4. BUNDA SALIHA INSTITUT IBU PROFESIONAL

JURNAL BUNDA SALIHA BATCH 2 #Materi ke-4 : Menetapkan Tujuan

Jurnal kali ini sangat menantang, karena bersama tim, kita harus menetapkan tujuan. Setidaknya perlu satu pekan untuk menyelesaikan satu jurnal. Saya mulai menyapa grup di hari Selasa lalu (29 Agustus 2023).

Jurnal kali ini, berisi :

  1. Tujuan Tim (menggunakan metode SMART).
  2. Menganalisa dan Menuliskan Sumber Daya Tim (Resource Centre).
  3. Membuat dan Menyepakati Milestone.
  4. Membuat dan Menyepakati Golden Rules.
  5. Membuat dan Menyepakati Exit Procedure.

Namun, sebelum memaparkan hasilnya, saya ingin menceritakan cara kami dalam menetapkan isian jurnal diatas.

Cerita Tim Suara Inner Child dalam Menetapkan Tujuan

Selasa, setelah sekian pekan pasca mudik dan pengumpulan jurnal ketiga, saya mulai menyapa-nyapa grup tim. Senang rasanya jika ngobrol dengan mereka yang memang berkomitmen untuk berada disini, setelah dua orang lainnya mengundurkan diri sebelum tim ini terbentuk seperti ini.

Singkat cerita, setelah ngobrol ngalor-ngidul, saya mencoba untuk membuat votes lagi terkait agenda diskusi. Mengingat di pekan sebelumnya, saya coba menggunakan streamyard, kurang efektif.

Intinya, tim lebih intensif berkomunikasi menggunakan whatsapp. Terutama chatting karena memang cenderung fleksibel untuk me-reply dst.

Kemudian saya breakdown apa saja yang akan kita kerjakan bersama. Terutama dalam menentukan tujuan menggunakan metode SMART.

Walau masih kosongan, belum ada isinya, setidaknya ada gambaran untuk apa saja yang kita kerjakan. Tidak lupa menyelesaikan starbursting juga (yang masih dicicil semua jawaban).

PR Starbursting

Berikut ini tautan starbursting yang pada jurnal ketiga hanya kami tuliskan pertanyaannya.

https://docs.google.com/document/d/199TEr_E4kKFRVjpe2y8Y5i8QgjWnVE9RhJRyd1Dna2M/edit?usp=sharing

Hari Rabu, kami kembali voting untuk agenda ngobrol barengnya. Dan ditetapkanlah dan bersepakat bersama mengoptimalkan whatsapp grup, menggunakan media WA Call.

Keunggulan Whatsapp Call – Video

Beberapa hal yang menjadi opsi terbaik, kini kami manfaatkan teknologi aplikasi whatsapp yang semakin oke ini. Yaitu.

  1. Bisa call dan video secara bersamaan dalam satu grup (maksimal 37 orang).
  2. Bisa direkam suara dan layar seperti zoom meeting (hanya membutuhkan ruangan memori-tergantung durasi).
  3. Gratis, tidak dipungut biaya.
  4. Bisa share screen.
  5. Hasil rekaman bisa kami upload di YouTube (karena belum membuat akun Youtube, sementara saya masukkan kedalam channel pribadi).

Berikut ini rekaman video call, hari Jumat (1 September 2023).

Hari Sabtu, 2 September 2023, saya sibuk seharian. Menemani suami yang sedang mengisi perkuliahan di kampus IPB dan juga membeli kado bersama anak-anak untuk ngaji sore dan menjenguk bayi. Intinya, sampai malam hari, tepar semua. Jadilah, hasil diskusi dan percobaan menyapa netizen di akun suara inner child, saya ramu di hari Ahad ini, 3 September 2023.

Oia, karena dalam obrolan diskusi, kami ingin mengetahui seberapa dalam followers suara inner child dalam memahami diri, hari Sabtu kemarin sempat membuat chat box ke stories instagram @suara.innerchild yang jawabannya bisa kami lihat bersama.

Intinya, masih banyak yang belum memahami inner child, bahkan ketika ditanya perasaannya pun, belum banyak yang bisa mendefinisikannya. Jadilah kami menetapkan tujuan pun menyesuaikan dari input-an followers juga.

Tujuan (SMART Goals)

Hari ini (3 September), terkumpul semua jawaban. Intinya adalah kami fokus pada kesehatan mental, terkhusus inner child yang berkaitan dengan emotional competence, para ibu dan perempuan.

SPECIFIC : Edukasi topik Inner Child dan hal apapun yang terkait dengannya secara holistik (dari sisi physical body, energetical body, emostional body, mental body dan spiritual body) melalui platform digital suara inner child.

MEASUREABLE : Mengubah persepsi dan pemahaman terkait inner child secara menyeluruh dalam jangka waktu enam bulan minimal melalui forum Suara Inner Child.

ACHIEVEABLE : Dalam waktu tiga bulan memberikan edukasi dan sosialisasi, tiga bulan minimal satu target terpenuhi.

RELEVANT : Gerakan ini memiliki manfaat bagi diri pribadi, tim Suara Inner Child, komunitas dan para pegiat kesehatan mental khusus ibu dan perempuan Indonesia.

TIMEBOUND : Minimal dalam tiga bulan memenuhi satu topik permasalahan dan menyelesaikan dalam platform edukasi ataupun forum yang dibuat oleh Tim Suara Inner Child.

Jika disatukan dalam kalimat, tujuan kami adalah : Memberikan pemahaman tentang Inner Child dan hal apapun yang terkait dengannya secara holistik (dari sisi physical body, energetical body, emostional body, mental body dan spiritual body) melalui platform digital suara inner child untuk para ibu dan perempuan Indonesia dalam kurun waktu per kuartal atau per tiga bulan-an.

Resource Centre

Adapun sumber daya kami ber-empat (saat ini), setelah dibicarakan bersama adalah sebagai berikut :

Sumber daya tim kami :

  • Memiliki Kesamaan Fokus dan Kepedulian terhadap Topik Inner Child.
  • Memiliki ketertarikan terhadap bidang kesehatan mental.
  • Terdapat tenaga ahli di bidang Psikologi Klinis.
  • Praktisi kesehatan mental.
  • Sharing pengalaman terkait innerchild.
  • Senang membagikan dan menumbuhkan keterampilan didalam tim.
  • Senang belajar.
  • Ada jejaring Organisasi atau komunitas innerchild.
  • Memiliki Jejaring Luas di luar komunitas kesehatan mental.

Milestone Suara Inner Child

untuk mencapai tujuan, kami bersepakat membaginya kedalam 3 bulan-an. Anggaplah bulan pertama adalah bulan dimana saya mengikuti kelas Bunda Saliha (Juni 2023), maka milestone 1-2-3 adalah sebagai berikut :

  • Milestone 1 (Juni – Agustus) : Membentuk Tim dan Bonding, Pengerucutan Tim, Spesifikasi jobdesk
  • Milestone 2 (September-Desember) : Membuat platform edukasi dan melakukan sosialisasi terkait suara Inner Child secara daring.
  • Milestone 3 (Januari-Maret 2024) : Membuat event pelatihan pemulihan Inner Child.

Pada milestone pertama, salah satu ikhtiarnya adalah perombakan spesifikasi jobdesk dan menambahkan beberapa platform sosial media.

  • Projects Leader : Nikmah
  • Designer : Risma
  • Konsultan/Tenaga Ahli : Sella
  • Podcaster: Dini

Media Sosial Suara Inner Child

Media sosial yang kami miliki, baru ada 4. Dua medsos lama (IG & FP) dan dua lainnya baru dibuat (Threads & Twitter).

IG : https://instagram.com/suara.innerchild?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Threads https://www.threads.net/@suara.innerchild

FP https://www.facebook.com/suara.innerchild?mibextid=ZbWKwL

Twitter: twitter.com/suarainnerchild

[NEW] Channel Youtube on 14 September 2023

Kami menyadari dalam waktu 3 bulan, sangatlah singkat dan cepat. Maka, hal yang paling relevan dan mudah namun masih memiliki tantangan adalah membuat platform edukasi dan melakukan sosialisasi secara daring. Entah seperti apa bentuknya dan bagaimana caranya, nanti dipikirkan bersama sepanjang perkuliahan BunSal ini.

Golden Rules Suara Inner Child

Supaya tim ini saling berkomitmen, saling menguatkan, dan saling menjaga satu sama lain, maka golden rules ini kami sepakati dan buat bersama.

List isi golden rules :

  1. Setiap kendala dan masalah yang muncul, wajib dikomunikasikan kedalam forum tim.
  2. Respect for Others. Setiap diri kita perlu menghargai dan menghormati setiap pendapat. Setiap pendapat dan ide adalah hal yang sangat berharga.
  3. Tim yang masuk sebagai pengurus Suara Inner Child, wajib mengisi form pendaftaran tim. Dan apabila ada yang masuk untuk bergabung menjadi tim, bisa melalui tim yang sudah lama dan tetap perlu mengisi form pendaftaran serta menyetorkan ST30 di temubakat.com (free).
  4. Tim berhak membuat peraturan untuk komunitas Suara Inner Child dan bersepakat bersama.
  5. Semua projects dan komitmen wajib ada hitam diatas putih (tertulis dan tertarget) lengkap.

Exit Procedure

Pun ketika suatu saat ada yang cuti, jeda, bahkan mundur, kami sepakati membuat exit procedure berikut ini :

  1. Pengunduran diri : Apabila ada yang mengundurkan diri dari Suara Inner Child, perlu mengkomunikasikan secara hangat dan penuh empati serta siap untuk mencari pengganti posisi diri. Bersedia mengisi form pengunduran diri.
  2. Hak Projects yang Berjalan : Semua projects yang sudah berjalan menjadi hak sepenuhnya tim.
  3. Otomatis Keluar dari Tim : Jika selama 3 bulan berturut-turut tidak megikuti forum dalam tim, menjadi pendengar pasif, maka otomatis statusnya keluar dari Suara Inner Child Squads (tanpa perlu mengisi form pengunduran diri).

Kesimpulan Jurnal SMART Goals & Resources

Alhamdulillah, semua terkumpul dan bisa dimasukkan kedalam template jurnal berikut.

Alhamdulillah selesai jurnal ke-empat ini. Mudah-mudahan, Allah berikan kemudahan dalam proses didalam merealisasikan gerakan di tahun ini maupun nanti. Amiin.

Tinggalkan Balasan