DAILY EDUKASI RKTIM

Buku CPD

Buku CPD ini pertama kali saya kenalkan pada anak di usianya yang saat itu masih satu tahun lebih 3 bulan. Tepatnya pada bulan Oktober 2016 lalu. Cakrawala pengetahuan dasar (CPD) atau dalam buku aslinya berjudul Child First Library of Learning (CFL), merupakan salah satu bagian dari total development program ETL Learning.

CPD versi Indonesia berisi 15 buku bersampul tebal, 5 CD Room dan panduan pengguna. Buku ini mengembangkan 56 keterampilan melalui cerita-cerita interaktif.

Keterampilan utama di antaranya adalah :

  1. Angka dan berhitung
  2. Warna-warna primer dan sekunder
  3. Konsep waktu
  4. Keterampilan manipulatif
  5. Pengamatan dan persepsi visual
  6. Berpikir dan berimajinasi
  7. Pemecahan masalah
  8. Keterampilan sosial dan emosional

Hampir setiap ditanya untuk memilih buku bacaan, yang dituju anak saya adalah CPD karena memang menarik sejak awal.

Salah satu buku yang menarik dan sangat sesuai dengan kepribadian anak saya adalah buku tentang alam, Menyibak Rahasia Hutan. Isinya tentang rusa dan itik yang berjalan ke berbagai kondisi alam dan musim. Selain bukunya yang berilustrasi menyerupai aslinya, juga terdapat tebak-tebakan dengan format buka-tutup yang unik.

Buku ini -dan apa pun- sangat berfungsi jika digunakan, dibacakan. Pun dengan CPD milik kami di rumah. Dari anak berusia satu tahun hingga saat blog ini ditulis, usianya menjelang 5 tahun masih sangat memikat dan menarik perhatiannya tanpa bosan.

Fitur yang unik dari buku yang membuat anak senang karena 3-D. Halaman-halam bukunya yang berbelah, bersirip, buka dan pelajari, jam dengan jarum yang bisa digerakkan dan roda berwarna.

Apalagi saat ini, CPD bisa dibaca dengan menggunakan walter. Tentu sangat menarik. Walau pun CPD saya masih versi lama, hanya dibaca manual namun anak saya tetap menyukainya. Pernah suatu hari saya iseng bertanya, “Buku CPD boleh nggak umi jual?”. Spontan anak saya bilang, “Gak mau, jangan Mi.”

CPD merupakan ‘pasangan’ dari WWP. Ibarat WWP adalah otak kiri, CPD ini otak kanannya. Ia mengajarkan skills, emosi dan keterampilan basic anak pra-sekolah.

Sebegitu sayang dan menariknya buku ini di hati anak. Sampai saat ini, sering ia gunakan untuk menemani berceritanya menjelang tidur dan hari-hari aktifnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *