GEMAR RAPI

Plastic Free July 2019

Assalamu’alaikum, akhirnya bertemu lagi dengan event tahunan yang perrrtama kali saya tahu di tahun 2018 lalu.

Selidik penuh selidik, event ini termasuk event global yang cukup besar. Konon baru didirikan tahun 2017 lalu di Australia.

Plastic Free Foundation

The Plastic Free Foundation Ltd is an independent, not-for-profit organisation established in 2017. The mission of the Plastic Free Foundation is guided and informed by our core values:

  • Honesty and integrity
  • Inclusivity of people, ideas, visions and approaches
  • A focus on providing solutions
  • Authenticity and collaboration
  • The belief that small changes add up to a big difference

Info lebih lanjut klik aja disini.

Tentu karena Gemar Rapi, organisasi yang juga baru banget didirikan oleh 5 orang (termasuk saya salah satunya) punya pilar yang salah satunya membahas environment, jadilah ikut menyemarakkannya juga. Alhamdulillah sudah mulai ikut publish juga (sayangnya gemar rapi belum memunculkan websitenya hehe, kita tunggu saja yak).

Kampanye yang awalnya hanya bersifat lokal di Perth itu pada akhirnya bisa menjadi besar diikuti oleh banyak negara lain. Termasuk Indonesia. Wah, alhamdulillah jadi semakin banyak yang peduli lingkungan ya.

Lalu, gimana cara ikut #PlasticFreeJulyWithGemarRapi dan apa keuntungannya?

saya jelaskan keuntungannya dulu ya :

  • Keuntungan ikut PFJ ini, melatih kekonsistenan kita peduli terhadap sampah plastik dan upaya diri kita buat lebih peka terhadap masalah lingkungan yang semakin hari semakin berat.
  • Jika ikut setidaknya sepekan atau minimal 3 hari berturut-turut maka itu akan memicu kita untuk jauh lebih baik lagi dari hari ke hari.
  • Jika ikut #plasticfreejulyWithGemarRapi setidaknya kita enggak sendiri, ada banyak teman di dunia maya yang saling menyemangati dan post hal yang serupa, bukankah hal itu cukup membuat kita merasa tidak berjuang sendiri?
  • Di instagram Gemar Rapi akan selalu update materi setiap hari, serta diskusi di grup Telegramnya. Wah, asyik ya.
  • Enggak hanya itu, bahkan Gemar Rapi akan memeilih 3 peserta favorit setiap pekannya, siapa tahu kamu beruntung 🙂

Lalu, gimana cara ikutannya?

Gampang..

aturan mainnya adalah sebagai berikut :

1. Mengisi data diri pada formulir berikut

2. Mendaftar di website PFJ

3. Posting foto “participating in..” (lihat banner diatas) di media sosial teman-teman dengan harapan semakin banyak yang tahu lalu tertarik untuk mengikuti tantangan Juli bebas plastik. Jangan lupa berikan tagar berikut:

#PlasticFreeJulywithGemarRapi
#PlasticFreeJuly2019
#PlasticFreeJulyIndonesia
#PlasticFreeJuly
#MenataDiriMenataNegeri

Lalu jangan lupa tag/mention @gemarrapi dan @plasticfreejulyjuga.

4. Buat sebanyak-banyaknya postingan tentang usaha teman-teman mengurangi plastik (akan kami share kiat dan wawasan setelah post feed ini dibuat) dan berikan tagar (hashtag) seperti pada poin 3.
Postingan bisa berupa foto atau tulisan. Apapun yang berhubungan dengan #PlasticFreeJuly 👌

Setiap hari Sabtu mulai tanggal 6 Juli 2019 Gemar Rapi akan mengumumkan 3 peserta terbaik yang akan mendapatkan souvenir. Souvenir yang diberikan berupa perlengkapan perang zerowaste 😉

Selain itu, setiap hari Senin-Jumat akan ada materi terkait yang akan kami bagikan juga di Instagram @gemarrapi, Telegram, FB group dan FB page Komunitas Gemar Rapi. Boleh di-share sebanyak-banyak dengan mencantumkan sumber (bisa berupa hashtag/tag dan mention Gemar Rapi).

Kamu berani ikuti tantangan ini?

Let’s do together!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *