DAILY

Hypnoparenting

Haloo parents πŸ™‚
Sebenernya udah lama mau nulis ini tapi berhubung banyaaak acara (emak emak sok sibuk nih hehe) jadinya kepending hampir bebeerapa bulan. Hahaha.. Maunya nulis di facebook aja sepotong sepotong tapii takut tenggelam dan mau naruh di note FB juga malah jadi ngedraft gitu dan HILANG. Uhuhuhu..

Jadi…sebelum kita bahas apa itu Hypno Parenting.. Kita bahas sumbernya dulu yaa. Sumbernya ini dari seminar yg saya ikuti pada bulan mei lalu klo gag salah inget hehehe πŸ˜€ bertema : hypno love touch parenting. Lebih lengkapnya ada di www.rumahmotivasi.com

Di awal seminar kita diingatkan kembali terkait 3 level manusia, yaituuu…
1. Komitmen
Manusia yg menyadari bahwa dia mampu atas pilihan hidupnya sehingga jika ada sesuatu ujian maka dia siap mengatasi.
2. Milih
Manusia yg menginginkan kesuksesan tapi hanya banyak tapi.. Alias memilih yg enak enak/sesuai dg (nafsu) atau keinginan dia. Gak bisa menerima konsekuensi yg dipilih.
3. Ingin
Ini hanya mau dan mengandai andai, tanpa ada action. Hanya ingin..inginn.. Sampai rambut memutihpun hanya itu. Tidak ada action.

Hehehe. Jadi kita ada di level mana nih..
Dan semuanya itu…

Kuncinya kita adalah harus mempunyai kesadaran (awareness) dalam apapun itu. Misal nih contoh pertanyaan :

apa yg paling penting dalam hidup anda?

Ada yg jawab : kesehatan? Keluarga? Uang? Pikiran? Pendidikan? Persahabatan? Kesuksesan? Kebahagiaan? Cinta? Atau malah kekuasaan?

Nah jawaban jawaban itulah yg ada didalam alam bawah sadar kita. Dan alam bawah sadar tersebut ternyata ‘kita pupuk’ sejak kecil.. Hingga kita tidak sadar..itulah ‘diri kita’. Padahal.. yg paling penting dalam hidup kita adalah : kesadaran. Awareness. Nah lho, bingung gag? Hahaha..iya ya

Jadi gini, misal kita ini punya kebiasaam buruk (kita gag sadar kalau itu buruk) lalu oranglain mengingatkan.. Tapi kitanya enjoy aja, jd pribadi anti kritik nih..bahaya gag?
Gag bahaya sih selama tidak merugikan oranglain.. Nah tapi kalau merugikan diri sendiri? Apalagi kedua duanya? So? Masih gag mau berubah? Haduuh.. Inget kan kalau ada catatan amal kita.. So yuk change your story, change your life.

Masih bingung gag?
Jd kesadaran ini maksudnya gimanaa?

Kesadaran dalam bertindak. Apapun itu.

Karena jika tanpa kesadaran maka..
Kita tak punya apa apa
Kita tak dapat bekerja tanpa kesadaran
Kita tak dapat mengasihi keluarga dan oranglain.. Dll.

Pentingnya kesadaran bagi kehidupan bagaikan “gelombang air” semakin Tinggi tingkat kesadaran, semakin Besar energi yg mengikutinya..

Dan inilah rahasianya..

Awareness itu dididik sejak kecil..
Oleh sebab itu jika ada ‘kesalahan didikan’ artinya itu ada ‘kesalahan program’ didalam pikiran bawah sadar kita..

Simak kalimat berikut ini :

“Semua kesalahan yg anak kita lakukan adalah bukan salah anak kita namun yg salah adalah program yg masuk ke pikiran anak kita”

Nah jika (terlanjur) salah program, gimana dong?

Ada yg namanya mind Re-programming. Dimana critical faktor/RAS akan secara Otomatis terbuka/ tidak berfungsi jika seseorang dalam kondisi : emotional, fokus dan shocking. Artinya apa?

RAS / reticular activating system terdiri dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar sifatnya rasional, analisa, membandingkan dan short term/ hanya bersifat sementara. Pikiran sadar bisa ditembus oleh sugesti.

Pikiran bawah sadar sifatnya kebiasaan, emosi, kepribadian, persepsi, ingatan jangka panjang/ long term memory, intuisi, keyakinan, kreativitas, fungsi otomatis. Dan Bawah sadar ini tidak bisa ditembus oleh sugesti aja, namun harus dg sugesti hypnosis.

Pernahkah bertemu dg orang yg tidak sadar membuang sampah begitu aja di jalan? Pernahkah bertemu dg orang yg menyimpan bungkus plastik didalam tas walau itu hanya plastik permen yg sudah dibukanya?

Itulah kerja alam bawah sadar πŸ™‚

Yukk kita bahas apa maksud hypno parenting disini..

Hypnosis saat ini marak digunakan. Kita sering dengar kata “hypnobirthing, hypnoselling, hypnowriting, dll.” lalu apa itu hypno parenting?

Hypno parenting adalah orangtua berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar anak, sehingga menghasilkan perubahan kebiasaan, karakter, sikap, mindset anak.

Hypno parenting ini perlu banget jika menemukan ‘sesuatu’ yg perlu diprogram ulang kepada anak dan orangtua mau bersabar dalam therapi ini.

Perlu diketahui bahwa ada prinsip yg perlu kita tau disini, yaitu

4 prinsip Hypno Parenting Therapy :
1. Orangtua dan anak MENYADARI bahwa memang ada masalah yg perlu diatasi.
2. Orangtua dan anak MENGAKUI bahwa memang ada masalah yg perlu diatasi.
3. Orangtua dan anak MENERIMA bahwa memang ada masalah yg perlu diatasi.
4. Orangtua dan anak secara bersama sama MAU mengatasi masalah tersebut demi kebaikan bersama.

Bagaimana caranya?
1. Ada yg namanya ‘memori sampah’. Misal di saat mengingat peristiwa itu jadi baper, sakit hati, sedih, marah dll.
2. Bayangkan ada sekotak TV.
3. Masukkan memori itu kedalam TV.
4. Kemudian pecahkan !!!
5. Maafkan
6. Install ulang memori
7. Masukkan masa depan
8. Bahagia, sukses, lebih baik, lebih semangat
9. Buanglah sampah yg pecah. Masukkan kedalam kotak. Kunci. Buang kuncinya. Buang kotaknya.
10. Finish.

Itu kalau untuk orang dewasa..
Lalu untuk anak anak bagaimana?
Nah inilah peran kita sebagai ortu..

Pertama, ajarkan kepada anak-anak kita untuk bisa memaafkan. Kemudian kita isi tangki cinta anak kita yg luar biasa.. Ingat ya, otak anak, pikiran anak itu isinya ya lingkungannya, apa yg mereka baca, mereka lihat, dengar dan rasa..

So, mari isi dg tangki cinta πŸ™‚
Yaitu :
1. Waktu yg berkualitas
2. Kata kata positif
3. Pujian dan dukungan
4. Sentuhan fisik bisa berupa pelukan, usapan lembut penuh sayang..
5. Tatapan mata penuh cinta kita
6. Pelayanan yg tulus, misal anak ingin makan di luar maka bisaΒ  kita ajak piknik dll. Juga perhatian yg terpusat, saat anak minta diperhatikan..maka perhatikan 100% juga saat itu (ini PR buat emak emak yg suka online nih hehe).
7. Pemberian hadiah. Gag perlu yg mahal tapi punya makna dan betmanfaat untuknya.

Lalu kapan hynosisnya?
Saat anak menjelang tidur/hypnosleep. Di saat itulah… Memori bawah sadar masuk πŸ™‚

Contoh script hypnosleep :
Kakak..ini bunda.. Kakak tetap aja tidur seperti ini (sambil diusap usap lembut ya anaknya)..tetap nikmati tidur kakak dengaΒ  nyamaaaan sekali…

Sambil kakak menikmati tidur, kakak masih bisa mendengarkan kata kata bunda..

Ok, luar biasa hebat sekali..bunda senang sekali.. Bahagia sekali punya anak seperti kakak..karena kakak anak yg sangat baik.. Nurut sama ayah bunda.. sholeh.. ganteng.. Genius … Mudah hafiz alquran (dan kata kata positif lainnya bisa ditambahkan)..bunda beruntung sekali punya anak seperti kakak..betapa Alloh sangat baik sama bunda..

Ok kakak, izinkan bunda hari ini untuk membantu kakak ya..memiliki sikap baru, kebiasaan baru yg hebat.. Sugesti ini sangat dibutuhkan oleh kakak.. Karena membantu kakak menjadi pribadi baru yg hebat sekali yg memgagumkan yg membanggakan bukan hanya bunda ayah saja tapi juga para malaikat dan Alloh tersenyum bangga sekali…
Kebiasaan baru kakak adalah setiap kakak mendengar adzan maka kakak segera ambil air wudhu dan melaksanakan sholat ke masjid (laki2) dg khusyu dan semangat yaa..kapanpun dimanapun… (Diulang ulang)

Ok luar biasa, terimakasih kakak malam ini hebat, bunda merasa bahagia. Kakak lanjutkan tidurnya yaa dan bangun dalam kondisi badan yg segar, sehat..dan jauh lebih semangat dari sebelumnya.. Ok, bunda berterimakasih ya kak.. Kakak mau mendengarkan bunda.. Bunda pamit dulu ya kak.. Kakak bobo dg lelap ya sayang..

(Contoh script anak mau sholat tepat waktu).

-semoga bermanfaat-

image

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *