IBU PROFESIONAL KELAS PRA BUNSAY

#NHW1 PRA BUNSAY -ADAB MENUNTUT ILMU-

Bismillahirrohmanirrohim…

Semoga dengan menuliskan NHW #1 (nice home work) pada kelas Pra-Bunsay ini menjadi batu pijakan untuk saya pribadi sebelum menuntut ilmu insyaaAllah dalam 12 bulan ke depan. Saya tuliskan disini agar mudah untuk membuka dan mencari jejak kelas ini. Dan saya tuliskan sekarang, sebab agenda saya esok dan rabu juga sangat padat, takutnya melewati due date (dua hari lagi). Lebih baik dituliskan sekarang juga.

Alhamdulillah tadi siang saya sudah membaca dengan seksama isi materi dari ‘Adab Menuntut Ilmu serta Code of Conduct Ibu Profesional’. Kemudian meluncur ke tugas kelas. Terdapat beberapa pertanyaan dari NHW pertama di Pra-BunSay ini yang saya jawab disini.

Alasan Terkuat apa yang saya miliki sehingga ingin menekuni ilmu pada kelas Bunda sayang?

Alasan paling kuat saya adalah sebab kebutuhan untuk proses kaderisasi pola asuh, terutama pada fase emas (lima tahun anak). Saya berkemauan kuat untuk ‘memutus’ rantai pola asuh yang tidak baik selama ini, baik dari warisan maupun sebab ketidakpemahaman saya. Walaupun sudah beberapa kali mengikuti seminar parenting, membaca buku, serta meluangkan waktu untuk berjumpa dengan ahlinya, namun pada praktiknya tidak semudah dari apa yang diusahakan. Terutama melihat diri yang memang terbiasa terdeadline serta kesibukan yang tiada henti. sehingga saya merasa kehilangan waktu untuk menyusun agenda bersama anak. Oleh sebab itu, untuk mampu menggerakkan raga ini dalam berbagai aksi langsung -dalam kurun jangka waktu yang panjang- dalam pola pengasuhan yang terstruktur tentu membutuhkan wadah. Dan saya temukan itu ada pada kelas Bunda Sayang.

Saya mencari ‘sarana dari luar’ agar saya bisa fokus serta konsisten membersamai anak melalui IIP ini dengan harapan saya bisa mengerjakan PR besar saya ‘untuk putra saya’ dalam mengejar ketertinggalan milestonenya serta intensitas membersamainya. Sebab jika saya sendiri yang menyusun, justru saya dengan mudah melanggarnya atau meralat dengan berbagai dalih. Jika melalui sebuah pusat belajar seperti IIP, tentu itu jauh lebih terkondisikan untuk saya pribadi. Dan kelas ini merupakan jawaban dari hasil saya menunggu setahun lalu, sehingga inilah kesempatan yang benar-benar saya nantikan.

Bagaimana strategi menuntut ilmu yang saya lakukan ke depan dalam kelas ini?

Tentu dengan mengikuti segala peraturan yang dituangkan dalam materi serta code of conduct Bunda Sayang, saya membuat beberapa persiapan. Diantaranya adalah persiapan internal dan eksternal. Untuk internal, saya akan berusaha menata jiwa setiap hari untuk selalu siap dan dalam kondisi ‘bersih’ dalam menuntut ilmu agar ilmu tersebut mampu meresap kedalam dada. Sedangkan kondisi eksternal, saya menyiapkan file khusus untuk kelas ini sehingga mudah saya cek setiap kali membutuhkan. Juga memasang jadwalnya pada google calender supaya tersinkronisasi dengan agenda harian. Tidak lupa meminta dukungan suami agar mampu mendukung segala bahan dan sarana yang akan saya butuhkan ke depan dalam proses belajar di Bunda Sayang.

Dalam materi Adab, Perubahan apa saja yang ingin saya Perbaiki ke depan?

Dalam mengubah perilaku, tentu saya harus memasukkan pemahaman baru melalui sebuah ilmu. Dari ilmu yang dipaparkan materi Adab, saya menyadari harus banyak sorting lagi terhadap segala informasi yang wira-wiri. Mulai meminimalisir distraksi. Sebab terlalu banyak informasi – terutama seputar parenting, biasanya membuat kegaduhan berfikir. Itulah mengapa, saya akan berusaha fokus terhadap materi yang diberikan kelas BunSay ini terlebih dahulu hingga mampu memberikan efek yang dirasakan. Adapun suplemen berupa buku panduan dan sejenisnya, sebisa mungkin betul-betul saya pilih di awal agar tidak overwhelm.

Semoga dengan kelas ini juga mampu mendongkrak jiwa saya dalam mengasah kesabaran dan ketangguhan.

 

STUDI KASUS

  • Dalam perjalanannya, tantangan kesibukan selalu ada. Godaan saat mengikuti jadwal kuliah dan membuat setoran bisa menghampiri. Bagaimana Anda mengantisipasinya?

Jawaban Pribadi saya >> saya memiliki buku jurnal harian dan jurnal bulanan. Dalam buku jurnal itu, insyaaAllah segala aktifitas akan saya atur berdasar kandang waktu yang sudah saya tulis pada kelas Matrikulasi setahun lalu. Dengan mengedit beberapa hal, insyaaAllah mampu mengatasi kepadatan agenda pribadi dan kuliah.

Jawaban Peer Group >> ada di slide Peer Grup.

  • Jika Anda punya pendapat yang berbeda, bagaimana Anda menyampaikan pendapat tersebut? Dan seandainya setelah disampaikan, tidak ada titik temu, bagaimana Anda menyikapinya?

Jawaban Pribadi saya >> saya terbiasa menyampaikan pendapat di kelas online jika dimintakan pendapat dan itu akan saya jawab jika saya yakin kesesuaiannya. Kecuali pada diskusi bebas, tidak bertema (ngobrol santai) biasanya jika betul sedang luang, saya ikut aktif dan menyampaikan dengan banyolan atau guyonan. Namun jika konteksnya serius, menuntut ilmu maka saya tidak bisa main-main. Saya akan menyampaikan pendapat jika memang diberikan kesempatan serta sesuai dengan pamahaman saya. Adapun jika seandainya tidak ada titik temu, hal utama yang saya sikapi adalah kembali kepada hasil kesimpulan forum (musyawarah mufakat). Sebab saya memiliki keyakinan bahwa sesuatu yang disimpulkan bersama tentu itu lebih baik daripada mengukuhkan satu pendapat yang belum tentu terbaik untuk semua. Waalhu’alam.

Jawaban Peer Group >> ada di slide Peer Grup.

  • Materi dan Tantangan Bunda Sayang benar-benar terasa manfaatnya. Bagaimana cara Anda berbagi kebahagiaan, manfaat dan hikmah yang telah didapat pada keluarga, teman atau lingkungan?

Jawaban Pribadi saya >> suatu peribahasa mengatakan ‘Ilmu yang tidak beramal, ibarat pohon yang tidak berbuah’. Artinya jika memiliki ilmu kemudian tidak diajarkan atau disebarkan kepada orang lain, maka manfaat ilmu itu sedikit sekali atau tidak ada sama sekali. Dalam kelas ini, tentu manfaatnya insyaaAllah berdampak tidak hanya dalam lingkup keluarga namun juga generasi (menelurkan kebiasaan baik untuk anak). Hal yang saya yakini, ilmu itu merupakan energi. Berdasar teori fisika kuantum, energi itu mengalir. Maka, hal utama yang perlu saya penuhi sebelum membagikan kepada sekitar adalah memenuhi energi itu sendiri, melalui spirit berbagi. Dengan berbagi, tidak akan berkurang keilmuan kita, justru itulah yang akan menolong serta menguatkan diri kita.

Cara membagikan kebahagiaan, manfaat serta hikmah yang telah didapat kepada lingkungan keluarga ,teman dan oranglain adalah dengan menceritakan manfaat mengikuti kelas ini pada berbagai media, baik langsung, tulisan dan juga cerita pada media sosial. Salah satunya melalui blog ini.

Jawaban Peer Group >> ada slide

  • Kuota penerimaan Mahasiswi Bunda Sayang masih terbatas. Banyak yang menanti pendaftaran Kuliah Bunda Sayang, namun belum berhasil mendapatkan kuota. Ada pula yang berhasil diterima, namun di tengah jalan harus mundur, cuti bahkan remedial. Bagaimana Anda menyikapinya?

Jawaban Pribadi saya >> saya pribadi lebih fokus kepada proses diri pribadi terlebih dahulu, sebisa mungkin menepati waktu yang telah ditentukan serta menikmati proses pembelajaran. Kemudian -jika sudah selesai dengan tugas sendiri- maka saya akan jauh lebih percaya diri untuk memberikan dorongan serta pengaruh energi positif kepada teman seperjuangan di kelas agar tetap melangkah bersama. Sebab segala sesuatu apapun yang diambil pasti memiliki resiko, baik yang terus berjuang maupun yang berhenti di tengah jalan. Saya pribadi lebih berhitung kepada jumlah waktu yang telah dikeluarkan dan kesempatan yang besar ini. Jika disia-siakan tentu akan menjadi penyesalan. Adapun seandainya sangat tidak memungkinkan melanjutkan sebab sutu hal yang lain sebaiknya disiasati dengan nilai minimal kelulusan, sehingga tidak sampai mengulang di kemudian hari. Wallahu’alam.

Jawaban Peer Group >> ada dslide

Demikian NHW Pra-Bunsay Pertama ini, semoga menjadi pengingat diri ke depan serta menguatkan komitmen untuk bersama menyelesaikan perkuliahan dan memberikan dampak pada diri sera keluarga. Amiin.

Salam, Khoirun Nikmah (Mahasiswi BunSay Batch 5 Bogor, Kelas 2Peer Grup)

1 thought on “#NHW1 PRA BUNSAY -ADAB MENUNTUT ILMU-”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *