2.04 BUNSAY LEVEL 4 DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 4 #Day 14 : Mengamati Gaya Belajar Anak

Day 14

Pukul 22.30 WIB

Hmm tumben Nik nulis jam segini? hihi. Iyaaa seharian agak padat, karena siang tadi ngaji, pulang sore, tiba di rumah sibuk ricek gemar rapi, trus makan, kulwap, lanjut malah ngasih tausiyah di grup novel NB22 dan nyimak mahasiswi teladan (ceu Dira) di telegram, chit chat sana sini dan enggak terasa waktu menunjukkan sudah larut.

Kegiatan observasi sebenarnya sudah saya lakukan dari pagi tadi, hingga dzuhur pukul 13.00. Agendanya melatih Syahid untuk inisiatif memilih permainan, kemudian meneliti seberapa lama dia bertahan dengan pilihannya.

Pagi tadi Syahid bangun subuh, tapi tidur lagi selesai dari masjid. Hingga abinya berangkat kerja diapun belum bangun, sepertinya pukul setengah sembilan dia baru bangun, kemudian mandi, makan, belajar.

Belajar apakah?

Karena saya mau menguji dia untuk membuat pilihan, maka saya ajak Syahid untuk menentukan sendiri apa saja yang dia pelajari.

Pilihannya jatuh kepada :

  1. jam beker (artinya belajar membaca jam/waktu)
  2. papan angka dan shape
  3. membaca buku WWP seri sains ‘penemuan dan reka cipta’

Poin pertama, Syahid hanya bertahan sepuluh detik. Selesai menunjuk angka pada beker, udah dia letakkan lagi.

Poin kedua, dia cukup anteng, sekitar 5 menit.

Rekornya di poin ketiga, saya lupa berapa lama, intinya dia telaten membaca satu per satu halaman dari awal hingga halaman terakhir.

Kemudian dia berlari-lari bosan, hingga saya suruh untuk menunggu. Yaitu menunggu ojek grab datang, wkwkwk. Pukul 1 saya ajak ngaji, pulang sekitar pukul setengah lima sore. Syahid di tempat ngaji bermain bersama kakak-kakak yang setahun dan dua tahun diatasnya. Tentu di tengah permainan selalu ada konflik, tapi namanya juga anak-anak pasti bakal balikan lagi hihi. Syahid bergantian bermain semprotan air, kemudian dia mengejar kucing, ayam dan terakhir berendam di bak air hingga akhirnya mandi di tempat murobi saya. Hihi.

Pulang-pulang dia minta ngemil, minum susu terus tidur. Bangun ketika abinya sampai rumah. Kemudian enggak saya lihat karena asyik bermain dengan abi, saya sendiri sibuk dengan kulwap dan gadget time-yang kebablas yang pada akhirnya membuat saya ngetik tugas ini malam-malam wkwkwk.

Well, demikian saja agenda hari ini. Berikut tabelnya, semoga esok lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *