2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL

Aliran Rasa Game Level 12 #Keluarga Multimedia

Alhamdulilahirobbil ‘alamin. Game terakhir di kelas Bunsay sudah bisa saya lalui. Kurang lebih selama 12 bulan, saya diberi kemampuan oleh Allah dan kesempatan untuk memenuhi tantangan demi tantangan konsisten 17 hari berturut-turut tanpa jeda (walaupun pada saat game level 8 saya ada miss komunikasi terkait penyetoran sehingga tidak mendapat badge OP).

Alhamdulillah, setidaknya saya bersyukur bisa mencapai di titik ini, menulis blog sejumlah 18 postingan (17 game dan 1 aliran rasa) dikalikan 12 bulan. Ini sungguh mengharukan. Dimana terkadang saya merasa bosan dalam mengerjakannya, kadang merasa monoton namun jemari ini tetap tegar menekan tuts keyboard untuk setoran.

Mari flashback sejenak….

Level 1

Level 2

Level 3

Level 4

Level 5

Level 6

Level 7

Level 8

Level 9

Level 10

Level 11

And the last…

Level 12

Pada tema level kedua belas, keluarga multimedia, saya antusias karena memang ini kesukaan saya. Hobi ngulik aplikasi dan mencoba-coba. Entah ada tugas maupun tidak, jiwa penasaran untuk mempelajari sesuatu yang menurut saya perlu, termasuk berbagai model aplikasi, membuat saya betah berjam-jam menghadapinya. Saya memang lebih menyukai menghadapi pikiran, benda-benda daripada menghadapi socialita atau khalayak manusia yang nyata. Itulah kenapa di fase social distancing ini, sungguh saya merasa biasa aja. Malah happy karena semua agenda di luar rumah menjadi diam di rumah. Hihi.

Saya sering autodidak mempelajari sesuatu tanpa dorongan oranglain, karena jiwa introvert demikian adanya. Jika saya bisa mencoba, saya praktikkan sendiri dan berhasil itu jauh melebihi penghargaan apapun. Rasanya itu kayak puas yang puas banget gitu lho hahaha. Termasuk belajar berbagai aplikasi.

Menurut saya, hidup zaman now, sudah jelas ketergantungannya dengan berbagai model aplikasi. Ya, mau nggak mau hidup di era serba digital, kita emang tidak bisa berlepas dari peranan perangkat multimedia.

Menurut Wikipedia bahasa :

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Multimedia juga erat sekali kaitannya dengan dunia pendidikan modern. Seingat saya, perkembangannya sangat melesat cepat, dahsyat. Jika dulu saya menggunakan disket, CD, DVD kemudian flashdisk berbagai ukuran. Kini, semua mode penyimpanan tidak hanya tersedia dalam bentuk barang yang ukurannya semakin minimalis (simcard, micro SD), namun juga sudah tak berwujud fisik lagi, clouds.

Ya, clouds/awan merupakan alat penyimpanan berbentuk super digital, mengambang bebas di langit tanpa perlu repot kita bawa kemana-mana. Cukup modal kuota atau jaringan internet, clouds bisa diakses dimana saja kapan saja tanpa perlu disentuh oleh indera kulit tangan kita bahkan kapasitas penyimpanannya jauh lebih besar dibandingkan seluruh ruangan didalam rumah.

Lalu, apa yang saya kerjakan pada tantangan ini?

Topik Tantangan

Selama 17 hari, saya membuat review dari 17 aplikasi berikut.

Link excel tabel, saya letakkan pada gdrive disini.

Sebenarnya, tujuan awal dari tantangan diatas, ingin saya fokuskan pada aplikasi yang mendidik anak atau memantau perkembangan anak.

Sayangnya dari 4 topik itu, justru pada endingnya, porsi anak yang paling kecil. Wkwkwkwk. Mayoritas malah saya habiskan untuk mereview topik productivity. Padahal sedari awal saya sudah membuat list aplikasi edukasi anak. Namun, saking banyaknya sampai bingung.

Pernah saya mencoba mengulik socratic, aplikasi yang mirip ruang guru tapi miliknya USA. Dari sana saya antusias ingin membuat reviewnya, namun sayangnya ketika saya praktikkan scan soal, tidak bisa digunakan karena soal berbahasa Indonesia (scan wajib in english). Saya kira daripada useless jika saya post, toh tidak akan membantu banyak pembaca yang mayoritas berbaha Indonesia. Maka, saya hapus dan ganti dengan aplikasi lain.

Pernah juga saya menginstall aplikasi berbahasa, Duolingo. Sayangnya harus bayar untuk bisa mengakses yang premium. Beberapa aplikasi lain juga, NHK Japan karena tulisannya huruf kanji, katakana hiragana, mumet duluan, jadi skip. Aplikasi edukasi yang berbahasa Indonesia rata-rata isinya mirip dan yasudah, saya tinggalkan begitu saja.

Ada juga yang membuat anak bergembira, yaitu aplikasi game for kids. Syahid sudah familiar dengannya, seperti game menggosok gigi, memandikan traktor, bernyanyi dan suara Tom. Intinya udah bosan dan Syahid memang sudah beranjak ke berpikir logis dan menantang. Sehingga game yang seperti itu saya abaikan saja.

Dari 17 Aplikasi yang saya review, saya kelompokkan berdasar topik diatas sbb :

  1. Mendidik & Memantau Perkembangan Anak : 2 aplikasi yaitu aplikasi permainan menulis anak (keduanya mirip, tapi yang paling disuka anak yaitu yang di hari ke-4)
    https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day3-review-aplikasi-belajar-anak/
    dan
    https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day4-review-aplikasi-kids-educational-game-5/
  2. Manajemen diri/anak/keluarga : 3 aplikasi (gratitude journal, ovo dan onedrive)
    https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day2-review-aplikasi-gratitude-journal/
    Ovo https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day8-review-aplikasi-ovo/
    dan
    https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day16-review-aplikasi-onedrive/
  3. Meningkatkan Produktifitas : 11 aplikasi yaitu
    cardio : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-review-aplikasi-cardio/
    ayat : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day6-review-aplikasi-ayat/
    Flip : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day7-review-aplikasi-flip/
    Wattpad : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day9-review-aplikasi-wattpad/
    Viva Video : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day10-review-aplikasi-viva-video/
    Adobe Spark Post : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day11-review-aplikasi-adobe-spark-post/
    Kobo : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day13-review-kobo/
    Goodreads : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day14-review-goodreads/
    Lithium : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day15-review-aplikasi-lithium/
    Storial : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day17-review-storial-co/
  4. Menambah amalan agar bermanfaat untuk banyak orang : 2 aplikasi (Duo dan Podcast) yaitu di link
    Podcast : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day5-review-aplikasi-anchor-spotify/
    Duo : https://khoirunnikmah.com/bunsay-game-12-keluarga-multimedia-day12-review-aplikasi-duo/

Total 17 aplikasi yang ter-post diatas sebenarnya sangat kurang bagi saya karena jiwa penasaran pada aplikasi lain sungguh sangat besar heehe. Lagipula yang saya post diatas memang sudah sering dan biasa saya gunakan, kalau yang betul-betul baru dikenal tentu butuh waktu lebih lama untuk menuliskan lengkapnya.

Untuk aplikasi yang lainnya yang tidak saya review namun saya kulik dikit-dikit (install, coba bentar, memori HP tak mumpuni, terus un-install) sebenarnya banyaak. Namun karena sebatas coba-coba maka review pun datar-datar saja.
Ada yang membuat saya masih penasaran sampai sekarang. Yaitu saya belum tuntas mengulik aplikasi produk dari Google LLC. Setidaknya ada 132 aplikasi seperti di bawah ini, wkwkwk 😀

Pusing ya? banyak amat? sama! Hahahaha.
Jadi, tips yang bisa kita gunakan dalam meilih aplikasi adalah….

  1. Cek memori internal HP, RAM dan jadwal declutter digital file. Karena mau nggak mau, jika HP kita terbatas (pasti) harus rutin dibersihkan.
  2. pilih aplikasi yang betul-betul digunakan setiap hari. Jika sudah amat sangat jarang, apalagi jika hanya coba-coba, sebaiknya segera un-install.
  3. Pilih aplikasi yang tidak terlalu berat, sebelum install, cari yang similar dulu, cek rating, cek jumlah downloadernya. Biasanya yang reviewnya bagus, anti-bugs, jauh lebih ramah dijadikan teman di HP.
  4. Aplikasi apapun itu yang bentuknya berupa transaksi uang, jika selesai kita gunakan segera log-out sebelum kita tutup. Walaupun ada yang otomatis keluar sendiri sih hehe.
  5. Untuk aplikasi social media, rajin hapus cache dan pilih setting two-authentication security (dua langkah keamanan atau kemanan berlapis) agar tidak mudah dibajak.

Di paragraf terakhir ini kok jadi berasa singkat ya perjalanan 12 level, padahal dulu sebelum menjalani terasa berat dan seperti jauuh. Nyatanya setelah dijalani, bisa juga dan tuntas.

Time flies, whether you’re wasting it or not.

Kok jadi melow ya, udah saying goodbye aja nih di Bunsay.

Tapi jadi inget pepatah : “Don’t be sad about the goodbyes! Because in many farewells, better unions are hidden!” ~ Mehmet Murat Ildan

Ya, mungkin tugas udah usai namun menjadi ibu bukan perkara mengerjakan tugas ini aja. Jauh lebih banyak yang perlu dilatih setiap hari agar lebih cekatan dan makin andal.

Alhamdulillah sudah selesai game Bunda Sayang. *elap air mata dan keringat

Terimakasih kepada Fasil yang sabar, Teh Lian yang satu semester membersamai dan juga kawan-kawan di grup Peer 2 yang walaupun sepi tapi tetap peduli untuk memberi semangat.

Demikian aliran rasa yang bisa saya sampaikan.
Mission accomplished.
Terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.
TTD.

Khoirun Nikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *