DAILY

#Day1 Kenapa Nulis Blog

Menulis blog sebenernya bukan hal yang baru, sejak zaman SMA (tahun 2006) sudah terbiasa dengan ‘curhat’ melalui blog. Awal mula aku menggunakan blogspot, kemudian sibuk dan lupa password, email dll akhirnya memutuskan nggak ngeblog lagi.

Pada saat kuliah, tepatnya tahun 2009 mulai rutin menulis blog, masih menggunakan blogspot waktu itu. Hingga suatu hari di tahun 2010 seorang teman memberikan saran agar aku menggunakan wordpress. Jadilah blog ini aktif dari 2010, dan akhir bulan kemarin baru bisa kubelikan domain dan hosting agar lebih leluasa menulisnya (tanpa ada iklan atau cookies yang menghadang eaaa).

Menulis adalah kebutuhan harianku, bagiku yang bertipe ‘jarang ngomong’ secara verbal, bukan tipe wanita yang cerewet hehe jadilah jatah kosakata harian tertuang (lebih sering) melalui tulisan. Bahkan kalo lagi ada sesuatu hal yang penting dan mendalam justru aku tuliskan dulu kemudian kuserahkan kepada yang bersangkutan. Aneh ya.

“Perang Blog” juga pernah kualami pada tahun 2011 dimana aku menulis blog pada seseorang namun tanpa dia komentari, dia menulis blog balasan melalui post blognya hingga berbalasa sekian kali tanpa ada komunikasi langsung, aneh ya. Haha

Jadi, menulis blog ini adalah sebuah langkah awal menghabiskan jatah ‘omelan’ di dunia nyata untuk dituangkan kesini.

FB_IMG_1499497659185

Jika mau ditelusuri secara ilmiah, kebutuhan manusia menurut Maslow ada 5 poin. Maslow menemukan bahwa setiap manusia- tanpa memandang suku atau asal usul seseorang- mengalami tahap-tahap peningkatan kebutuhan atau pencapaian dalam kehidupannya. 5 Kebutuhan tersebut meliputi :

1. Kebutuhan fisiologi (physiological), meliputi kebutuhan akan pangan, pakaian, tempat tinggal maupun kebutuhan biologis.
2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan (safety), meliputi kebutuhan akan keamanan kerja, kemerdekaan dari rasa takut ataupun tekanan, keamanan dari kejadian atau lingkungan yang mengancam.
3. Kebutuhan rasa memiliki, sosial dan kasih sayang (social), meliputi kebutuhan akan persahabatan, berkeluarga, berkelompok, interaksi dan kasih sayang.
4. Kebutuhan akan penghargaan (esteem), meliputi kebutuhan akan harga diri, status, prestise, respek dan penghargaan dari pihak lain.
5. Kebutuhan aktualisasi diri (self- actualization), meliputi kebutuhan untuk memenuhi keberadaan diri (self fulfillment) dan memaksimalkan penggunaan kemampuan dan potensi diri.

Nah, menulis blog bagi saya masuk kedalam poin 4 dan 5. Misal ikut ajang kompetisi blog untuk meraih penghargaan, atau memang sebagai kebutuhan aktualisasi diri. Sebab jika menggunakan media lain, sungguh terbatas dan kurang terarsip dengan baik.

Dan dengan menulis blog sama dengan berbagi inspirasi dan semoga bisa menjadi amal jariyah kita. Amiin ^^

 

Tinggalkan Balasan