2.06 BUNSAY LEVEL 6 DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 6 #Day 12 : Menstimulasi Anak Suka Matematika

Day 12

Hari ini full bermain. Syahid sekolah paud, berangkat pagi dan dia enjoy di sekolah, termasuk salah satunya adalah menyimak ketika bu guru reading aloud beberapa buku. Hal yang langka dan jarang Syahid lakukan, duduk nyimak anteng dan antusias wkwkwk. Sayangnya waktu ke paud saya enggak bawa ponsel, so? yaudah enggak da dokumentasinya.

Pulang sekolah, Syahid saya ajak beli telur puyuh matang. Tiba di rumah, dia hanya menghitungnya sambil berkata, “Mi ini telur dinosaur.” >> oke, oke -_-

Poin hari ini :
Memahami pola-pola hubungan, sebab-akibat.

Syahid memahami jika berbuat baik, maka sekitar akan mendukung. Seperti tadi di sekolah, Syahid enggak mau berbagi ke temannya dan temannya pun menyukainya.

Bereksperimen mengungkap fakta

Eksperimen hari ini, Syahid mengamati semut ketika jam makan siang. Saya bilang kalau semut makan daun, ehhh beneran dia ambil daun dan dikasihkan ke semutnya -_- akhirnya saya jelaskan ulang kalau semut makan yang manis dan gurih. Benarlah dia kasih lagi remahan kerupuk dan juga makanan manis.

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

Ada 3 hal yang Syahid pecahkan masalahnya hari ini, pertama, tentang jalan menuju paud, Syahid pilih yang enggak ada ee kucing. Kedua, ketika di rumah, dia ingin jajan teh kotak, saya arahkan untuk membuat teh manis saja. Akhirnya syahid mau meraciknya. Dan yang ketiga, ketika malam ini abinya berangkat tanding badminton, Syahid enggak merengek, sebagai gantinya dia minta saya bacakan buku -_-

Menciptakan sesuatu dg angka dan penalaran

Syahid menikmati proses berhitung telur puyuh dan boneka jarinya.

Mengenal konsep yang sifatnya kuantitas

Syahid bisa membedakan mana ukuran besar dan mana yang kecil setiap melihat benda yang sama.

Menggunakan simbol abstrak untuk menunjukkan konkret

Syahid menunjukkan gambar di dinding dan menceritakannya.

Mampu menjawab dan bernarasi singkat tentang projectnya.

Project hari ini syahid membuat eskrim rasa-rasa (bayangan semu) dari stik eskrim dan jepitan. Dia jelaskan kalau itu es rasa valia (yang biru), jeruk (orange) dan stroberi (pink). Well, begitulah narasinya ketika ia cerita, macem2lah bahasanya.

Oia, satu lagi, syahid lagi demen berhitung menggunakan kosakata bahasa inggris.

Sebelum abi berangkat tanding, tadi syahid minta dibacain buku.

Demikian laporan kegiatan hari ini, senin 16 september 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *