DAILY

Komunitas Konmari Indonesia

logo konmari indonesia

Sejak bulan September kami berdua (saya dan suami) menemukan metode yang cocok untuk mengkondisikan rumah tidak selalu sumpek. Sebenarnya rumah kami tergolong rapi, selama ini menerapkan 5R. namun perasaan ini masih sumpek saja, seolah kurang lega dan luas. Dari sanalah saya merenung dan alhamdulillah per  awal bulan september suami memesan buku the life-changing magic of tidying up Marie Kondo. Sebenarnya tujuan awalnya hanya untuk dipraktikkan sendiri di rumah sebelum bedah buku di kantor (tugas suami).

Iseng-iseng pasang status tentang Konmari di FB ternyata peminatnya banyak. Orang banyak bertanya dan menyarankan agar saya membuat kelas di whatsapp. Saya ragu sebab saya pribadi hanyalah praktisi, belum menjadi konsultant resmi. saat itu cek web konmari ternyata harus merogoh kocek agak dalam untuk mengikuti lisensinya di luar. Butuh persiapan panjang apalagi tidak mudah untuk saat ini harus merawat anak yang masih dua tahun.

Seiring waktu berjalan, curhatlah saya ke suami. Bagaimana baiknya? suami menyarankan untuk membuka WA grup 1 kelas terlebih dahulu, jika antusiasmenya tinggi nanti bisa membuka grup ke-2 dst. Namun saat itu saya masih berhitung, takut dan hat-hati (ini ciri-ciri sifat saya : suka menimbang-nimbang masalah umum). lama berfikir hingga bulan Oktober pun datang.

Desakan dari teman-teman semakin membuat sadar dan akhirnya mencoba menawarkan ide ke senior yang memang tinggal di Jepang kala itu. Berlanjut saat senior pulang ke Indonesia, mereka mendukung. Akhirnya saya dan suami sepakat membuat kelas WA.

Iseng search grup konmari ternyata ada juga yang sudah membuatnya namun personal. saya mencoba menawarkan diri untuk meminta kolaborasi sepertinya alot, siapalah saya? bukan siapa-siapa, tidak memiliki massa. Suami sempat bilang “yaudah mi, gak apa-apa umi aja yang bergabung kesana.” namun pikiran saya, insting – tidak klik, entah karena saya yang terlalu semangat sendiri ataukah saya tidak mau mengecil? entahlah. saya hanya berdoa semoga dengan adanya komunitas, semakin banyak orang yang terbantu oleh tangan-tangan dari anggota komunitas kelak. Bukan berjalan sendirian.

Tepat tanggal 14 Oktober 2017, saya buka kelas WA Grup Konmari Indonesia #1. Belum ada 12 jam sudah full, mereka meminta penambahan jumlah (sebab sudah full 257 orang). Akhirnya saya buat grup #2 dan belum sampai malam menjelang sudah full juga. saya tidak cek grup saat itu, pas esok harinya mereka meminta penambahan lagi. Kami sepakat hanya membuka kelas 3 grup dulu. Pematerinya rombongan dari saya, suami dan senior yang di Jepang. Kroyokanlah istilahnya. Gak ada modul, saya hanya membuat tulisan dan upload gambar saja. Sederhana. sungguh saya salut dengan Batch pertama yang sangattt tawadhu menerima ilmu, mau praktik bahkan ada yang wapri ke saya bahwa hidupnya menjadi jauh lebih baik, mensyukuri banyak hal.

Hal yang menakjubkan dari WA grup batch 1 disana berkumpul orang-orang yang tidak terduga, ada keluarga dari CEO Penerbit Bentang, ada EDITOR buku Konmari, para profesional, berbagai kalangan membaur dengan harmonis. Saya terharu. dari sanalah akhirnya saya berani membuat fans page, grup fjb, grup komunitas, ala kadarnya. Tanpa desain ini itu. Kini (hingga tulisan ini dibuat) sudah ada 7 WAG, 6 pemateri, dengan database jumlah peserta lebih dari seribu orang.

Dan Logo diatas muncul setelah batch 2 dibuka, salah satu peserta yang disana rela turun tangan membuatkan logo komunitas.

Tidak ada yang memiliki komunitas ini selain anggota-anggotanya. Adapun tim inti adalah bagian kecil dari pembuat pondasi komunitas supaya tegak kokoh menjulang. saya sangat berterimakasih pada semua team kecil yang rela mengorbankan sedikit waktunya untuk berbagi. Untuk semua peserta dari berbagai daerah berkumpul di WA grup, selamat dan semoga kita adalah bagian dari kontributor berbenah bangsa ini. dari dalam rumah dan dari diri sendiri intinya.

Tagline yang kami buat adalah menata diri, menata negeri. Metode konmari adalah sarana berbenah. Tujuan utamanya lebih dari itu.

Terimakasih, semangat semua ya. Jika ada pertanyaan bisa email ke nikmah11@gmail.com atau konmariindonesia@gmail.com

4 thoughts on “Komunitas Konmari Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *