3.3 BUNCEK KEPOMPONG IBU PROFESIONAL

Day 3 : Jurnal Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong Bunda Cekatan Batch 2

Hari ke-3 mengasah kemampuan konsistensi menulis.

Jika dilihat dari jadwal, jum’at adalah hari terakhir ‘masa kerja menulis’ dari 5 hari dalam sepekan. Artinya, besok, sabtu dan minggu, saya bisa leyeh-leyeh dulu. Namun, melihat progress 3 hari berjalan lamban, saya putuskan untuk membaca ulang kembali manuskrip yang sudah saya tulis sebelumnya.

Bertepatan hari jum’at adalah hari decluttering rutin saya, terutama file digital, hari ini saya fokuskan untuk merapikan file ponsel dan laptop. Hasilnya, cukup ringan walaupun belum 100% selesai rapi. Maklum, masih perfeksionis, all or nothing.

Kegiatan hari ini yang berkaitan dengan target di bunda cekatan meliputi :

  1. Membuka ulang manuskrip lama, membongkarnya dan menyusun ulang.
  2. Mulai menuangkan kedalam chapter 1,2,3.
  3. Mulai berani melangkah, setelah dua hari berkutat dengan gejolak teori menulis dan pembuatan outline.

Sebenarnya menulis novel, setelah plot dan story diatur di depan, cukup mudah jalannya. Hanya saja, karena ini novel perdana, persiapan sebelum masuk kedalam ‘batcave’ (meminjam istilah Bu RT, Dee Lestari) yang akan memakan energi besar sekaligus berat, membuat saya banyak bertimbang dan menimbang (sebuah kelebihan sekaligus kelemahan jiwa perfeksionis). Well, bagi saya, menulis fiksi lebih menguras energi dibanding non-fiksi, pengalaman selama ini bicara demikian.

Hari ini, saya masih tergoda media sosial dan segala distraksinya. Namun, tak separah dua hari lalu. Lumayan lebih ‘berbobot’ lah dibanding dua hari lalu. Apalagi tiga hari lalu, parah! Wkwkwkwk. Hari ini saya berhasil melekat ke instagram, sekadar berbagi cerita seharian saja. Untuk dokumentasi cerita harian, karena aktifitas jurnaling setelah jeda satu hari, kemarin, cukup membuat trauma. Sekalinya saya mager (males gerak, jurnaling, bukan sekadar itinerary yaaa), biasanya seterusnya mager. Namun, di tahap kepompong ini, enggak lagi-lagi deh, saya perlu sedikit rajin setiap hari dan sedikit memaksakan diri. Kalau tidak, yaaaah balik lagi ke awal.

Skor hari ini: 2.

Semoga esok lebih baik. Amiin.

Tinggalkan Balasan