BLOGGER PEREMPUAN

Refleksi 2018 as Blogger

Huah 😆 sepekan lagi sudah memasuki tahun baru. Gimana perasaannya? hepi? semangat? sedih belum mencapai target dll?

Keep calm and stay cool 🤣

Kalo mikirin target-targetan ngga ada beresnyaaa.. pasti ada terus dan terus ada 😉 so? kita jeda sejenak dulu aja. aku pribadi mau merenung dulu, mumpung lagi libur dan ‘libur’ (baca : ga sholat) hari ini mau berceloteh ria dulu disini.

Tadi pagi hingga siang ini aku mager (sejak kemarin sih 😢) sebabnya banyak, selain gairah kesibukan lagi turun, ngga ibadah karena libur mestruasi juga emang mata ini lagi melekat ke gadget. Ngapain? nonton berita 😫 (di rumah ga ada tv) dan lagi ngedetoks medsoc dan laptop. Selain file, following juga friends jugaa.. maklum, mulai ‘ga waras’ kalo baca postingan yang ga enak di mata.. kan saat ini lagi musim musibah, peperangan dunia maya, tahun politik, dll.

Maka aku jeda sejenak. hening. menunduk, merenung.. setahun ini ngapain dan apa aja yang perlu dievaluasi?

Khusus post blog ini aku mau bahas tentang tulisanku, karyaku, impact dan movement diriku.

Pertama, 2018 adalah momen menemukan jati diri atau goals life map planning keluargaku.

Awal tahun 2018 aku mulai test karakter berdua dengan suami, membentuk komunitas juga khusus berbenah dan mulai membesarkan potensi diri dengan memenuhi undangan offline komunitas tentang berbenah.

Setelah menjalaninya dengan kondisi yang turun naik, kini formulasi dari tim yang insyaaAllah solid dalam berbenah sudah fix pada organisasi gemar rapi.

Kedua, 2018 makin asyik ngeblog

Pada agenda ngeblog, aku pribadi masih rutin menggunakan aktifitas blog ini untuk mengeluarkan jatah kosakata aja. Pada waktu itu, blog yang aku gunakan masih gratisan yaitu nikmah26.wordpress.com (sudah off) yang kemudian pada akhir november kemarin aku migrasikan kesini. Sehingga tulisanku masih utuh nampak disini.. nggak dari nol nol lagi.

Kebanyakan aku gunakan untuk menulis laporan kelas online, keseharian dan paling konsisten pada saat aku berhasil mengikuti challenge Blogger Perempuan Network 20 November dengan berhasil aku buat 30 postingan konsisten sesuai tema yang diberikan. Dari sana aku semakin tertantang dan semangat untuk menuliskan konten yang bagus yang bermanfaat ke depan.

Ketiga, aktifitas menulis menghasilkan karya

Hobiku sejak kecil selain membaca dan  menulis juga berbenah. Hal ini membuat diriku tertarik untuk menuliskan buku. Pada agustus 2018 buku pertamaku terbit “KonMari Mengubah Hidupku” oleh Bentang Pustaka.

Alhamdulillah bisa cetak ulang. Walaupun demikian, itu buku non fiksi pertama yang masih jauh dari harapanku untuk sempurna (aku nulis sangat kilat dan cepat). Maka dengan kekurangan itulah membuatku terpacu agar ke depan mampu menulis buku yang lebih baik dan keren lagi.

Intinya adalah…aku ingin mendapatkan sesuatu yang itu (aku tulis di buku yang telah terbit #KonMariMengubahHidupku itu) disebut dengana ikigai. Ke depan aku berharap aku bisa berpenghasilan dari sana, menyukainya, passion dan aku suka menghasilkan itu baik diminta ataupun tidak. #mulaiajadulu 😆

Selain di dunia kepenulisan, aku mulai menekuni mindfulness pertengahan tahun ini, zerowaste, minimalism juga yang aku harap ini mampu mengubah hidupku serta keluargaku jauh lebih baik dan bahagia.

Dunia trainer for trainer yang sejak bangku mahasiswa aku geluti juga mulai aku buka kembali materinya, kuikuti lagi setiap sesi seminarnya. Serta kuusahakan untuk terus menggali ilmu baik itu spiritual, parenting maupun relationship agar hidup ini seimbang.

Tak lupa aku mulai menata diri juga dengan olahraga (aku suka yoga mandiri), self healing dan manajemen dari mindfulness. Misal mengembangkannya untuk bullet journalku, makan dengan penuh kesadaran, mendidik anak dengan kesadaran, serta hal hal yang lain yang mengarahkan untuk melatih kesadaran. Walaupun masih proses, seenggaknya aku hargai (i got this reward for myself) setiap pencapaian yang aku peroleh atau mampu aku lakukan atau aku lampaui.

Well, itulah 2018 yang menyenangkan. Pada tahun ini aku bersyukur telah mengenal berrrbagai karakter orang mulai dari yang sangat baik hingga yang mencaci maki aku terima dengan senang. 🤗 sebab dengan demikian kita akan jauh lebih melesat dan maju.. dengan cara terus memperbaiki dan perbaiki hingga menuju kesempurnaan karya.

Kalo kalian? 2018 asyik juga bukan

13 thoughts on “Refleksi 2018 as Blogger”

  1. Sama mbak 😀 saya juga udah muali rutin Yoga mandiri, olahraga yang bisa dikerjain dalam rumah, gampang tapi efeknya berasa banget buat badan heheh
    Semangat terus Yoga nya mbakkk

  2. Salam kenal bunda, baru kali ini saya berkunjung di-blog bunda, saya pun semakin semangat menulis setelah mengikuti challenge dari Blogger Perempuan, saling menyemangati ya bun…Salam Kukuruyuk dari Semarang

  3. Aih, ada foto saya! (walaupun kelihatan ujung kepalanya doang, hehehe)

    Jadi ingat belum publish catatan hasil nyimak sesi Mba waktu itu, salah satu dari sederet PR tahun 2018 yang tertinggal, hiks…

    1. wah yang mana yang mana mbaa🤠

      ayo bisa semangat yaa declutteringnya. dan jangan lupa ditulis, agar terdokumentasikan 🤠

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *