3.3 BUNCEK KEPOMPONG IBU PROFESIONAL

Day 2 : Jurnal Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong Bunda Cekatan Batch 2

Hari ke-2. Jujur saja. Dari pagi lumayan hectic. Mencoba berkomitmen untuk segera menyelesaikan urusan skills menulis novel, malah, yang ada masih saja, berkutat penuh dengan urusan domestik dan seterusnya.

Terkait kegiatan yang menunjang cekatan hari ini, saya mulai membuka kembali materi Kaizen writing yang saya ikuti setahun lalu. Saatnya mempraktikkan segala hal yang perlu saya lakukan untuk mewujudkan kata ‘tamat’ pada naskah novel project ini.

Saya menghitung detail jumlah kata yang akan ditulis, saya tuangkan hingga membentuk cerita dalam wujud mind map outline. Sayangnya, di tengah proses membaca modul Kaizen Writing ini, ada distraksi hal pekerjaan lain yang harus saya selesaikan.

Setelah menyelesaikan pekerjaan yang menjadi distraksi itu, saya mulai membuka dua modul Kaizen writing, serta dokumen komitmen secara berulang dan menandatangani isi berkas komitmen itu. Bismillah.

Langkah berikutnya, saya memeriksa seluruh jurnal yang saya tulis, sebagai sumber cerita, walau faktanya saya tumpuk gitu saja. Rencana untuk menguatkan karakter tokoh yang hendak saya tulis dari berbagai pengalaman pribadi, walauuu, at the end, masih saja terdistraksi dan tidak saya sentuh hingga malam ini…

Untuk hari ini, terima kasih. Tenaga saya ternyata sampai di aktifitas ini, menumpuk manuskrip mentah.

Hal yang telah saya tetapkan dua hari ini :

  • Jam kerja menulis, fleksibel, namun hanya hari Senin-Jumat saja. Sabtu-Minggu, break.
  • Outline perlu diteliti lagi, ada beberapa poin yang perlu dibenerin.
  • Progress menulis chapter, perlu dikerjakan di awal waktu deh. Kalau di akhir, seperti malam ini, tepar rasanya.
  • Sudah ada tawaran dari penerbit yang mengetahui aktivitas saya ini. Katanya, semoga berjodoh. Malah, saya yang deg-degan, belum memulai rasanya sudah gemeteran. 😅 Sure! Saya belum pernah menulis novel senekat ini.
  • Menulis novel ini, bagian dari healing belasan tahun lalu. Alhasil, tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Membongkar dari alam bawah sadar. Rasanya luar biasa, too heavy!

Kesimpulan

Kegiatan hari ini masih penuh distraksi, belum fokus (belum berani menghadapi si ‘tokoh cerita’ yang hendak direalisasikan), serta terlalu banyak aktifitas domestik keluarga yang menyita.

Skor untuk diri sendiri : 1. Perlu ditingkatkan lagi. Semoga besok lebih baik.

Tinggalkan Balasan