Business

Bismillah. Salam kenal semua, bagi yang belum berkenalan, izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Sebab tak kenal maka tak sayang.

Nama saya Khoirun Nikmah, bisa dipanggil Nikmah. Disini saya menjelaskan diri sebagai EPC -educational product consultant dari PT. Tigaraksa Satria, Tbk. EPC dalam tim Rumah Kita (RKTim).

Saya berasal dari Lumajang Jawa Timur, kemudian 5 tahun tinggal di Surabaya (menuntut ilmu) dan pada tahun 2014 saya pindah ke Bogor (mendapat jodoh disini) hingga saat ini disini (sudah menjadi warga legal Kabupaten Bogor).

Nama grup kita RKTim, kepanjangan dari ‘rumah kita team’. Saya melihat kini RKtim sudah besar dibawah EPD Ririn. Jika dulu awal saya gabung masih ada belasan EPC, kini sudah ada tujuhpuluhan EPC dan ribuan reseller.

Kapan Nikmah Gabung di RKTIM?

Awal mula mengenal RKtim dari ownernya langsung, dari Nda (bunda) Ririn Noerianty yang kebetulan merupakan teman satu angkatan suami di IPB. Ndarin alias Ririn ini sudah menjadi EPC dari kantor Tigaraksa di cabang Bandung, saat itu saya menjadi resellernya tahun 2015/2016- kalau enggak salah, saya lupa.

Kemudian saya mengajukan diri menjadi EPC di tengah tahun 2016 dengan kode BG00397 dan training di kantor Cabang Bogor. Pada saat itu serba manual, jika ada orderan harus mengisi kertas-kertas yang harus disetor ke kantor terlebih dahulu. Kalau sekarang sudah online.

Bagaimana rasanya menjadi EPC?

Pertama menjadi EPC ada banyak tantangan yang saya hadapi, selain kegiatan yang menguras waktu (kebetulan saat itu menginisiasi untuk mendirikan paud di komplek), ditambah saat itu mulai ramai metode KonMari- kebetulan saya sharing terkait hal ini dan mendapat undangan dimana-mana, hingga kemudian mendirikan Gemar Rapi bersama suami dan senior saya. Lengkap sudah kerempongan ini, ditambah lagi saya juga aktif di beberapa komunitas.

Jika boleh membagi masanya kedalam chapter, saya bagi menjadi 4.

Chapter 1.0 awal mula menjadi EPC dengan reseller sekitar dua puluh lima.

Chapter 2.0 sudah mulai banyak hingga puluhan orang (atau ratusan ya. lupa hehe) ini sekitar tahun 2017-2018.

Chapter 3.0 saya vakum, intinya waktu itu saya kurang bisa membagi waktu dan keteteran tidak bisa membangun reseller. Daripada zolim maka saya limpahkan reseller saya ke EPC lain.

Chapter 4.0 mulai akhir Desember 2019 ini, membangun dari nol lagi. Hal yang berbeda dari chapter sebelumnya, teman-teman reseller disini bisa menjual buku-buku yang saya tulis juga dengan mendapatkan diskon dan tetap bisa dropship (buku-buku saya disini).

“Kenapa mau memulai lagi? Kan sudah ada job lain? (menulis-kontrak beberapa penerbit, mengembangkan gemar rapi dsb.)”

Sebenarnya jawabannya sederhana. Karena RKtim ini sentimentil banget buat saya, hehe. Ibarat benda kenangan, dia sulit didiscard, selain itu memang ingin melebarkan kebermanfaatan dalam bidang wirausaha.

Selain itu, filosofi RKTim yang menurutku kuat. Pondasinya di keluarga. Kuat Keluarga, Kuat Finansial. Artinya segala aktifitas yang kita lakukan setiap hari demi menguatkan keluarga kita, jika sudah kuat maka untuk finansial akan mudah dicari.

Rktim juga sering memberikan edukasi dan sifatnya saling sharing, bukan top and down sebagaimana kebanyakan grup wirausaha yang pernah saya ikuti. Dulu sebelum masuk di RKtim, saya pernah ikut MLM, jadi reseller beberapa produk yang itu sifatnya hanya mencari keuntungan semata. Kemudian masuk Rktim, hal itu dibalik, yakni edukasi yang utama, closing itu bonus.

Sebelum saya dikenal di Gemar Rapi, saya sebenarnya dikenal sebagai pedagang buku, marketer, bahkan mendapatkan produk premium produk Tigaraksa dengan cuma-cuma. Caranya dengan saya mengumpulkan komisi ketika menjadi reseller saat itu.

Maka, melihat betapa melekatnya branding sebagai pedagang online, per Desember 2019 ini saya berniat untuk kembali membangun reseller agar para reseller juga mampu merasakan apa yang saya rasakan (bisa produktif dari rumah dan bahagia).

Aktifitas sehari-hari apa aja?

Fokus utama saya tentu di rumah, sesuai tagline RKtim “Kuat Keluarga, Kuat Finansial”

Saya biasa membersamai anak bermain (tugas utama), memantau dan meracik hal-hal yang berkaitan dengan gemar rapi bersama tim pendiri dan pengurus, menulis beberapa buku (kontrak beberapa penerbit), menjadi sekretaris PAUD dan bendahara Rumah Qur’an, belajar di beberapa kelas online dan tentu merancang program untuk reseller @bukubonekaanak.

Apa Benefit menjadi Reseller @bukubonekaanak?

  • Bisa upgrade ilmu parenting dan marketing.
  • Mendapat komisi sesuai usaha yang dilakukan.
  • Tanpa perlu packing barang dan sibuk orderan (akad samsarah atau bahasa indonesianya sebagai perantara).
  • Bisa menjual produk premium dengan berbagai kebutuhan dari PT. Tigaraksa Satria yang dinaungi oleh payung RKtim.
  • Bisa menjual buku-buku yang sudah saya tulis/terbitkan.
  • Tidak dipungut biaya sepeser pun.

Apa Syarat Menjadi Reseller @bukubonekaanak?

  • Mau belajar dan open mind.
  • Mengisi form disini.
  • Follow akun IG @bukubonekaanak
  • Bersungguh-sungguh untuk memasarkan produk dan memiliki keyakinan positif untuk mau maju.
  • Memiliki akun whatsapp (wajib) dan telegram (opsional).

Program @bukubonekaanak untuk reseller.

  1. Program Ta’aruf/perkenalan.
  2. Program Mengenal Pondasi Muamalah.
  3. Program Mengenal RKtim.
  4. Program Mengenal Produk.
  5. Program Upgrading.
  6. dsb.

Untuk informasi selanjutnya kita diskusikan di grup ya ๐Ÿ™‚

Selamat beraktifitas ๐Ÿ™‚

Bogor, Desember, 22, 2019.

TTD.

Khoirun Nikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *