DAILY

Renungan Tanda Kiamat

Siang ini setelah aktifitas pagi mengajar PAUD, saya istirahat tidur siang bersama anak. Tidak lupa mencoba charge HP yang kehabisan batre. Setelah bangun, sholat dzuhur saya cek HP ternyata ada sebuah informasi bahwa Ustadz Zulkifli M.Ali atau disebut Ustadz ‘Akhir Zaman’ ditangkap polisi dengan tuduhan SARA. 🙁 saya nggak akan pernah tahu berita ini jika tidak ramai di media sosial terkhusus facebook. Sedih kenapa orang zaman sekarang mudah banget ciduk menciduk orang? oknum polresnya juga. Sudah parahkah sekularisasi di negeri ini?

Saya pernah mengikuti kajian beliau di Depok tentang akhir zaman, sangat menampar diri. Luar biasa dahsyatnya tanda-tanda tersebut. Bagi saya saat ini yang paling terasa adalah begitu cepatnya waktu berpindah. Satu jam seperti satu menit, satu menit seperti satu detik, terasa nggak? atau hanya saya saja yang merasa? Namun beberapa teman juga sama mengeluhkan hal demikian. Waktu berjalan melesat secepat kilat, sementara amalan ibadah masih di ujung kuku 🙁 wallahu’alam.

Beautiful Al Quran HD Wallpapers

Didalam Alquran juga telah jelas dipaparkan tentang Kiamat, bahwa kiamat itu suatu keniscayaan namun hanya Allah yang menentukannya. Hal ini termasuk kedalam rukun iman, perkara beriman pada yang ghoib yaitu terjadinya Kiamat.

Dalam Surah Az-Zumar ayat 68 menyatakan bahwa segala sesuatu akan mati saat tiba hari kiamat.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Yang artinya: “Dan tiuplah sangkakala, maka matilah segala apa yang ada di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah SWT.”

Dalam Surah Ar-Rahman ayat 26-27 yang artinya:

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (٢٦) وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَالإكْرَامِ (٢٧

Semua yang ada di bumi akan binasa” (26)

“dan yang tetap kekal adalah Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (27)

Dalam Surah Al-Qori’ah ayat 1-5 yaitu menyatakan tentang hari kiamat yaitu suatu hari yang mampu melenyapkan segala isi bumi termasuk manusia. Surah ini artinya:

الْقَارِعَةُ (1) مَا الْقَارِعَةُ (2) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ (3) يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ (4) وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ (5

Hari Kiamat” (1)

“Apakah hari Kiamat itu?” (2)

“Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?” (3)

“Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran” (4)

“Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan” (5)

Dalam Surah Al-Waqiah yaitu surat khusus tentang hari kiamat. Surat ayat 4-6 ini berarti:

إِذَا رُجَّتِ الأرْضُ رَجًّا (٤) وَبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّا (٥) فَكَانَتْ هَبَاءً مُنْبَثًّا (٦)

“Apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya” (4)

“Dan gunung-gunung dihancurkan seluluh-luluhnya” (5)

“Maka jadilah ia debu yang beterbangan” (6)

Dalam Surah Al-A’raf ayat 187 menerangkan tentang pengetahuan akan penyebab hari kiamat. Ayat ini berarti:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat; ‘Bagaimanakah adanya kiamat?’ katakanlah; ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kapan datangnya selain Allah. Kiamat sangatlah berat bagi makhluk yang di langit dan di bumi. Kiamat tidak akan datang kepadamu melainkan secara tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah; ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat hanyalah di sisi Allah, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.

MasyaaAllah.. semoga kita senantiasa merenungi kehidupan ini sementara. Maka kita jadikan ladang amal terbaik selama berada di dunia ini. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *