2.04 BUNSAY LEVEL 4 IBU PROFESIONAL

Game Bunda Sayang #BunSay Level 4 #Day 15 : Mengamati Gaya Belajar Anak

Day 15

Hari kamis, tepat tanggal 25 Juli 2019.

Pagi sekitar pukul 9 saya membuka chat grup perpustakaan smart ekselensia. Ternyata diinfokan bahwa pembicara (pakar ekonomi UI) telah hadir di lokasi, wah tentu saya langsung kepomtal-pontal. Segera berkemas, mengajak Syahid pesan grab menuju lokasi. Saya lupa kalau seminar tersebut diadakan hari kamis, seingat saya biasanya hari jum’at.

Alhamdulillha tiba di lokasi sekitar pukul 9.45 dan masih bisa mengikuti diskusi, saya sempat juga bertanya mengenai tipe pendidikan dan pola pikir. Alhamdulillah tercerahkan (lagi). Intinya, banyak-banyak membuka wawasan dan jangan berhenti untuk memupuk otak curiosity kita.

Syahid bagaimana?

Target untuk belajar motorik saya alihkan untuk belajar mengelola emosi, yaitu mau ikut umi dengan sabar menunggu.

Ternyata Syahid mau ikut dengan baik, tanpa drama -mengingat dia kurang nyaman jika diajak ke tempat dengan jumlah orang cukup banyak duduk di kursi menyimak sesuatu.

Karena dari rumah Syahid memilih membawa kerikil yang disimpannya di box mini, maka dia pun bermain dengan asyik di kursinya. Tapi karena ingatannya kuat, kalau itu lokasi masih satu wilayah dengan abinya maka pertanyan -di tengah acara pun muncul- “Mi, ayo ke abi” atau “Mi, Syahid mau ke abi,” atau “Mi, mana abi?”

Well, hanya 20 menitan bertahan, selebihnya Syahid ke belakang dijemput abi. Tentu, saya tetap melanjutkan agenda diskusi hingga pukul 11 siang.

Beres acara, saya ngobrol dengan kawan yang menjemput sekolah anaknya, Mbak Lilih. Kami asyik cerita tentang tipe belajar anak, alhamdulillah ada saran cukup pas dengan kondisi Syahid yang memang cenderung ke kinestetik. InsyaaAllah saya akan mencobanya, yakni membelikan lego bricks mini robot untuk mengalirkan energi Syahid ketika di rumah mengalami kebosanan. Mengingat ukuran lego yang medium sudah ‘khatam’ olehnya.

Syahid dapat hadiah es krim karena tidak rewel dan tidak ngompol di tempat kerja dan seminar.

 

Demikian agenda hari ini, tinggal 2 hari lagi, semoga lebih baik. Dan jelas sudah, Syahid memang berbeda dengan saya dan juga berbeda dengan abinya. Syahid menunjukkan dominan kinestetik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *