EDUKASI REVIEW RKTIM

Buku WWP

WWP alias widya wiyata pertama merupakan buku paket (yes, paket karena isinya banyak dan berseri ya) pertama saya mengenalkan pada anak tentang ensiklopedia pengetahuan.

Awal tau widya wiyata pertama saya mengira ini nama orang atau nama penulis bukunya. We’ll said that, karena temen-temenku banyak juga yang bernama widya.

Dan buku ini merupakan turunan dari buku aslinya yang berjudul A Child’s First Library of Learning. Kemudian diserap dalam bahasa Indonesia yang bernama Widya wiyata pertama.

Widya artinya populer, wiyata artinya pelajaran/pengetahuan dan pertama ya pertama. Jadi WWP ini harapannya menjadi pengetahuan populer pertama yang dikenal anak sebelum masuk sekolah. Buat mengasah otak sains serta wawasannya. Btw, ini buku yang bergandengan dengan CPD. Anak saya lebih kenal CPD dulu, kemudian WWP menyusul tak lama setelahnya. Khusus CPD, saya bahas setelah postingan ini selesai.

Dulu saya mengira, ini walau judulnya WWP buku ensiklopedia kupikir yaa kayak biasanya aja, standar gitu, kalau liat harga bandrolan di Toko Buku biasanya berkisar 200-250 ribu per eksemplar. Apalagi macem ensiklopedi yang buku ukuran gede tuh ya lebih diatasnya lagi. Setau saya yang dulu pernah saya baca, buku ensiklopedia biasanya isinya ya gitu deh, bahasanya berat. Namun ketika udah menimang isi buku WWP wowww! BE-DA !

Saya termasuk penggemar buku-buku ‘berat’, biasanya saya membeli buku berdasar kontennya. Jika realistis dan worthed it, saya akan langsung membeli tanpa berpikir harganya.

Namun ketika dihadapkan dengan buku ensiklopedia anak ini, saya tercengang dengan harganya itu. Dalam hati sempat menimbang-nimbang apakah harga segini memang layak atau over price?

Dengan kekuatan itung-itungan ala kalkulator emak (ciee emak2 perhitungan! wkwkwk) saya mencoba mensimulasikan harga buku ini.

Range harga buku ensiklopedia antara 200-400rb. Kita pilih tengah-tengah aja ya. Karena ensiklopedia yang kutemukan di toko buku dengan ukuran A5 harga biasanya 150ribu, ukuran yang A4 range 250-400 ribu. Saya bandingkan keduanya, buku WWP ini masuk di ukuran A4.

Kita ambil harga yang median ya, misalnya 1 eksemplar 280 ribu. Dan buku wwp ini berisi 24 jilid plus 1indeks (misalnya indeks tidak kita hitung).

Maka, 1 eksemplar buku 280ribu x 24 jilid = 6.720.000 (ini bukunya aja ya mak)

Kemudian saya membeli buku WWP ini udah plus walter (harga untuk teknologi ini sekitar 2juta rupiah). Walter berisi lebih dari seribu suara yang memberikan penjelasan lebih tentang isi buku (ingat! bukan membacakan kalimat dalam buku ya, walter wwp ini murni memberi informasi yang menarik dan voice informatif di luar narasi buku).

Jadi? seandainya ditambah walter, bisa jadi harganya 8,7 juta kan. So? apakah buku ini mahal? Oh no! Apalagi waktu itu saya beli dalam rangka milad Tigaraksa ke-44 tahun dengan mendapat diskon 50% wowww gila.

Bagi saya, buku ini murah karena udah plus teknologi walter. Dan biasanya ada tambahan bonus dan tebus produk lain. Waktu saya beli, tahun 2017 lalu, saya dapat hadiah langsung breadmaker (kalau beli normal sekitar 1,5-2juta-an). Amazing kannn!

Okeh, harga clear! Isinya gimana, Nik?

Fyi, pertama kali lihat buku contohnya saya langsung jatuh cintaa, gilaa penggemar buku pasti tau mana buku yang biasa aja dan mana yang beneran disusun dengan baiiik.

Buku ensiklopedia ini disusun menggunakan POLA KONTEN PARA AHLI yang sudah didedikasikan untuk memprogram edukasi anak. Bergandengan dengan para ahli sains lain, buku ini memang hadir untuk memperkaya wawasan anak agar berpikir lebih luas dan holistik. Dan asal kita tahu, sudah ada lebih dari 56 negara dengan berbagai bahasa mengadopsi buku ini diterbitkan di negaranya ! *udah sampai sini langsung berbinar-binar yah.

Kontennya saya fotoin salah satu ya.

Itu salah satu favorit anak saya (semuanya favorit sih tapi ini pas ngambil random saya foto ini wkwk).

Pada saat memandang langit sore, saya dan anak tentu tak mampu membayangkan visualisasi angkasa secara utuh. Buku ini memberikan panduan kami untuk melihat lebih jauh agar mampu mensyukuri tanda-tanda ciptaan-Nya.

Bahkan perbandingan pemikiran kuno juga dibahas di sana sehingga kita jauh lebih aware terhadap sesuatu ke depan. Dengan membaca buku pula kita berlatih untuk mereduksi pemikiran dangkal serta hoaks.

Widya Wiyata Pertama adalah ensiklopedia yang memang didisain sesuai dengan perkembangan anak masa kini. Dengan format tanya jawab yang menarik khas anak-anak, buku ini merupakan jawaban dan penjelasan dari jutaan pertanyaan anak-anak.

Ada 4 slipcase dengan 4 tema dari masing-masing buku.

  • Tema Kehidupan dengan judul buku : Ulah Binatang, Satwa Liar, Dunia Serangga, Kehidupan Sehari-hari, Hewan Sahabat, Kita Tubuh Kita.
  • Tema alam dengan judul buku : Ekologi dan Lingkungan, Geografi dan Peta, Dinosaurus Bunga dan Pohon Bumi dan Angkasa Alam.
  • Tema Sains dengan judul buku : Percobaan Sederhana, Ilmuwan Kecil, Beginilah Kerjanya, Penemuan dan Reka Cipta Roda dan Sayap Dunia Disekitar Kita.
  • Tema Dunia Kita dengan judul buku : Tempat-Tempat Terkenal Aneka Keajaiban Mengenal Masyarakat Musik dan Seni Rupa Coba Sendiri Kehidupan Sehari-hari.

Okeh mak! Buku ini enggak sendirian ya. Ada gandengan lainnya. Namanya juga program edukasi, pasti berkesinambungan dengan banyak hal.

WWP ini mampu membantu saya untuk mengatasi kebingungan cara menjawab jika anak bertanya aneh-aneh. Dengan jawaban yang ilmiah dan menggunakan bahasa anak, hal yang kita sampaikan akan lebih menancap dan membekas tanpa membuat anak bingung mencernanya. Kan terkadang hal yang paling rumit dan sulit justru akan mudah dicerna dengan kalimat sederhana. Dan buku ini mampu mengatasinya.

Nggak hanya anak yang suka, saya pribadi justru banyak belajar dari buku ini. Tidak hanya berguna untuk anak, para ortu juga diberi ruang khusus di tiap lembarnya.

Saya gunakan buku itu dari anak berusia menjelang 2 tahun hingga saat ini terus digunakan.

Gimana, menarik dan tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *