DAILY

Halaqah 7 Des 2012 (sedekah)

Bismillahirrohmanirrohim…

heyy kawan.. lama yaah gak corat-coret di dinding blog.. ๐Ÿ˜€

biasanya nich aku selalu curhat disini.. tapi sekarang udah enggak lagi.. cukup curhat ke Allah sajalah.. hehee..

hari ini jumat, hari yang cukup berat.. yeah.. beraaatttt bangeett karena nich jumat seluruh amal kita naik dan berhadapan langsung dinilai oleh-Nya. duuuh.. kebayang nggak sih .. inget masa lalu yang jahiliyah banget ๐Ÿ™

well.. nggak perlu bersedih hati, nggak perlu meratap!! no! saatnya menatap masa depan dan membaca diri sendiri.. nggak ada orang lain dan ada pun nggak jadi masalah.. ada masalah ataupun enggak ada masalah pun nggak masalah.. karena sekarang aku yakiin.. !! aku milik Allah dan aku masih disayang oleh-Nya sehingga hingga detik ini aku masih menikmati indahnya islam ๐Ÿ™‚

well.. tadi pagi mendung dan pekat, sepekat hatiku (ceileh!!). yeah, ke kampus pagi-pagi hanya untuk kuliah dan bertemu dengan bapak tercintaaa dan teman-teman yang istimewa (ya iyalah,, satu kelas isinya cuma 6 orang doank-hehe makul pilihan) dan yang pasti.. hari ini aku mulai halaqah…

sempat futur, sempat mundur, sempat ingin menjadi “orang biasa”, sempat berpikir akan meninggalkan pekerjaan mulia (berdakwah) dan sempat berpikir macam-macam.. namun, Alhamdulillah.. itu semua hanya sampai pada taraf berfikir saja, ndak sampai kurealisasikan ๐Ÿ™‚

hari ini halaqah jam 11.30-12.30
membahas pembukaan dari terjemah Q.S Al mukminun 1-11

ย  ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽูู’ู„ูŽุญูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ูŽ
(1) Sesungguhnya menanglah orang-orang yang beriman.

ย ูฑู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ููŠโ€ ุตูŽู„ุงุชูู‡ูู…ู’ ุฎุงุดูุนููˆู†ูŽย 
(2) Orang-orang yang khusyu` di dalam melakukan sembahyang.

ูˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู ุงู„ู„ูŽู‘ุบู’ูˆู ู…ูุนู’ุฑูุถููˆู†ูŽ ูŽ
(3) Dan orang-orang yang terhadap segala laku yang sia-sia meยญnampik dengan keras.

ย ูˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ู„ูู„ุฒูŽู‘ูƒุงุฉู ูุงุนูู„ููˆู†ูŽ ูŽ
(4) Dan orang-orang yang mengerjakan ZAKAT.

ย ูˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ู„ูููุฑููˆุฌูู‡ูู…ู’ ุญุงููุธููˆู†ูŽ ูŽ
(5) Dan orang-orang yang selalu menjaga faraj (kelamin) mereka.

ุฅูู„ุงูŽู‘ ุนูŽู„ู‰โ€ ุฃูŽุฒู’ูˆุงุฌูู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ู…ุง ู…ูŽู„ูŽูƒูŽุชู’ ุฃูŽูŠู’ู…ุงู†ูู‡ูู…ู’ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽู„ููˆู…ูŠู†ูŽ ูŽ
(6)ย  Kecuali terhadap isterinya atau hambasahayanya, maka tidaklah mereka tercela.

ย ููŽู…ูŽู†ู ุงุจู’ุชูŽุบู‰โ€ ูˆูŽุฑุงุกูŽ ุฐู„ููƒูŽ ููŽุฃููˆู„ุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ุนุงุฏููˆู†ูŽ ูŽ
(7) Tetapi barangsiapa yang masih memilih jalan di luar itu, itulah orang-orang yang telah melangยญgar garis.

ย ูˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ู„ูุฃูŽู…ุงู†ุงุชูู‡ูู…ู’ ูˆูŽ ุนูŽู‡ู’ุฏูู‡ูู…ู’ ุฑุงุนููˆู†ูŽ ูŽ
(8) Dan orang-orang yang menjaga dengan baik terhadap amanat dan janjinya.

ย ูˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ู‰โ€ ุตูŽู„ูŽูˆุงุชูู‡ูู…ู’ ูŠูุญุงููุธููˆู†ูŽ ูŽ
(9) Dan orang-orang yang memeยญlihara dan menjaga semua waktu sembahyangnya.

ย ุฃููˆู„ุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ูˆุงุฑูุซููˆู†ูŽ ูŽ
(10) Mereka itulah yang akan meยญwarisi.

ย ูฑู„ูŽู‘ุฐูŠู†ูŽ ูŠูŽุฑูุซููˆู†ูŽ ุงู„ู’ููุฑู’ุฏูŽูˆู’ุณูŽ ู‡ูู…ู’ ููŠู‡ุง ุฎุงู„ูุฏููˆู†ูŽ ูŽ
(11) Yang akan mewarisi syurga Firdaus dan di sanalah mereka mencapai khulud (kekal) selamaยญlamanya.
——–
sungguh… saat ayat suci itu kulantunkan.. ada rasa gemuruh didalam hati, terutama saat membaca terjemahnya.. ๐Ÿ™‚
ternyata hatiku tidak mati.. hatiku masih hidup dan masih mampu mempelajari kalam Tuhanku.

apakah aku ini mukmin?? orang yang beriman??
ya!! kujawab dengan lantang dan sungguh-sungguh…
oiaaaa.. sebelum masuk ke ayat, mbakku menjelaskan bahwa dalam belajar ada 3 kriteria untuk mencapai kemuliaan seorang berilmu, yakni sungguh-sungguh, mengamalkan dan menyampaikan. maka, harapannya setelah ayat diatas kupelajari dengan sungguh-sungguh..maka aku harus mampu mengaplikasikan dan juga menyebarkan.. hehe.. menyebarkan Alquran dan As-Sunnah… ๐Ÿ™‚
maka, dengan sungguh-sungguh kubaca terjemah dan mbakku menjelaskannya..
di ayat pertama “Sesungguhnya menanglah orang-orang yang beriman.”

sesungguhnya orang-orang mukmin itu beruntung.. ๐Ÿ™‚ karena mukminlah orang yang mempercayai Allah sebagai Tuhannya dan Rasulullah Muhammad SAW adalah utusanNya. maka tidak akan ada rasa kesedihan apabila kita menyadari bahwa diri kita seorang mukmin ๐Ÿ™‚
di ayat berikut-berikutnyaa..dijelaskan bahwa siapa sih orang mukmin ini??
orang mukmin itu adalah orang orang yang menjaga dan khusyu pada sholatnya (kata mbakku, minimal kita tepat waktulah dalam sholat. Bersyukur bisa berjamaah ๐Ÿ™‚ dan bersyukur kita tilawah setelah itu ^_^), orang yang menjaga perbuatan dan perkataan yang sia-sia (waah.. yang ini agak berat, tapi memang harus bisa ya!! no ghibah!! no namimah!! no gossip and no useless time!!, ayo2 bisa!! ^0^), orang yang membayar zakat (ntar kubahas di bawah), orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri2 mereka, orang yang menjaga amanah dan menepati janjinya, orang yang memelihara waktu sholatnya..dan mereka itulah yang akan mewarisi syurga firdaus. Subhanallah….. ๐Ÿ™‚


sedikit curhat saja…
tadi malam aku boros, belanja bulanan tak terkira-kira.. beli makanan dan permen.. padahal nggak butuh.. (Astaghfirulloh) ini sebagai pelajaran buatku, bahwa ada ayat menjelaskan (lupa ayatnya) bahwa pemboros-pemboros adalah temannya syetan (Naudzubillahimindzalik!!) ๐Ÿ™ gak lagi-lagi deh.. walaupun banyak godaan tetapi aku akan tetap berusaha.. berusaha.. HEMAT!! apalagi ini udah mendekati akhir tahun T_T

naah.. entah kenapa ya halaqah kali ini nyambung banget dengan permasalahanku.. (secara tidak langsung ini mbakku menegurku lho.. hehe)

dijelaskan tadi.. bahwa jangan sekali-kali berlaku sia-sia.. dalam hal apapun.. niatkan semua hanya untuk beribadah,, dan niatkan semua ini untuk mencapai Ridho-Nya…
dalam hal apapun.. jangan berlebih-lebihan.. mencintai, membenci, makan, minum, tidur, beraktifitas apapun itu.. ingat syari’at!!
*nangis*
sungguh.. aku sering lupa tentang makna “syukur”
kali ini aku sadar.. betapa Allah benar-benar menyayangiku..
Dia memberiku peringatan tidak hanya melalui 1 tau 2 orang saja.. namun semua!! ya!! hampir semua!! bahkan tadi profesorku pun sekalian ngajar sambil berdakwah beliau memberikan nasihat di kelas.. tetapi seolah-olah nasihat itu meluncur ke relung hatiku.. ALhamdulillah… (skip aja deh! malu :p)
hmm. kembali ke topik halaqah..
kita sebagai mukmin harus menghargai diri kita setara dengan syurga, jangan lebih rendah dari itu!! setara dengan syurga (dalam hal ini syurga tertinggi : Al-Firdaus) berarti harus memposisikan diri kita “benar-benar sesuai” dengan hukum-hukum Allah..

apakah orang terbaik itu orang yang mempunyai harta banyak melimpah, wanita cantik, laki-laki tampan dan kehidupan yang mewah??!! TIDAK! bukan itu!

apakah pekerjaan mapan dengan gaji ratusan juta per bulan??

sekali lagi tidak!! bukan!!

ini nih.. jawaban dari Al-Hadis..
sebaik-baik diri kita adalah yang mau belajar Alqur’an dan mau mengajarkannya..

sungguh!! mengamalkan dan mengaplikasikan isi Alquran adalah perbuatan dan aktifitas yang mulia..

terkait tentang zakat ๐Ÿ™‚

tadi lebih banyak membahas tentang zakat mal (kalo zakat fitrah kan sudah wajib dan rame tuuh tiap taun?? :D)

zakat mal, berfungsi membersihkan harta pendapatan kita. yaaah.. walaupun belum mencapai nisab kita harus belajar ๐Ÿ™‚
minimal bersedekah ๐Ÿ™‚

“takkan ada kerugian dan kekurangan harta bagi orang yang rajin bersedekah di jalan-Nya” kata mbakku tadi

dalam hatiku, “iya mbak, saya sudah membuktikannya :)”

“dan ingat dek… jangan pernah takut terhadap rizki Allah.. karena terkadang orang itu takut bersedekah dengan dalih dia akan kekurangan / hartanya berkurang saat dia keluarkan.. padahal sejatinya tidak demikian. justru harta yang kita keluarkan denga ikhlas di sisi Allah akan dibalas dnegan kelebihan.. pahala di syurga dan kebahagiaan di dunia” lanjutnya

aku mengangguk-angguk takzim..

yah, aku sadar..
sikap hedonku selama ini (kurang lebih 3 tahun lah) di surabaya harus segera ku ubah… apalagi melihat kondisi saat ini yang justru membutuhkan uang banyak untuk berbagai kebutuhan kuliah dan penelitian. bentar lagi pun KP pasti mengeluarkan dana lebih banyak lagi…

hmm..

tetapi aku malah tertantang untuk bersedekah lebih banyak.. minimal pendapatan setiap kali ngelesi kusedekahkan ke pemulung yang begitu banyak berkeliaran di kampus. selama ini…aku prihatin dengan mereka.. anak-anak banyak yang nggak sekolah hanya karena memulung!!

aku pernah membuktikan keajaiban sedekah,
berkali-kali.. tapi intinya begini :
saat aku bete dan galau (beberapa semster lalu), maka aku belajar ngobrol dengan pemulung yang ada di sekitar kampus dan kuberi sedikit santunan pada mereka.. saat itu mereka mendoakan kebaikan2 untukku..

suatu hari, aku kekurangan uang (akibat boros di awal bulan), anehnya.. setelah ku sedekahkan uang terakhirku yang ada di dompet..eh.. gak beberapa lama malah ada sms bahwa uang udah masuk ke ATM-ku. subhanallah bangeeet…

belum lagi kisah yang lain.. yang aku tak bisa menyebutkannya disini..

intinya dari halaqahku hari ini…

“jangan pernah menyerah untuk terus memperbaiki diri, untuk istiqomah di jalan-Nya dan jangn lupa bersedekah untuk menolong agama Allah.. karena antara nikmat dan ujian yang diberikan oleh-Nya sungguh lebih besar dan banyak nikmat-Nya..”

semnagt ukhti nikmah,, keyakinan akan pertolongan Allah tak akan pernah padam selama kau tidak memadamkan diri untuk menolong agama-Nya
istiqomah berdakwah ya ^_^
Hamasah!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *