2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia – #Day9 Review Aplikasi Wattpad

Wattpad ini merupakan ‘surganya’ para pembaca dan penulis karena memang platformnya sangat mudah didesain untuk menuangkan cerita, membaca cerita berbagai genre dan sudah mendunia.

Sebenarnya saya sudah lama mengenal wattpad, pertama kali join tanggal 8 Maret 2016, waw! udah empat tahun lebih yah hehe. Namun baru bulan Januari 2019 lalu saya pertama kali membukanya, itupun karena ada kelas kepenulisan. Saya sendiri lupa, tahun 2016 itu saya ngapain ya kok bisa membuat akun tersebut, wkwkwk. Akun wattpad saya https://www.wattpad.com/user/nikmahwriter.

Nah, kali ini saya bakal membuat review khusus aplikasi wattpad sekaligus tampilan webnya. Walaupun saya pribadi lebih sering membukanya pada tampilan web, karena tidak terbiasa membaca buku di ponsel. Khusus e-book, saya baca pada perangkat lain, kobo-reader. Kenapa harus lekat dengan perangkat itu? yup, karena bagaimanapun juga, seorang penulis membutuhkan berbagai aplikasi books & refferences dan toolsnya. Sama seperti seorang ilustrator yang lekat dengan stylusnya.

Kelebihan Wattpad

Editor’s Choice

Kelebihan aplikasi wattpad, jika kita lihat di aps store, aplikasi ini masuk kedalam jajaran editor’s choice (pilihan editor google), dengan lebih dari 3 juta tanggapan penggunanya. Waw banget kannn.

Inilah tampilan wattpad di laman aps-store.

Bisa diunduh di link ini.

‘Rumahnya’ Pembaca dan Penulis

Wattpad merupakan wadah atau tempat tinggal atau rumahnya berbagai naskah, cerita, stories berbagai genre bacaan. Bahkan menurut saya, wattpad ini merupakan platform cerita yang paling dicintai di dunia. Wattpad mampu menghubungkan komunitas global dengan 80 juta pembaca dan penulis melalui kekuatan cerita. Itulah kenapa saya mengunduh aplikasi ini untuk mulai membaca atau menulis cerita.

Jika dulu, menjadi seorang penulis itu sangat sulit, seleksi ketat, bahkan beberapa harus mencoba berkali-kali untuk bisa menayangkan karyanya di platform media digital. Kini, kita bisa menuliskannya disini, bebas. Tanpa ada kritisi editor, tapi saran saya, walaupun tidak ada editor, tetaplah belajar teknik kepenulisan agar pembaca tidak ‘sakit mata’.

Kita bisa membagikan kisah nyata maupun fiksi yang orisinal di Wattpad dan bisa langsung kita share di beberapa komunitas wattpad yang ada di sana. Bahkan Wattpad Studios mulai mencari penulis yang belum pernah tersentuh penerbit, namun tulisannya bagus dan berbakat di Wattpad, ia akan dihubungkan dengan perusahaan hiburan multi-media global.

Baca Sepuasnya, Disini Melimpah Cerita

Kita bisa menemukan cerita dengan lebih dari lima puluh bahasa dari penulis di seluruh dunia!

Apa pun yang pengen kita baca — romansa, fiksi ilmiah, misteri, komedi, petualangan aksi, fantasi, fiksi dewasa muda, atau fanfiksi — semuanya ada di Wattpad.

Terhubung dengan komunitas pecinta cerita

Ketika kita memutuskan untuk bergabung dengan Wattpad, otomatis kita sudah menjadi anggota komunitas pecinta cerita internasional. Kita akan terhubung dengan pembaca & penulis lainnya yang juga bersemangat, berkomentar langsung dalam cerita saat kita membacanya, dan juga mendukung (vote cerita) penulis saat mereka membuat dan berbagi cerita mereka.

Bahkan kita dapat share bacaan kita dan library digital atau membuat daftar bacaan, sehingga teman-teman kita selalu tahu apa yang sedang kita baca.

Membuat Perpustakaan digital gratis untuk diri sendiri dan Bisa dibaca dimana saja.

Nah, buat kalian yang introvert (sama nih hehe), kalian bisa simpan cerita favoritnya di perpustakaan digital dan setting privat. Kalian bisa membacanya di perangkat mana saja, tanpa perlu mendaftar lagi.

Kita bisa sinkronkan akun sendiri untuk meneruskan baca, apakah mau menggunakan laptop, tablet, Kindle atau iPhone. Bisa semua.

Bisa Mengikuti Kontes Kepenulisan

Wattpad juga menyediakan platform kontes bagi semua penulis dalam beberapa challenge.

Menghasilkan Uang dari koin (Menjual Naskah ke Pembaca)

Saya kurang tahu kalau di Indonesia sudah bisa atau tidak, namun untuk naskah in english yang saya ikuti, beberapa kontennya premium dan dikunci (jika mau baca kelanjutan ceritanya harus membeli koin di wattpad) dan penulis bisa mendapatkan penghasilan dari koin tersebut.

Menu berlangganan premium wattpad, salah satunya selain kemudahan untuk membaca naskah premium juga bisa menghasilkan uang bagi penulis yang meletakkan naskah disana. Tentu naskah yang terbaik dan menarik ya 🙂

Menghasilkan Uang jika dilirik oleh Penerbit

Sebenarnya beberapa kali (bukan hanya di wattpad) beberapa penerbit mengkontak saya, baik melalui media sosial maupun pesan singkat berniat untuk mempublikasikan coretan pena saya. Namun hingga detik ini saya masih belum tergerak serius untuk hal itu karena memang masih hectic mengurus gemar rapi (tim kurikulum).

Nah, jika teman-teman menulis di wattpad dan viral atau votersnya tinggi, biasanya penerbit akan bersuka cita untuk meminang naskah kalian. Bahkan beberapa penerbit juga mengadakan challenge, katakanlah Belia Writing Marathon-nya Bentang Belia. Bahkan penulis yang terbilang masih muda usianya, jika naskahnya menarik dan bukan hasil dari plagiasi, bakal ada seleksi untuk diterbitkan oleh penerbit mayor (besar). Pun demikian dengan penerbit indie maupun semi-mayor, saat ini banyak yang mencari naskah untuk diterbitkan. So, jangan pernah putus asa ya.

Kekurangan Wattpad

Nah, setelah diatas saya paparkan kelebihannya, sekarang saya coba mencerna kekurangannya ya.

Kekurangan wattpad :

  1. Karena platform ini ‘sangat bebas’, banyak sekali saya jumpai ‘naskah mentah sementah-mentahnya’ dan ‘sangat liar’. Jika tidak selektif, bisa-bisa kita tersesat kedalam berbagai macam kondisi cerita yang tidak diinginkan.
  2. Banyak konten dewasa yang tidak disegel (tidak diberi warning bahkan tanda usia baca) hal ini bisa saja mereduksi nilai-nilai yang seharusnya, jika pembacanya sesuai usia, tak masalah, lantas, jika yang berselancar disana adalah anak-anak atau remaja? sungguh mengerikan.
  3. Banyak penulis cerita, demi mendapat rating, memasang cover yang ‘seronok’ atau tak pantas hanya untuk mendulang dukungan. Ini membuat ‘mata sakit’ dan kurang nyaman untuk saya pribadi.
  4. Karena wattpad ini tidak menyediakan editor naskah yang masuk, maka, feelnya akan sangat berbeda dengan membaca buku yang sudah diterbitkan resmi oleh publisher (sekalipun mengambil dari wattpad). Jadi, jangan pernah mengambil naskah cerita di wattpad untuk bahan belajar ya, saya tetap berpatokan, mempelajari naskah cerita tetap dari penerbit, karena naskah yang sudah dibukukan biasanya sudah melalui ‘fit and proper’ layak baca.
  5. Bagi pemula, saran saya, pilih naskah yang benar-benar bagus, perbanyak baca buku yang sudah resmi diterbitkan ya untuk mengetahui mana naskah jelek dan tidaknya. Karena akan sangat menghabiskan waktu dan menyesal jika mengikuti cerita yang ‘berantakan’.
  6. Beberapa naskah yang menarik, mulai menggunakan koin (berbayar) ini yang membuat saya males baca dan mengikuti wkwkwk. Tapi masih banyak juga kok yang gratis dan bagus.
  7. Akun Wattpad mendukung LGBT dan sejenisnya, jika enggak hati-hati, banyak sekali disodorkan naskah semacam itu. Be careful ya!

Okeh, demikian review dari saya. Semoga bermanfaat, yang mau berteman di wattpad, bisa buka akun saya di https://www.wattpad.com/user/nikmahwriter .

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tugas review berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *