2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day7 Review Aplikasi Flip

Sudah lama saya menggunakan aplikasi flip, dari tahun 2018 atau 2017 akhir kalau nggak salah. Namun, saya baru install ulang aplikasinya setelah berganti ponsel beberapa pekan lalu. Dan untuk pertama kalinya ini saya akan mereview aplikasi dalam rangka tugas kelas Bunsay.

Flip ini gratis, teman-teman bisa mengunduhnya disini atau klik link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.flip

Kira-kira penampilannya seperti ini di playstore.

Sejak menggunakan aplikasi ini, ketika saya transfer uang ke beda bank tidak ada biaya admin lagi. Hanya menggunakan kode unik yang itupun masuk kedalam deposit saya.

Dulu, deposit itu bisa dicairkan jika diatas 10ribu rupiah. Namun kini hanya bisa ditukar dengan membeli pulsa pada layanan aplikasinya.

Kadar hemat yang sudah ditempuh kurang lebih 2 tahun ini mencapai 1,9juta (jika antar bank dihitung 6,500 rupiah biayanya), sungguh hemat luar biasa kan.

FLIP Tampilan Screen HP

Bank yang bisa bekerjasama dengan Flip

Memang tidak semua bank, namun cukup lumayan pelayanannya karena bank yang digunakan memang familier dan terbiasa digunakan sebagian besar masyarakat. Transfer dari atau dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, Muamalat, Permata, dan Permata Syariah tanpa biaya administrasi sama sekali.

Transfer dapat dilakukan ke siapapun, dan penerima tidak perlu memiliki akun Flip. Tinggal buat transaksi, transfer aja sesuai nominal di sistem, dan Flip akan mengirimkan uang ke penerima di bank yang berbeda. Flip juga akan memberikan bukti transaksi saat transfer berhasil diproses yang dapat diunduh lewat aplikasi Flip ataupun melalui email yang mereka kirimkan.

Bukti email yang dikirim oleh flip :

Fitur Flip

• Transfer dari dan ke bank-bank terbesar di Indonesia tanpa biaya admin.
• Penerima tidak perlu memiliki akun Flip untuk menerima transfer dari kamu.
• Pengecekan nomor rekening tujuan otomatis, pastikan penerima adalah orang yang tepat
• Setelah transaksi terkirim, Flip akan mengirimkan bukti transfer lewat aplikasi dan email.
• Terdapat in-app live chat yang siap membantu jika kamu mengalami kesulitan atau sekadar mencari teman ngobrol.
• Flip mengenkripsi data-data sensitif dan memberikan keamanan ganda untuk data pribadi kamu.
• Flip juga memiliki fitur PPOB yang dapat dapat membantu untuk isi pulsa dan kuota/paket data.
• Flip berizin resmi dan terlisensi oleh Bank Indonesia

Dapat digunakan bersama aplikasi:
– BNI Mobile Banking
– Mandiri Online
– BCA Mobile
– BRI Mobile
– Mandiri Syariah Mobile
– BRILink Mobile
– Go Mobile by CIMB Niaga
– Muamalat Mobile
– BTPN Sinaya Mobile
– Jenius
– PermataMobile X
– Permata e-Business

Transfer dari:
BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, Muamalat, Permata, dan Permata Syariah

Transfer ke:
BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, Muamalat, Permata, dan Permata Syariah

Selain fitur mengirim uang ke beda bank, saat ini mereka juga menyediakan Produk layanan seperti pembelian pulsa dan kuota internet.

Fitur Produk non-tranfer, menyediakan :
Pulsa Telkomsel Prabayar, Pulsa Indosat Prabayar, Pulsa Ooredoo Prabayar, Pulsa XL Prabayar, Pulsa Tri Prabayar, Pulsa Smartfren Prabayar, Pulsa Axis Prabayar.

Tersedia pembelian Paket Data Telkomsel, Paket Data Indosat Ooredoo, Paket Data XL, Paket Data Tri, Paket Data Smartfren, Paket Data Axis.

Tampilan WEB

Selain menampilkan pada aplikasi android, flip juga bisa menampilkan di iOs (apple) dan juga website langsung. Lumayan nyaman dan simple untuk ukuran bisnis.

Berikut ini adalah tampilan WEB FLIP.ID

Spesial dari tampilan website adalah adanya menu pengguna BIG FLIP. Tahun lalu saya pernah menggunakannya pada saat hendak transfer ke puluhan orang untuk proses refund uang kelas jyokyuu Komunitas KonMari Indonesia (dari pembayaran siswa yang 100rb terbagi menjadi 3, jadi kami bayarkan sisanya karena sudah berganti ke program Gemar Rapi, artinya putus akad dari kelas program sebelumnya).

Big Flip

Perbedaan layanan dari flip biasa ke big flip, cukup mudah. karena tinggal login seperti biasa. Bedanya, pada layanan ini, karena menggunakan sistem yang cepat dan akurat, saya terkena biaya, yakni 2,500 per nomor rekening tujuan.

Big flip memberikan template excel format CSV yang sudah mereka desain, kemudian saya isi semua. Setelah mereka verifikasi datanya, saya membayar semua nominal termasuk biayanya (2,500 dikali sekian nomor tujuan). Cukup banyak ya namun jauh lebih hemat dibandingkan harus transfer ke beda bank dengan cara manual (selisih 4ribu rupiah hehe).

FLIP Tampilan WEB

Terdapat menu catatan Transaksi juga seperti pada ponsel, pada web seperti ini tampilannya :

Kesimpulan

Sangat membantu saya menghemat biaya admin beda bank. Dulu, saya verifikasi flip ini ketemuan dengan admin di stasiuan Bogor. Intinya memastikan data KTP dan orang (agar tidak dikira chatbot- robot). Entah sekarang bagaimana proses verifikasinya, saya kurang tahu.

Flip ini saya beri rating 4.8 / 5. Karena sekarang uang deposit tidak bisa saya ambil lagi sebagaimana dulu wkwkwk. Harus tukar pulsa katanya. Namun saya suka dengan sistem yang terbaru, tidak manual lagi, maksimal 10 menit sudah tertransfer dan bukti transfernya sudah langsung bisa diunduh. Tidak seperti dulu yang menunggu nomor antrian.

Sukses selalu ya FLIP, dari Flip saya belajar, membaca peluang dari sebuah permasalahan. Hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *