BLOGGER PEREMPUAN

#Day12 Tips Hidup Sehat ala Niknik

Sebenernya hidup sehat sama seperti kita bisa bernafas, bukan sebuah kewajiban lagi tapi ini adalah kebutuhan. Kalo ngga sehat bakal sakit, dan jika sakit semua aktifitas bakal terganggu.

Kali ini kucoba buat membuat list (dan semoga ini konsisten) lima hal supaya hidup sehat. Hidup sehat bukan berarti ngga bisa hepi-hepi ya, justru kudu hepi dalam menjalaninya. Sebab sesuatu yang dipaksakan juga berdampak kurang bagus.

Hidup sehat ini juga berkaitan dengan habit, gimana kita bisa bangkit membentuk rutinitas kebiasaan yang bagus untuk diri sendiri. Berat sih tapi jika sudah menjadi gaya hidup, kebiasaan maka semua akan otomatis.

Apa ajakah itu?

Berikut list lima tips hidup sehat ala Niknik ^^

Pertama, Maksimalkan di Pagi Hari

Ini menjadi PR besar sih buat mengkonsistensikannya. Maksud dari maksimal di pagi hari ini sebisa mungkin pagi hari poin semangat, list agenda, healing, makan sehat ada di pagi hari. Rutinitas yang bagus adalah bangun pagi, mandi pagi, sarapan pagi dan perbanyak mengkonsumsi serat di meja makan.

Kalo mengingat hadist Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah).

morning
Kedua, Banyak Minum Air Mineral

Sudah banyak peringatan dari para ahli, media juga mengutip banyak bahkan anjuran untuk perbanyak minum dibandingkan manis, bersoda atau yang ada bahan pengawetnya. aku sendiri ketika rontgen tulang beberapa bulan lalu, dokter tulangku mengatakan harus perbanyak minum air putih. Apalagi sebagai ibu rumah tangga, mengurus anak, membereskan rumah maka air putih ini menjadi solusi mujarab agar nggak dehidrasi, ke kulit juga bagus dan terpenting juga bagus untuk organ dalam terutama ginjal.

air
Ketiga, Olahraga Cukup

Selain dokter tulangku menganjurkan air putih yang banyak. Juga memberikan saran untuk terbiasa berolahraga, agar kesehatan tulang dan badan terjaga. Apalagi di usia produktif ini, mumpung masih muda. Investasi kesehatan paling murah dan sepele ini adalah olaharaga. Minimal sekali atau dua kali sepekan, itupun kalo sibuk. Kata dokter tulangku ^^

running
Keempat, Tidur Cukup

Nah ini adalah tidur efektif, ngga berlebihan juga ngga kurang. Kalo malam waktunya tidur ya tidur – ini ucapan buat diri sendiri yang kadang masih suka begadang 🙁

Tidur cukup bagi kita orang dewasa antara 7-8jam. Lebih baik tidur awal daripada tidur telat karena pagi hari adalah kunci. aku pernah mengalami, begadang terus. Melek sampai pagi, pagi tidur (jam tidur terbalik) rasanya gak karu-karuan. Maka tidurpun memang harus dimanage.

sleep
De-stressing

Ini penting bangeeett, de-stressing. Biasanya diawali dengan de-cluttering barang, setelah tuntas otomatis bisa memanage stres. Pengalaman sih gitu, stres ini kayak tabungan kalo dibiarkan makin lama makin numpuk dan BAHAYA. Jadi, harus dikurangi. Sebisa mungkin list setiap hari mana-mana yang membuat stres, ceklis jika udah beres, Intinya ambil jeda waktu dalam sehari untuk kegiatan ini.

Caranya? kalo aku sih biasanya enyahkan gadget. Nulis-nulis, relax, ngajak ngobrol diri sendiri, berdo’a, ngaji dan memberi ‘makan’ jiwa.

destresssing

Semoga bermanfaat^^

Mari diskusi jika berkenan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *