2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day16 Review Aplikasi OneDrive

OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDriveWindows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu.

Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.

Saya menggunakannya sejak lama, setelah memiliki laptop, memiliki akun microsoft dan perangkat yang kompatibel default dengannya. Yaitu pada saat saya berganti laptop dan menggunakan ponsel Nokia (semua terintegrasi tanpa perlu saya install). Bahkan di laptop saya, bisa digunakan pada saat offline (tanpa jaringan internet), one drive selayaknya folder yang menyatu dengan komputasi yang lain (Drive C, Drive D, F, G bawaan laptop). Saya pernah menceritakan hal ini pada saat menyimpan kapsul waktu lalu.

Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (Word, Excel, PowerPoint dan OneNote).

Microsoft OneDrive tidak hanya dikembangkan pada platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS.

Kabar terbaru untuk pengembangan OneDrive, Microsoft sudah mengintegrasikan OneDrive ke dalam OS terbaru Windows yaitu Windows 8 dan seterusnya.

Keunggulan Onedrive

  • Platform yang didukung: WindowsMacWindows MobileiOSWeb.
  • Kapasitas data gratis: 7 GB. (Sekarang bertambah menjadi 15 GB)
  • Harga untuk tambahan kapasitas data: +20 GB ($10 / tahun), +50 GB ($25 / tahun) dan +100 GB ($50 / tahun).
  • Fitur utama: aplikasi editor via web untuk file yang berupa dokumen (WordExcelPowerPoint dan OneNote).
  • Punya saya kapasitasnya 1TB all in one bisa diakses dari HP maupun laptop.

Onedrive juga bisa langsung mengedit di perangkat dan tanpa perlu bolak-balik. Misalnya menghapus file. Sama seperti laptop, ada recycle bin-nya jg.

Onedrive ini tersedia dalam 94 bahasa di seluruh dunia. Namun paling enak default menggunakan bahasa inggris.

Rating dari saya untuk onedrive : 4,8/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *