2.09 BUNSAY LEVEL 9

Bunsay Game Level 9 #Day1 Mengasah Kreatifitas Anak

Tantangan Day 1

Bismillah.. memulai lagi game level 9. Kenapa mulai hari ini? iya, karena ada perubahan kalender akademik plus memang sepekan lalu jenuh, bosan dan enggak sempat riset aja. Saya punya kebiasaan sebelum melakukan tantangan di level berikutnya, mencari sumber terlebih dahulu, dah berasa kayak sedang kuliah lagi gitu.

Alhamdulillah di penghujung 2019 ini masih diberikan kesempatan belajar beberapa hal, terutama parenting. Belajarnya udah okelah ya dari mana aja bisa, tinggal praktiknya ini. So, bismillah mulai lagi hari ini (semoga bisa OP lagi, nyesek soalnya kemarin garap 17 hari tapi endingnya badge dasar efek ngerjain rutin tapi enggak sempat submit).

Oia, hari ahad lalu saya sempat mengikuti workshop pandu 45, saya bisa melihat secara langsung kekompakan Bu Septi dan Pak Dodik diatas panggung (walaupun tidak sempat pedekate, hehe, tapi semoga Bu Septi membuka buku karya saya yang ada didalam goodie bag beliau ya, amiin).

Bagi yang tidak hadir tapi ingin tahu serangkaian acara hari ahad lalu bisa dibaca di post blog yang ini. Saya tuliskan detail rangkaian acara dan resume dari event tersebut.

Oke, mari kita mulai day 1 dengan tema “Mengasah Kreatifitas Anak”. Beberapa indikator dan THINK CREATIVE yang saya masukkan kedalam excel kali ini dari beberapa referensi buku, seminar/workshop dan artikel.

Poin kegiatan yang saya kerjakan bersama anak, saya letakkan dan buat pada lembar excel ini.

Tiga poin pertama dari Adam Grant, seorang profesor dari Universitas Wharton School of Pennsylvania, membahas topik ‘how to raise creative children’. Kuncinya (menurutnya) terdapat 3 hal yakni : values over rules character over behavior, dan lessons from books.

Ketiga poin itu saya masukkan sebagai bagian topik kegiatan game kali ini. Ditambah dari oleh-oleh workshop Pandu 45 berupa kegiatan/aktifitas yang menunjukkan anak bahwa dia berani mengemukakan pendapat, terbuka dengan pengalaman baru, berminat untuk meneliti dan mengamati, pantang menyerah, aktif dan bergairah, membuat karya sendiri dan inisiatif.

Hasil untuk hari pertama adalah sbb :

link tabel disini.

Kegiatan kreatif Anak hari ini

Syahid meminta cat air, karena habis, saya alihkan untuk membuat kreatifitas tempel gambar. Syahid pun antusias dan mau melakukan sama-sama, menggunting, menempel dan bercerita.

Dari buku yang ada di rumah, dia belajar banyak hal, termasuk ketika mendung, gerhana dan menjelang hujan sore hari dia ceritakan.

Agenda kreatif kedua adalah membuat kue/plastisin. Bahannya tepung, garam, minyak, pewarna makanan dan air. Syahid aduk sendiri, uleni sendiri dan dia bentuk sendiri. Kegiatan yang mengasyikkan buatnya.

Sore pukul 3 dia mandi, kemudian nonton fenomena alam dari yutub, Syahid suka menonton cuaca, tornado dan volcano. Kemudian dia tertidur pulas.

Demikian agenda di hari pertama ini, semoga esok lebih baik lagi.

  • values over rules (yes, suka-suka aja dia bikinnya, bebas)
  • character over behavior (yes, pakai tangan kanan, mengucapkan tolong dan terimkasih)
  • lessons from books (buku anak paud di rumah)
  • berani mengemukakan pendapat (yes)
  • terbuka dengan pengalaman baru (belum for today, dia bermain seperti biasa)
  • berminat untuk meneliti dan mengamati (yes)
  • pantang menyerah, aktif dan bergairah (yes)
  • membuat karya sendiri (yes)
  • inisiatif (yes)

*tabel sudah ada diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *