dulu aku punya buku bagus dari salah satu guru besar teknik sipil UGM (walo aku belum baca isinya :P)

Image

buku di atas kudapatkan waktu ku semester 5 waktu bertemu dengan prof. Radianta Triatmadja di gedung teknik sipil UGM. waktu itu dalam rangka wawancaraku terkait penemuan batuan breakwater beliau yang dinamakan “gamapod (gajah mada-pod)”. aku belum kepikiran untuk membuka buku tersebut hingga semester 8 ini karena ketika awal membukanya rasanya kepalaku pusing melihat kata “numerik” hehee..

kabar baiknya, ternyata Prof radianta Triatmadja adalah dosen pembimbing dosen pembimbing baruku (Pak Haryo, ST, M.Eng, Ph.D-beliau S1 teknik sipil UGM bidang hidrolika bangunan air, s2 dan s3 di inggris). dului, beliau waktu kuliah S1 dibimbing oleh prof radianta yang kutemui itu.. jadi ini ceritanya, aku ibarat cucunya prof Radianta dalam hal bimbing pembimbing 🙂

*seperti reunian ya beliau-beliau

akhirnya kuberanikan diri untuk maju ke Pak Haryo. dan alhamdulillah beliau welcome dan mau mengarahkanku walaupun ini topik baru dan benar-benar berat bagi sebagian besar temanku.. namun aku yakin, seberat apapun insya Allah bisa dilalui selama ada pembimbing, usaha, dan doa..

kemudian ku beranikan diri kirim email ke Prof Radianta.. dan beliau balas :

Saya kira manfaat yang anda berikan adalah:

1.      Memberikan prediksi pola gelombang dalam kolam pelauhan untuk perencanaan posisi dermaga.

2.      Memberikan alternative layout pemecah gelombang yang terbaik

3.      Menunjukkan kemungkinan osilasi di kolam labuh

kemudian beliau memberitaukan langkah dan apa saja yang harus kupersiapkan mulai dari pre-knowledge hingga timeline untuk mampu menyelesaikan tugas akhirku, beliau berkata :

Biasanya sulit bagi seseorang untuk bekerja langsung dengan membuat program. Dibutuhkan berbagai pre-knowledge tentang programming dengan visual basic, pengetahuan tentang skema numeric, pengetahuan tentang skema karakteristika. Saya biasanya memberikan sedikit bantuan pada mahasiswa saya dengan simple model yang biasanya adalah wave oscillation in a simple harbor. Model ini merupakan source program dalam visual basic atau fortran tentang gelombang osilasi pada pelabuhan dengan bentuk kotak. Mahasiswa saya minta berexperiment dengan sorce code tadi, me-runningnya untuk memahami karakter program, karakter skema numrik, dan yang lebih penting memahami metode karakteristik secara lebih luas.

Tugas akhir seperti punya anda bisa diselesaikan oleh mahasiswa yang pandai dalam waktu 3 bulan. Rata-rata mahasiswa dapat menyelesaikannya dalam waktu 6 bulan tergantung pada kompleksitas tugas akhirnya.

awalnya aku sempat shocked. karena metodologi yang baru, dan metode karakteristik belum pernah diajarkan selama ku kuliah 4 tahun disini T_T

namun, aku yakin..dengan belajar numerik lagi dan berusaha bekerja dengan komputer ku kelak mampu memanfaatkan ilmu ini dengan baik. walau harus belajar agak lama.. hiks..

so, skripsi terbaruku sekarang : Pemodelan Pola Gelombang didalam Kolam Labuh dengan Menggunakan metode Karakteristik

semangat! semoga bisa! 🙂

finally…walaupun aku berusaha menghindar, tapi kalo yang namanya jodoh ya gimana lagi? gak bakal bisa menghindar..demikian pula dengan topik tugas akhir, walaupun dulu ku gak suka banget dan bahkan terasa mual kalo mendengar kata tersebut “numerik” tapi sekarang harus bergelut dengannya 🙂 ingat Q.S Al Baqoroh: 216 “..Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

come on nik! nik BISA!! ^_^ demi masa depan, untuk membahagiakan ibunda.. mama tercintaaa dan my grandmother 🙂

karena mereka berdualah yang selalu ada dan berkorban untukku 🙂 thanks mom! I love you mom…

*mohon doanya ya teman2 yang baca blogku.. semoga skripsi ini lancar.. walo kemungkinan bisa running finishingnya 1 tahun..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *