2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day12 Review Aplikasi Duo

Sebelum game ini dimulai, saya sempat membuat review aplikasi zoom meeting (disini) untuk membantu kawan yang membutuhkan panduan aplikasi rapat jarak jauh itu. Karena saat ini memang berlaku karantina di berbagai sektor sebab wabah covid-19 yang menjadi pandemi global, termasuk di sektor pendidikan. Hampir semua sekolah libur, bahkan kini diperpanjang hingga tanggal 11 April 2020.

Salah satu alternatif di dunia pendidikan era digital ini mengajar dengan video conference dan video call. Nah, Zoom termasuk kalangan video conference karena memuat kapasitas yang besar hingga mencapai 100 orang. Sedangkan yang akan saya review kali ini, aplikasi Duo, yang maksimum hanya mampu menampung 8 orang.

Bisa diunduh disini.

Google Duo adalah aplikasi panggilan video berkualitas tinggi (bisa dibuktikan kualitasnya dengan panggilan video palikasi lain), Aplikasi ini sederhana, dapat diandalkan, dan berfungsi pada berbagai perangkat, baik pada smartphone (android maupun iOs), Google Nest, dan juga web.

Berikut ini review Google Duo

Fitur dan Keunggulan

Panggilan Grup
Kita bisa menyatukan semua orang dengan panggilan kelompok. Duo sekarang mendukung hingga 8 orang dalam panggilan video grup. Dulu, awal mula hadir di Indonesia hanya mampu video berdua.

Buat Panggilan bisa melalui Android dan iOS
Baik melalui ponsel, tablet, atau di web, kita dapat tetap terhubung dengan Duo. Karena Duo ini bawaannya Google LLC, maka tersedia lengkap, mau dari Android maupun iOS, semua bisa.

Mode Cahaya Rendah
Berbeda dengan aplikasi lain yang mengandalkan kamera masing-masing perangkat. Duo memungkinkan kita melakukan panggilan video bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk sekalipun, tetap cerah dan bening gitu.

Pesan Video
Nah, berbeda dengan aplikasi yang serupa juga, misalkan saat asik-asik vidcall dan teman memanggil kita atau teman kita yang memanggil, namun tidak dapat diangkat saat itu juga (di waktu yang bersamaan)? Gampang saja. Tinggalkan pesan video yang dipersonalisasi (privat) dengan efek yang menyenangkan.

Panggilan Suara
Nah, misalnya lagi sibuk dan tidak bisa tatap muka. Lakukan saja panggilan suara jika kita tidak dapat mengobrol melalui video.

Kekurangannya

Berdasarkan studi teknis Signals Research Group, yang membandingkan kualitas, waktu degradasi video melalui 3G, LTE, dan WiFi. Intinya tergantung kekuatan signal kita.

Bagaimana mengaktifkan Duo?

Setelah kita download, bisa langsung daftarkan saja. Seperti ini :

Kemudian berikan akses pada kamera :

Kemudian bisa kita coba, calling, nanti bisa diatur dan kita setting apakah suara saja atau menampilkan video juga. Ini contoh waktu saya coba calling :

Rating dari saya : 4/5

Baik, itu saja, cukup asyik menggunakan Duo. Kabar baiknya di beberapa perangkat memang ‘nempel’ alias bawaan dari software ponsel. Namun beberapa juga tidak. Jika memang dibutuhkan apalagi di situasi saat ini, social distancing, tak salahnya teman-teman coba.

Selamat mencoba 🙂

1 thought on “Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day12 Review Aplikasi Duo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *