IBU PROFESIONAL KELAS BUNSAY LEVEL 2

Game Bunda Sayang #BunSay Level 2 #Day 12 : Melatih Kemandirian Anak

Hari ke-12 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1440H

Alhamdulillah hari ini shaur pertama, pagi tadi abi bangun lebih awal dan masak. Kemudian sahur berdua, Syahid masih tidur. Syahid bangun setelah adzan subuh dan dia ikut sholat subuh berjama’ah.

Setelah dari masjid, Syahid lanjut bermain sendiri bermain lego. Bosan bermain lego, dia manta kerikril di depan halaman katanya membuat ‘rel kereta api’ 😀

Syahid senantiasa kooperatif dan senang membantu pekerjaan rumah seperti memilah sampah, merapikan sepatu, sandal setelah dan sebelum bepergian. Pun dengan hari ini. Selesai bermain kerikil, dia kelelahan dan tidur. Karena jam 7 agenda saya ngaji di masjid maka saya bangunin dia dengan paksa dengan janji pulang ngaji nanti saya ajak Syahid jajan di warung.

Alhamdulillah Syahid mau ikut, dari jam 7 hingga selesai jam 11 siang. Di masjid dia bermain dengan temannya (sayangnya nggak saya dokumetasikan -_-), bahkan membantu membawa sapu ketika ada pecahan kaca di pos depan masjid (ikut bertanggung jawab membersihkan).

Di masjid juga Syahid mau menahan diri agar tidak makan di depan ibu-ibu yang sedang berpuasa. Bahkan ketika tadi pagi, Syahid meminta buah pepaya (pagi bangun tidur) biasanya saya disuapin olehnya, namun kali ini saya sampaikan ‘umi puasa, makan nanti maghrib’ diapun mafhum dan tidak lagi menawari apapun 🙂

Di masjidpun tidak ngompol, dia mau pipis sendiri ke toilet ketika kebelet 😀

Pulang ngaji, sesuai janji saya ajak dia ke warung di jalan sebelum sampai rumah. Syahid memilih mengambil teh gelas, sudah itu saja, tidak tertarik jajan yang lain. Alhamdulillah hanya seribu rupiah wkwk.

Sampai rumah, saya mandikan Syahid karena pagi dia tadi belum mandi. Selesai mandi Syahid tertidur, lelah karena berlarian kesana kemari.

Sore ini agenda kami ikut sanlat anak-anak di masjid, semoga bisa 🙂 jika tidak bisa, yaaa ngabuburit sendiri 🙂 biasanya jam 4 sore sudah mulai, namun seperti Ramadhan tahun lalu, biasanya Syahid bisa hadir dan kadang nggak bisa 🙂

Berikut pencapaian untuk agenda pekan 3 melatih kemandirian anak.

Dan untuk hari ke-12 :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *