2.10 BUNSAY LEVEL 10

Bunsay Game Level 10 #Day11 Membangun Karakter Melalui Dongeng

Fiuuh akhirnya bisa ngetik, karena anak baru bobo. Tepat pukul 22.00 WIB, beress mendongeng 7 buku wkwkwk.

Saya menyadari ini anak udah mau lima tahun, tentu kondisinya berbeda ketika masih batita, dia yang nyimak, kini, justru ngedongengnya berganti-gantian.

Aktifitas Hari ini

Seharian ini adalah tanggal cantik, 02022020 dimana banyak undangan kondangan, bahkan Isyana juga nikah hari ini yah hehehehe. Pun dengan beberapa teman kantor Abi. Nah, sayangnya lokasinya jauh, perbatasan Lebak Banten Bogor, daerah yang melewati bekas banjir bogor, Jasinga.

Abi berangkat dari pagi pukul 6, tiba disana pukul 9. Acara setengah jam, terus balik lagi tiba di rumah pukul setengah satu siang. Totally perjalanan 6 jam hanya untuk acara setengah jam wkwkwk.

Syahid gimana di rumah? iyaaa, berdua aja. Main, mandi, makan, hujan-hujanan, mandi, makan, hujan-hujanan gitu terus hingga sore ada tiga kali mandi. Beres mandi sore, kami jalan-jalan ke mal parung alias ramayana. Tujuannya membeli dompet Abi (yang dulu udah lenyap di KRL beserta tas dan seluruh perangkat laptop barunya dan dokumen serta benda, uang berharga, semoga yang menemukan bisa terbantu ya, kami insyaaAllah udah meniatkan keseluruhannya untuk sedekah).

Selain beli dompet juga beli jam tangan Syahid karena hanya dia yang nggak punya jam tangan di rumah (sering ngambil memainkan jam tangan Abinya atau jam tangan saya).

Kapan mendongengnya?

Bada isya’ bersama Abi, saya dengar Abi menceritakan buku yang Syahid bawa ke kamar secara random. Cerita tentang bahaya melihat layar terlalu lama, walaupun Syahid sudah tidak terpapar gadget hape namun nilai-nilai tetap disampaikan melalui buku oleh abi.

Saya kira cukup dengan abi, ternyataa oh ternyataa (setelah ada drama abi masuk angin perlu dipijit dulu, tangan saya ada yang luka, ganti syahid yang ngobati saya- dia ambil hansaplast wkwkwk) Syahid minta dibacain buku.

Syahid : “Sebelum bobok, baca buku sama umi.”

Saya : “Kan udah sama abi tadi..” (alesan nih, aslinya ngantuk berat)

Syahid : “Pokonya baca buku umiiii…”

Saya : “Oke, oke”

Dan tadaaa…! nggak cukup hanya satu judul, ini ceritanya saya reading aloud, mendongengnya mengacu pada buku yang Syahid bawa secara berurutan :

  1. Aku lihat layar secukupnya (by kakatu) dibacakan Abi.
  2. Buku gigiku sehat (serial little abid) ini saya baca sambil dialog dengannya.
  3. Aku bisa mandi sendiri (serial little abid) dengan saya.
  4. Aku mau mendengarkan (serial cici kelinci, sahabat si koksi) dengan saya.
  5. Buku adab berpakaian (ihsan kids), saya ceritakan sambil bermain tebak-tebakan, “Syahid laki-laki atau perempuan?” . Dan dia jawab dengan menunjuk wajah anak laki-laki dan bilang, “Syahid laki-laki, Umi perempuan pakai jilbab.”
  6. Buku belajar p3k (serial little abid), saya menceritakan, dari buku inilah setiap ada yang dirasa sakit atau melihat umi/abi/teman yang sakit, dia sibuk mencari obat dan mengobati.
  7. Aku tahu nama hari dan bulan (serial little abid), saya ceritakan sambil bernyanyi nama-nama hari, nama-nama bulan masehi dan nyanyi nama bulan hijriyah.

Sesi malam ini ditutup dengan memuroja’ah surat al-ikhlas dan berdoa sebelum tidur.

Alhamdulillah. Bobo juga pukul 22.00 WIB (setelah saya pijit, sambil menghirup aroma therapy (EO) young living).

Berikut laporan untuk day 11. Link lengkap excel bisa dilihat disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *