IBU PROFESIONAL KELAS MATRIKULASI

#NHW8 Matrik- Misi Hidup dan Produktivitas

Tentang misi,visi dan produktivitas ini sempat saya susun sebelum saya mengikuti kelas IIP. Dan alhamdulillah jadi lebih mudah dalam mengerjakan NHWpekan ini.

Tahun lalu, setelah saya membaca buku dan modul training dari kantor suami yang bertemakan produktivitas, saya seolah ‘membara’ ingin segera membuatnya. Setelah selesai membuatnya seperti ada sesuatu yang mengganjal, yakni verifikasi bakat. Saat itu saya belum mengenal dengan benar apa bakat saya.

Awal 2018 akhirnya saya bisa mengikuti test talents mapping yang berbayar. Disanalah saya jadi paham dan menguatkan diri sendiri untuk memilih aktifitas yang tepat. Dan setelah saya tuliskan detail spesifiknya pada pengerjaan NHW 7 pekan lalu di Talents Mapping maka saya semakin lega. Kemudian saya cocokkan dan hasilnya sudah tepat dari asesor saya.

 

Dari hasil talents mapping, saya akan fokus pada 3 bakat utama saya yaitu :

  1. FOCUS,
  2. DISCIPLINE,
  3. dan STRATEGIC.

Dan saya juga akan fokus pada 3 kekuatan utama saya :

  1. CONTROLLING,
  2. STRATEGIZING,
  3. dan PUBLICIZING.

Kemudian saya cek hasil ST-30 Talents Mapping saya pada grafik Kuadran Satu (Kegiatan yang disukai dan produktif) yang hasilnya meliputi typewriting, strategizing, housekeeping, filing, organizing dan schedule.

Jika disuruh memilih yang paling utama maka saya lebih memilih aktifitas typewriting – di depan laptop (menulis) dan organizing (jawaban untuk NHW poin a).

Kemudian saya akan menjawab pertanyaan “BE DO, HAVE” (poin b)

Pertama, menjawab tentang BE (mental apa yang perlu disiapkan).

Karena saya memilih aktifitas yang berhubungan dengan banyak orang (organize) dan tulis menulis maka saya siapkan mental untuk stok sabar yang berlipat jauh-jauh hari. Karena kegiatan yang saya fokuskan adalah berkaitan dengan proses, maka hal itu juga harus diimbangi dengan sikap tekun, telaten dan inovatif. Saya memiliki figur yang ideal dalam hal tersebut, yaitu Bunda Khadijah ra. Istri pertama Rasulullah Muhammad yang luar biasa produktif.

Jika figur di masa kini, saya suka manajemen waktunya Marie Kondo. Sebab hampir sama dengan yang saya rasakan, dimana beliau di pagi hari berbagi tugas dengan suami. Nah kebetulan suami kita sama-sama suka masak, jadi Marie Kondo nih dimasakin oleh suami (sama denganku, wkwkwk. aktifitas memasak ini masuk kedalam kuadran 4 yang membuat saya stress, sedangkan suami suka banget memasak), pun dengan kegiatan di luar rumah hampir sama juga. Jadi saya suka mengambil sesuatu yang baik dari keseharian Marie Kondo.

Kedua, tentang Do (apa yang harus saya lakukan untuk menjadi Be)

Saya pasti akan membaca banyak lebih banyak buku, cek bacaan buku Marie Kondo, dan juga mencari beberapa refrensi yang berkaitan dengan Khadijah ra (islam). Kemudian mempersiapkan diri untuk terus bergerak mengikuti percepatan waktu. Menata ulang kembali jadwal yang tidak sesuai dll.

Ketiga, tentang Have (jika sudah memiliki apa yang saya harapkan). Saya akan membagikan semua yang telah saya lalui kepada banyak orang. Sharing is caring.

Terakhir, poin c. Berkaitan dengan Dimensi waktu.

Saya sudah membuat board yang berisi 0-70 tahun saya (sampai target usia hidup- jika Allah memberikan kesempatan sampai 70).

Pertama, Lifetime purpose. Saya ingin kelak dikenang sebagai seorang Nikmah yang mampu menebarkan tagline #menatadiri #menatanegeri di Indonesia. Bentuknya bisa dalam bentuk komunitas konMari yang dibangun oleh tim7 (7 orang pembangun tim) maupun berbagai karya saya yang lain.

Kedua, strategic plan. Wah ini panjang jika dituliskan. Dalam kurun 5-10 tahun ke depan saya meminta bantuan pada suami untuk mendukung saya sekolah lagi dan upgrade diri setiap semester. Minimal ada skills yang bertambah atau skills yang semakin kuat. Alhamdulillah suami selalu mendukung.

Ketiga, new year resolution. Ini sudah saya tuliskan awal tahun 2018 lalu yang berhubungan dengan visi, misi hidup. Untuk tahun ini target kecilnya lulus ielts atau toefl. Target besarnya saya apply beasiswa S2.

Itu gambaran umum dari NHW ke-8 saya. Jika ditulis detail bisa nggak beres ini sampai malam ini nulisnya. hehehe.

Okeh, sekian dari NHW 8 ini. Selamat siang. Yuk makan siang dan jangan lupa minum air putih yang banyaakkk.

See you~

 

#iipb5

#NHW8

#matrikulasi

 

 

 

 

 

1 thought on “#NHW8 Matrik- Misi Hidup dan Produktivitas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *