EDUKASI

Senam Otak

Pagi tadi setelah senam fisik iseng membuka laptop suami, disana ada berbagai macam senam. Salah satunya senam otak.

Sudah lama tidak melakukan aktifitas senam otak, terakhir inget waktu bimbingan karir terakhir di tahun terakhir masa kuliah. Senam otak biasanya saya dapatkan saat mengikuti training for trainer dan atau pun seminar yang dibalut dengan training di masa kuliah.

Apa sih senam otak ini?

Berbeda dengan senam yang selama ini rutin kulakukan, saat otak ini semakin lelah biasanya hanya saya istirahatkan saja. Saya hampir lupa untuk ‘melatihnya’, memang kalau asupan otak bagus (suka membaca) biasanya dia sehat. Namun adakalanya butuh ‘penyegaran’ juga šŸ™‚

Akhirnya mulailah dengan merutinkan senam otak lagi.

Senam otak memiliki gerakan-gerakan sedikit unik, tujuannya untuk meningkatkan Daya Fokus dan konsentrasi serta menyeimbangkan Kekuatan Otak kiri dan Otak kanan yang harmoni.

Kemampuan untuk fokus diperlukan dalam memecahkan masalah atau problem. Jujurly bagi orang yang punya fokus tinggi, otak akan lebih cepat lelahnya. hehehehe

Senam otak juga melatih konsentrasi. Kemampuan konsentrasi diperlukan untuk menjaga pikiran tetap pada jalurnya saat mempelajari sesuatu. Dengan konsentrasi juga kita tidak mudah terpengaruh, dipenaruhi oranglain atau tterpecah oleh keadaan/ kondisi tertentu.

brain
https://www.livescience.com/12916-10-facts-human-brain.html

Senam otak biasanya dibutuhkan oleh para pelajar yang harus memiliki konsentrasi tinggi dalam menyerap ilmu. Makanya tidak heran, senam otak ini ramai dan selalu ada di setiap pelatihan mahasiswa (LKMM).

Lalu bagaimanakah senam otak itu? dilansir dari laman Brain Gym biasanya gerakannya sepertiĀ ini.

Ada juga mid brain atau otak tegah gerakannya sepertiĀ ini.

Jika di Indonesia yang biasa saya jumpai sepertiĀ ini (Yes I can).

Senam otak ini selain melatih konsentrasi dan meningkatkan fokus juga bermanfaaat untuk meningkatkan daya ingat.

Yuk senam otak! hanya 3-5 menit saja sehari. Atau kalau saya setiap berdiri dari menulis di depan laptop tuh otak lagi ‘panas’ lelah bisa digunakan juga.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *