2.12 BUNSAY LEVEL 12 IBU PROFESIONAL REVIEW

Bunsay Game 12 #Keluarga Multimedia #Day1- Review Aplikasi Cardio

Hari pertama, pada tantangan kali ini saya ingin mereview aplikasi yang baru saya download beberapa pekan lalu. Aplikasi yang menunjang kebugaran dan semangat berolahraga walaupun hanya didalam rumah #workfromhome #stayathomemom.

Aplikasi ini saya dapat dari suami, yang sudah lebih duluan menggunakan dan merasakan manfaatnya.

HIIT & Cardio Workout by Fitify Application

Teman-teman bisa download aplikasinya disini.

Biasanya, saya yang memang lebih suka didalam rumah menggunakan olahraga ringan seperti yoga, pilates dan cardio ringan. Nah, aplikasi ini bisa membantu saya dalam membentuk kebiasaan kecil gemar olahraga. Oia saran saya, jangan langsung gerak ya, sebelum melakukan gerakan kardio, kita perlu streching dulu, biar tidak kaget dan kram. Dan kerjakan di pagi hari, jangan sore apalagi malam.

Apa itu Olahraga Kardio

Olahraga kardio adalah olahraga untuk meningkatkan detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat.

Olahraga kardio menghasilkan pergerakan otot yang lebih banyak selama periode waktu yang berkelanjutan untuk menjaga detak jantung setidaknya 50% dari tingkat maksimumnya. Selain itu, manfaat olahraga kardio adalah untuk memperkuat jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Untuk aplikasi yang saya gunakan, saya review di youtube :

Menu yang bisa diulas

Tampak halaman depan (home) aplikasi. Tidak hanya olahraga ringan, namun juga ada level yang lain (belum saya coba, sementara merutinkan yang light cardio dulu).

Selain itu, saya suka menu setting waktunya. Biasanya saya atur hanya untuk 10 menit, sederhana ya tapi sungguh bikin ngos-ngosan.

Gerakan yang bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah dari olahraga cardio ini :

  1. Burpees. …
  2. Jump Rope. …
  3. Jumping Jacks. …
  4. Squat Jumps. …
  5. Kickboxing. …
  6. Dancing. …
  7. Running the Stairs. …
  8. Jogging in Place.

Favorit saya nomor 1, 2, 3, 4 dan 8.

Dan cardio workouts at home ini menjadi favorit saat ini karena bertepatan dengan social distancing akibat epidemi covid-19.

Manfaat dari olahraga ini (dikutip dari kompas.com) :

1. Melindungi sistem kekebalan tubuh
Dalam penelitian yang membandingkan pesepeda amatir berusia 55-79 tahun dengan orang berusia sama tapi tidak pernah berolahraga, terungkap perbedaan yang sangat signifikan. Kelompok peseda itu memiliki massa otot lebih kuat dan lebih sedikit lemak tubuh. Mereka juga terlihat lebih sehat dan sistem imunnya lebih bagus, mirip dengan yang dimiliki orang-orang muda.

2. Membentuk otot
Dalam hal pembentukan otot, olahraga kardio memang tak seefektif latihan ketahanan yang didesain untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Tapi, memasukkan latihan kardio dalam regime latihan beban terbukti meningkatkan ukuran otot.
“Olahraga aerobik, jika dilakukan dengan tepat, bisa membantu menigkatkan pertumbuhan otot seperti halnya dengan latihan ketahanan,” kata peneliti olahraga dari Ball State University, Matthew Harber, seperti dikutip Men’s Fitness.

3. Menyehatkan jantung dan paru
Olahraga aerobik, terutama berenang, akan melatih tubuh menggunakan oksigen dengan efisien. Latihan ini lama kelamaan akan mengurangi laju istirahat jantung dan laju napas, dua indikator dari kesehatan jantung.

4. Mengembalikan perfoma jantung
Semakin tua kebanyakan orang makin tidak aktif. Hal ini bisa membuat otot jantung mengeras. Penelitian membuktikan, melakukan latihan kardio secara rutin bisa memperbaiki performa jantung.

5. Memperbaiki mood
Olahraga ini memiliki kemampuan yang unik untuk membuat kita rileks dan tenang. Salah satu penyebabnya adalah turunnya kadar hormon stres alami. Olahraga seperti joging atau renang bisa melancarkan aliran darah sehingga bagian otak juga mendapat energi dan oksigen baru.

6. Menyehatkan saluran cerna
Rutin melakukan olahraga kardio juga memicu perubahan mikroba di usus. Dengan seimbangnya flora usus, kita pun lebih berenergi dan tingkat peradangan turun.

7. Memperbaiki kolesterol
Salah satu cara menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan adalah dengan melakukan latihan aerobik. Itu sebabnya dokter menyarankan olahraga ini sebagai langkah pertama menurunkan kolesterol jahat pada orang yang gaya hidupnya kurang bergerak.

8. Memperbaiki kadar gula darah
Beberapa studi menyimpulkan, latihan kardio membantu mencegah diabetes tipe dua dan memperbaiki gejalanya. Ini terjadi karena membaiknya cara tubuh menggunakan gula darah.

9. Mengurangi gejala depresi
Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki depresi berat melakukan olahraga berjalan kaki atau treadmil selama 30 menit dalam 10 hari berturut-turut. Hasilnya, gejala depresinya berkurang.

10. Membuat kulit lebih segar
Dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak, ternyata orang yang rutin melakukan olahraga ini memiliki kulit lebih sehat.

Yuk jaga kesehatan sama-sama. Bismillah, tawakkal dan tetap ikhtiar ya teman-teman. Semoga Allah memberikan kita kesehatan dan kebugaran sehingga mampu beribadah dengan optimal maksimal. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *