IBU PROFESIONAL KELAS PRA BUNSAY

#NHW2 PRA BUNSAY – MANAJEMEN WAKTU KULIAH

Pada NHW kali ini saya ingin menjelaskan kondisi saya yang saat ini belum -normal- belum ideal disebabkan beberapa hal yang (super duperr) sibuk berurusan dengan kelas online gemar rapi angkatan 1 level 1 dan 2 (sekaligus saya singkat GP dan GM). GP untuk Gemari Pratama dan GM untuk gemari madya. Disini saya bertugas dan bertanggungjawab penuh untuk berjalannya kelas setiap hari sejak bulan februari lalu.

Awalnya kami optimis bisa bersama-sama. Namun dari lima pendiri gemar rapi memang awalnya sibuk semua, selain saya yang tidak bekerja di ranah publik (namun hampir setiap hari justru pekerjaan saya tidak ada habisnya didepan layar komputer -memeras otak- hingga malam tidak dilihat orang- dikira pengangguran hehe) maka saya handle gemar rapi dari sini (ya iyalah emang darimana nik? -_-, maaf ya mbak fasil, saya lagi ngebul in kepala nyuut nyuut).

Namun semakin sibuk saya, semenjak partner kurikulum saya di Gemar Rapi harus bedrest total maka semua hal yang berkaitan dengan task, materi dan tanya jawab serta tetek bengeknya harus saya urus sendiri. Itulah kenapa saya mengatakan ini kondisi saat ini -benar-benar- tidak ideal menurut saya. Semoga bulan maret ini mampu saya selesaikan semuaaa -pembuatan materi dan segalanya yang berkaitan dengan kelas serta konten (karena ini masih raw banget).

Baiklah, kita move on dulu kepada komitmen saya mengikuti kelas BunSay ini.

Alhamdulillah, saya sangat semangat menyambut kelas ini. Terbukti ini kepala udah ngebul (seharian full memeras otak merangkai kata untuk semua hal), mata udah kerasa berat, kepala udah mulai oleng rasanya namun saya masih berusaha merangkai kata untuk NHW ini karena jika saya tunda-tunda tentu itu sangat buruk untuk efek esok hari (yang akan padat juga seperti hari-hari ini dan kemarin).

Saya membutuhkan kelas Bunsay ini dan materi hari ini (kemarin ya mbak, tapi saya bacanya baru bisa malam ini -_-) tepat sekali dengan kondisi saya.

Dan ini sudah membuat diri saya tersadar bahwa pekerjaan saya tidak hanya di satu sisi online kelas namun juga haruusss betul-betul berproses menjadi ibu yang benarr buat anak. Dan dari sini pula NHW ini saya jadikan sebagai reminder saya pribadi.

Jujur saja ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan kondisi saya pada saat mengikuti kelas matrikulasi tahun lalu-dalam mengatur waktu, disebabkan kesibukan saya di tahun 2019 yang menggila ini (katakanlah pada kondisi yang tidak ideal ini- saya harus memeras otak setiap hari).

Dibandingkan tahun lalu di kelas matrikulasi -saya bisa duduk anteng- sebab semua sudah siap sedia dengan materi KonMari (KKI waktu itu- kelas shokyuu). Sedangkan tahun ini memulai semua dari awal, gemar rapi online. Padahal melihat anak yang sungguh ingin meminta perhatian saya dan saya ingin bangeeet memperhatikan secara penuh, membuat hati ini phoetequeee -_- alias miris, maka dari itu saya berjanji jika sudah menyelesaikan semua urusan kurikulum Gemar Rapi semoga bisa KEMBALI FOKUS ke anak saya yang mulai terpapar gadget ini~ dan itu sungguh memilukan hati.

Ingin rasanya segera mendelegasikan semua itu kepada siapa *eaaa. Sebab di rumahpun kami tidak ada yang menjaga satu sama lain selain diri sendiri. Dan anak tetaplah dalam pantauan saya, ibunya (di rumah kami tidak menggunakan jasa ART dan kami hanya berbagi peran bersama . suami bekerja berangkat ke kantor (pagi-maghrib).

Maka, kondisi ideal itu saya buat sedemikian rupa (seandainya sudah selesai semua urusan perkurikuluman) bulan ini, seperti ini :

Saya bercita-cita ingin online hape maksimum dua jam sajaa seharii. namun itu sungguh tidak mudah. Hahahahaa. Faktanya kini saya masih full online 18 jam dari pagi-malam, tentu saya akan berusaha untuk kembali ke jalan yang benar sebagaimana yang saya agendakan diatas. Semoga bisa, bisaaa. Nik.

Agenda 1-7 yang saya tuls tersebut sengaja saya kosongin sebab berbeda setiap harinya, namun paling penting disana ada 1 pakem dalam mengisinya. Yakni : kesadaran jiwa dan raga terhadap aktifitas itu. maka agenda itu tidak akan ada apa-apanya jika tidak saya imbangi dengan hal positif  : pola hidup sehat yang insyaaAllah harus dilecut kedisiplinannya.

Untuk agenda Pekanan, saya sudah membuat sebagai berikut (sesuai dengan jadwal BunSay dan kesibukan saya) :

Adapun agenda bulanan juga saya tulis (per januari 2019) berikut :

Agenda utama itu mengerucut pada aktifitas saya yang insyaaAllah memang saya kerjakan berdasar passion. Yaitu sebagai penulis (Bentang Pustaka Publisher), sebagai pendiri gemar rapi dan sekaligus fasilitator kelas angkatan pertama gemari madya dan pembimbing pratama kelas online gemar rapi.

Semoga dengan tersusunnya manajemen waktu diatas mampu saya laksanakan dengan seoptimal mungkin.

Untuk Expressing gratitude, biasanya saya lakukan sebelum tidur. Ada yang berupa ceklis di BuJo (bullet Journal) ada juga yang terucap melalui perasaan (biasanya kalau udah kecapean langsung brukk gitu aja, bobok. hehe).

Upaya yang saya lakukan saat ini adalah : melepas beberapa amanah di luar rumah (PAUD dan Bendahara Rumah Qur’an), kemudian berusaha tidak terlalu banyak membuka media sosial (di HP sudah tidak ada instagram, biasanya minjem suami kalau mau buka IG. Di hp saya hanya memasang : podcast, WA, dan telegram), memiliki target baca 50 buku tahun ini (melalui update goodreads.com) dan juga fokus untuk membuat agenda bersama anak melalui kelas bunda sayang.

Terpenting dari itu semua, saya selalu meminta kepada Allah untuk menguatkan segala langkah dan tekad diri ini untuk berproses menjadi lebih baik setiap hari. Menjadi istri yang benar, ibu yang bertanggungjawab dan seorang penulis yang produktif. Dan meminta keridhoan suami untuk mendukung dalam rangka mewujudkan hal tersebut.

Mungkin itu saja sedikit cerita (yakin Nik, sedikit? ini mah curhat wkwkwk) dan tugas menata waktu sebagai komitmen diri untuk mengikuti kelas Bunda Sayang Ibu Profesional Bogor. Semoga Teh Fasil yang membaca ini bisa memahami tulisan saya yang ngalor ngidul tak karuan ini. Mohon maaf jika tidak menggunakan tabel yang disediakan (sudah saya edit tadi, namun gagal diupload) :’)

Sekian. Wasalamu’alaikum wr wb.

P.S : seluruh arsip NHW saya selama perkuliahan saya masukkan kedalam kategori IBU PROFESIONAL.

 

2 thoughts on “#NHW2 PRA BUNSAY – MANAJEMEN WAKTU KULIAH”

  1. Mantab detail banget… Aseli saya jadi belajar banget ini ngeliat pembuatan tugasnya… 😍🌹 sukkkaaaaa…..

    1. waaah, dikomen teh fasil keceeh, haturnuhun. sejujurnya ini juga sedang berkejaran dengan waktu. blum normal tehku :’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *