2.04 BUNSAY LEVEL 4 DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 4 #Day 9 : Mengamati Gaya Belajar Anak

Day 9

Hari ini Syahid bangun pagi, kemudian dia mandi dan sarapan bubur. Setelah abi berangkat kerja, dia minta nonton. Sempat drama juga ketika melihat abi naik mobil grab, dia pengen ikut -_-”

Hari ini abi enggak ke kantor, tapi mengisi training 5R di kementrian keuangan jadi perjalanannya enggak mungkin naik motor. Cape.

Syahid ngambek, plus nangis. Kemudian baru diam ketika saya ajak nonton film. Sesuai rekues dia, nonton film tentang sampah. Sekalian edukasi juga apakah Syahid sudah paham mengapa selama ini umi dan abi ngumpulin sampah. Terutama abi, selalu rajin memunguti plastik, botol untuk dibuat menjadi ecobricks.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=y0OakCkAXCw[/embedyt]

Syahid : “Lihaaat ada plastik, sampah, hii jijik..”

Saya : “Hi..jijik kan, makanya kita harus mengumpulkannya. Supaya..”

Syahid : “Jadi ekobik ya mi..” (ecobrick)

Saya : “Iya, sampah plastik enggak boleh sembarangan dibuang, harus kita kumpul dan kita pisahkan. Seperti yang selama ini Syahid lakukan.”

Syahid : “Kayak abi ya mi.. bikin ekobik.”

Alhamdulillah walaupun belum genap 4 tahun ini anak sudah terpapar kegiatan memilah dan mengolah sampah. Walaupun sangat sulit mencegah sampah plastik masuk setidaknya Syahid mulai paham, kalaupun jajan selalu bawa kantong sendiri dan wadah, adapun bungkus plastik snack atau eskrim tetap dia kumpulkan.

Selesai nonton, Syahid melihat pakaiannya belum saya setrika. Kemudian dia etok-etok atau pura-pura menyetrikakan bajunya sendiri. Awalnya dia tahu kalau ada kabel colokan, dia nyalakan. Namun saya cegah karena takut kena panasnya. Sempat tadi setrika dia nyalakan sendiri. Saya penasaran kenapa dia melonjak senang, oalah karena setrikanya menyala. Duh, harus ditungguin hingga saya lepas itu kabelnya.

“Mi..anget mi, enak..”

Saya langsung cabut kabelnya, ya awal-awal anget tapi kan lama-lama panas. -_-

Akhirnya kegiatan menyetrika berhenti, Syahid memilih untuk bermain yang lain, memutar-mutar roda sepeda.

Demikian agenda belajar hari ini. Seperti biasa, saya tuliskan pada tabel. Semoga esok bisa lebih baik lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *