BLOGGER PEREMPUAN

#Day17 my List to do in 2019

Wah ini topik pas banget, pas lagi mau bikin targetan 2019 & lagi fase evaluasi besar besaran.

Pagi ini juga sedang diajari oleh kantor gimana caranya bikin papan pencapaian dan pentingnya membuat papan pencapain.

 

PAPAN PENCAPAIAN

Papan pencapaian adalah evaluasi diri kita hari ini, dengan adanya papan pencapaian membuat kita bisa terus bergerak, dengan papan pencpaian menyadarkan kita waktu sebentar lagi mau habis, dengan papan pencapaian seluruh tubuh kita akan termotivasi untuk bergerak, berfikir dan berkreasi.

Jadi afirmasikan papan pencapaian dengan otak kita ya,Β karena berkarya tanpa evaluasi itu kosong.

 

So, papan pencapaian ini fleksibel banget. Bisa dibuat harian, mingguan, bulanan, tahunan atau per berapa tahun. Papan ini memudahkan kita buat action terkait list to do kita.

Pada post blog kali ini, aku bakal bahas secara personal lima hal apa aja yang ingin kulakukan di tahun 2019 nanti.

Pertama, belajar membuat dan mengaplikasikan bullet journal

Wah apa itu? aku juga baru tau 🀣 taunya pas melihat story dari salah satu pendiri gemar rapi yaitu mba wangi. Disana dengan tulisannya yang cantik seringkali membuat semacam ceklis pada sebuah buku khusus yang polos tanpa garis.

Nah, selama ini aku bikin list to do harian bukan pada buku kayak gitu. tapi pada kertas, campur baur gakaruan dengan kertas lain. atau sticky notes yang kadang suka hilang🀣 belum lagi beberapa hal lain yang seringkali aku cari listnya tapi naruh sembarangan. walo udah dicoba ditata di box, di binder suka diobrak abrik anak.

Atau beberapa bulan lalu kucoba pada sebuah buku tebal yang berisi macam-macam, mulai arisan alqolam, list target dll. alhasil gak terekam dengan baik jejaknya. Plus gak tertata rapi. This is so clutter for me, so I always clean that with my another act yaitu..ku suka merobek kertas jika udah full coretan atau menggumpalkan kertas tersebut dan dikumpul ke tempat sampah.

Lain lagi dengan diary, kalo diary seperti perasaan yang tercurah. Hobiku banget sejak SD nulis diary. Kalo sekaranv udah males, lebih suka ngetik di laptop wkk.. Diary nih okee siih. Kalimat panjangnya buat melepaskan kepenatan hati. Bullet jurnal ini lebih ke productivity.

Bisa belajar ke https://bulletjournal.com/

Contohnya gini

Selain memberikan keuntungan rekam jejak, mendongkrak produktivitas, bullet journal ini juga memberikan sebuah terapi. Kata seorang temanku, salah satu cara mengubah karakter bisa melalui tulisan tangan. Dibiasakan terus aja hingga ia melunak dan lebih baik. Ini disebabkan karakter hurufpun bisa ‘dibaca’ olehnya. Hahaha.. iya bener juga. Dan sarannya padaku.. memang aku harus lebih banyak nulis tangan (buat melatih kepribadian) sebagai terapi diri agar lebih baik.

Bullet jurnal ini juga bisa membantu mentrack record buku bacaan yang akan kubaca di tahun 2019.

Kedua, menerbitkan buku lagi. Minimal 2 buku

Pada tahun 2018 dengan penuh kegembiraan aku bersyukur bisa menerbitkan buku (di luar buku skripsi ya -,- akademik) pada sebuah penerbit besar.

Bukuku yang diterbitkan 2018 lalu berjudul KonMari Mengubah Hidupku, diterbitkan oleh Bentang Pustaka Publisher. Dan aku sangat senang sebab editorku ini merupakan editor keren yang juga membimbing beberapa karya besar lainnya. Katakanlah bukunya artis Maudy Ayunda, editorku ini yang sangat berperan.

Buku tersebut adalah buku non fiksiku. Padahal aku pribadi lebih passion kepada fiksi. Maka tahun depan target bikin buku fiksi adalah menjadi list to do terpenting juga.

Ketiga, membuat paspor

Sebenernya sepele ya kapan aja bisa bikin. Kalo suamiku udah punya duluan tapi udah kadaluarsa wkwkwk.

kenapa bikin 2019? biar masa tenggangnya lama 🀣 kalo bikin sekarang ntar kadaluarsa 5tahun cepet. padahal sama aja ya πŸ˜†

Buat apa bikin paspor?

yaaa ini penting nih, selain ktp, npwp yang wajib ada. passpor juga berperan penting agar dengan mudah kita afirmasi diri bisa ke luar negeri πŸ€—

Amiin.

Keempat, Menabung umroh bersama teman RKtim

Sebenernya buat bisa umroh itu mudah, asalkan ada tekad kuat. Nah, salah satu cara termudah bagiky adalah dengan bisnis. Dan bisnisku yaaa Rktim πŸ€—πŸ’•

Rktim ini rumah kita tim. Jualan produk edukasi premium. Kalo aku disini sebagai konsultan edukasinya. Sayangnya setahun atau 1,5tahun ini aku sibuk dengan komunitas sehingga kurang optimal jualanku. So, bismillah 2019 melesat yaa biar bisa umroh bersama Rktim. Amiin..

Kelima, Menaikkan target Hafalan Alquran

Ini adalah PR besar yang menjadu charger diriku agar senantiasa berlomba lomba dalam kebaikan. Bukan karena trend, tapi setelah baca buku bahwa berinteraksi dengan alquran adalah kebutuhan.. serta betapa besarnya kedudukan alquran ini maka bersama seorang teman dekat kubertekad bisa menambah hafalan lagi. Amiin

Tentu butuh seorang mentor, dan mentor ini sebenernya bertebaran dimanapun. Tinggal kita mau mencari atau nggak.

Kulihat orang yang deket dengan quran inu sangat teduh, lembut tapi tegas, jernih pikirannnya dan luar biasa budinya. Maka, benar bahwa suri teladan kita adalah Nabi Muhammad yang akhlaknya seperti alquran berjalan. MasyaaAllah πŸ˜­πŸ’•

Oke, sekian itu lima list to do yang bener bener ingin kulakukan di tahun 2019.

Semoga bermanfaat πŸ€—

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *