3.3 BUNCEK KEPOMPONG IBU PROFESIONAL

Day 1 : Jurnal Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong Bunda Cekatan Batch 2

Bismillah. Mulai 7 April 2021, hari ini saya hendak melatih kemampuan diri. Sesuai dengan tujuan awal masuk kelas Bunda Cekatan, saya ingin cekatan dalam memproduksi karya, yakni buku baru, solo, yang pernah saya lakukan di tahun 2018 silam.

Jika diingat-ingat, dulu, 2018, saat menulis dan berproses menorehkan kata, saya mampu menuangnya hanya dalam 2 pekan dan 2 hari aktif. Fokus, dan jadi sebuah buku yang Alhamdulillah best seller. Yaitu KonMari Mengubah Hidupku, bersama Bentang Pustaka.

Maka, tahun ini, saya hendak, ingin mengulang lagi kejadian itu. Menulis buku, dan terbit. Segala perencanaan, manuskrip, ilmu, sudah saya siapkan setahun lebih. Kurleb dari September 2019.

Bismillah mulai hari ini saya melangkah.

Kebiasaan yang saya bangun, sesuai dengan kelas Kaizen Writing. Bersiap bertatap muka dengan dunia ide. Saya harus mindful. Sadar hadir utuh untuk hal itu.

Target saya menyelesaikan :

  1. Novel. Birth date 30 Mei 2021.
  2. Merapikan buku Non-Fiksi ke penerbit.
  3. Membantu suami menerbitkan buku.

Untuk Poin ke-2 dan 3, saya sudah hampir menyelesaikannya. Sedangkan poin pertama, menulis novel. Inilah yang fokus dan saya latih di tahap 30 hari tantangan.

Hari ini, ngapain aja Nik?

Sayangnya, tenaga saya habis untuk domestik dan mengurus anak. Kemudian berlanjut ngezoom dst. Cukup melelahkan.

Hari ini, saya mulai membuat outline Novel. Semoga besok, sudah bisa saya mulai kerjakan chapter demi chapternya.

Aamiin.

Skills yang Difokuskan sepekan ini?

Sepertinya saya perlu mengatur ritme tubuh dan pikiran agar sejalan. Wkwkwkwk. Terutama saat membuka laptop. Masih sering ‘berkelana’ dan malah asyik bertatap muka dengan ide yang lain.

Bismillahirrahmanirrahim. Mencoba mindful. Saya tahu, ini tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa.

Target 30.000 word count minimal. Sehingga jika saya bagi kedalam 30 hari, bisa jadi, minimal sehari 1,000 kata. Artinya jika kurang dari itu, akan molor lagi.

Sebenarnya manuskrip lama masih ada namun perlu saya rombak total. Dan rasanya, saya memang harus menuliskannya ulang. Mulai dari nol. Dan entah kenapa, ini rasanya excited gitu. Berbeda dengan menulis biasa. Well, karena ini bagian dari ‘hutang yang tertangguhkan’.

Skor day 1 : 1

Come on!

Let’s go! Mulai besok! InsyaaAllah. Bisa. Menuju chapter 1. 🖤

Tinggalkan Balasan