2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day5 Review Aplikasi Anchor-Spotify

Hari kelima, alhamdulillah.

Jika dua hari pertama saya membahas aplikasi yang berkaitan dengan pengembangan diri (olahraga dan e-jurnal) kemudian dua hari lalu membahas aplikasi edukasi anak. Kali ini saya akan membahas aplikasi yang berkaitan dengan kebermanfaatan sebagai individu.

Empat hari lalu saya mencoba menggunakan media youtube untuk mereview aplikasi. Dan prinsip saya adalah mencoba hal-hal baru yang belum pernah dicoba untuk mengenal teknologi. Salah satunya adalah podcast. Ini merupakan pertama kali dan baru banget untuk saya.

Lalu, podcast itu apa? dan saya menggunakan aplikasi apa untuk bisa menghasilkan podcast?

Nah, nah, banyak pertanyaan kan. So, yuk stay tune. Saya mulai dari yang basic ya.

Mengenal Podcast

Podcast adalah episode program yang tersedia di internet.  Podcast biasanya berbentuk rekaman suara, seperti rekaman asli audio ataupun video. Tapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi, program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Ngomongin program radio, podcast ini mirip radio lah yaa. Serupa tapi tak sama.

Radio biasanya disiarkan secara langsung dengan jadwal siaran yang telah ditentukan seperti tayangan televisi. Siaran radio juga dibatasi oleh batas geografis wilayah dan nggak bisa diputar lagi. Nah, inilah yang membuat podcast menjadi jauh lebih istimewa. Siaran podcast dapat didengarkan kapan saja. Podcast bahkan bisa diunduh, sehingga pendengar bisa memutar siaran ulang tanpa kendala apapun.

Meski memiliki kelebihan yang lebih banyak daripada radio, ada satu kelemahan podcast. Yaitu kita nggak bisa sembarangan memasukkan lagu kedalam siaran karena terikat oleh hak cipta si pemilik lagu. Kendati demikian, kita jadi punya banyak ruang untuk menghasilkan kreasi yang lebih banyak.

Nah, aplikasi podcast ini banyaaaaaakkkk banget jenisnya. Tapi disini saya akan membahas 2 aplikasi yang saya gunakan, keduanya masih satu pabrik sih hehe, yakni anchor dan spotify. Bedanya apa dan bagaimana?

Langsung aja ya, ini dia ~

Anchor

Bisa download disini.

Anchor adalah aplikasi yang memudahkan kita (bisa saya bilang ini cara termudah) untuk membuat podcast. Dan ini satu-satunya aplikasi yang memungkinkan kita untuk merekam podcast berkualitas tinggi, dan mendistribusikannya kemana-mana (termasuk Google Podcasts dan Apple Podcasts) – semuanya di satu tempat. Tidak diperlukan peralatan mewah atau pengalaman podcasting, dan ini 100% gratis!

KITA BISA MEMBUAT PODCAST DARI PONSEL, TABLET, ATAU KOMPUTER :
  • Bisa rekam audio berkualitas tinggi, baik dengan mikrofon bawaan perangkat atau dengan mencolokkan mikrofon eksternal favorit kita.
  • Rekam dengan teman atau cohost, di mana saja di dunia.
  • Ambil pesan suara dari pendengar, dan juga bisa tambahkan pertanyaan / kiriman mereka ke episode berikutnya.
  • Bisa tambahkan berbagai transisi dan efek suara ke podcast.
  • Impor audio dari aplikasi apa pun di perangkat untuk digunakan di podcast kita.
  • Tambahkan lagu apa pun dari Spotify (hanya dapat diputar di Anchor).
EDIT AUDIO DI MANA SAJA:
  • Terdapat visual episode builder yang membuat tampilannya lebih menarik, mudah dieditnya dan bisa kita atur ulang audio di episode podcast selanjutnya.
  • Bisa memangkas serta langsung mengedit rekaman dengan alat pengeditan yang dirancang khusus untuk podcasting (udah ada didalam aplikasi).
  • Kita bisa memberi tanda bendera (flags) saat merekam untuk mengingatkan diri sendiri bagian mana yang nanti akan kembali speak dan kita edit atau hapus.
SHARE PODCAST BISA DIMANAPUN DAN KEMANAPUN:
  • Sungguh mudah mendistribusikan podcast ke semua platform podcast utama (termasuk Google Podcasts dan Apple Podcasts) hanya dengan satu ketukan.
  • Bisa membagikan permalink untuk episode atau segmen mana saja di mana saja; siapa pun yang tidak memasang Anchor dapat mendengarkan di pemutar podcast favorit mereka atau di profil web Anchor tanpa memerlukan akun (ini nih yang paling saya suka).
  • Kita bisa sematkan episode apapun di situs web sendiri.
  • Bisa mengubah segmen pendek apa pun (apa pun tapi di bawah 2 menit) menjadi video animasi yang ditranskrip secara otomatis!
SEPERTI YANG TERLIHAT DI VIDEO INI :

Untuk percobaan, saya membuat sebuah episode pertama (tanpa editing sama sekali di sesi 1 : Mengenal Decluttering). Bisa didengarkan disini tanpa perlu download aplikasi juga, langsung bisa klik https://anchor.fm/khoirun-nikmah/episodes/Definisi-Decluttering-ebp8di

Spotify

Download spotify Klik disini.

Walaupun satu pabrik (spotify), aplikasi ini berbeda dengan Anchor. Jika aplikasi anchor untuk membuat podcast, kalau spotify ini untuk mendengarkan podcast. Dengan Spotify, kita juga dapat memutar jutaan lagu maupun podcast secara gratis. Kita bisa mendengarkan lagu dan podcast yang kita sukai dan temukan musik dari seluruh dunia.

Kelebihan Spotify

• Discovery musik, album, dan podcast baru.
• Bisa searching atau mencari lagu, artis, atau podcast favorit.
• Kita bisa menikmati daftar putar yang ditujukan oleh kita..
• Selain bisa menikmati lagu, juga bisa membuat dan membagikan daftar putar kita sendiri.
• Selain musik yang berlagu (ada liriknya) kita juga bisa menemukan musik untuk suasana hati dan aktivitas apa pun (instrumental misalnya).
• Kita bisa bebas mendengarkannya di berbagai perangkat, seperti di ponsel, tablet, desktop, PlayStation, Chromecast, TV, dan speaker sendiri.

Spotify juga menawarkan musik gratis, daftar putar yang dikuratori, dan ribuan podcast yang tidak dapat kita temukan di tempat lain. Bisa temukan musik dari artis favorit kita, dan dengarkan musik barunya secara gratis.

Selain ada fitur gratis, terdapat juga fitur premium.

Fitur Spotify Premium
• Dengarkan album, daftar putar, atau podcast tanpa jeda iklan.
• Bisa mengunduh dan mainkan musik untuk mendengarkan offline.
• Nikmati kualitas suara yang luar biasa pada musik dan podcast yang dipersonalisasi.
• Temukan musik baru atau daftar putar yang disesuaikan dengan suasana hati. Kita juga akan mendapatkan pengalaman musik yang dipersonalisasi tidak seperti yang lain.
• Tanpa komitmen pembayaran – kita bisa batalkan waktu berlangganan sesuai yang kita inginkan.

Tampilan jika dibuka di web :

Spotify juga bisa diunduh di laptop.

Kekurangannya
  1. Banyak iklannya. Karena saya menggunakan aplikasi gratis, bukan premium.
  2. Karena gratis, jadi Tidak bisa mengedit akun (mengganti nama, memasang profil dll.)
  3. Tidak bisa langsung mendengarkan, harus login dulu.

Kesimpulan

Anchor lebih saya sukai, rating 5/5 perfect lah yaaa. Sedangkan untuk spotify karena saya masih menggunakan fitur gratisan juga, saya beri rating 4/5 aja dan inipun langsung saya un-install, keep yang anchor aja.

Well, done untuk dunia podcastingnya.

Semoga dengan adanya aplikasi ini mampu memberikan manfaat kepada banyak orang melalui podcast.

Oia, ini link podcast anchor saya (klik disini).

Keunggulan Anchor, bisa langsung convert ke semua platform podcast.

Berikut link Podcast saya (Khoirun Nikmah) komplit versi :

di Anchor https://anchor.fm/khoirun-nikmah

di Google Podcast https://www.google.com/podcasts?feed=aHR0cHM6Ly9hbmNob3IuZm0vcy8xN2NkYjBjNC9wb2RjYXN0L3Jzcw==

di spotify https://open.spotify.com/show/5PMdmz0Oxda1e7PYAZ0xmz

di Breaker https://www.breaker.audio/nikmahwriter

di PocketCasts https://pca.st/c8i8r0nx

di radio Public https://radiopublic.com/nikmahwriter-WzBlpY

Semoga Bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *