2.06 BUNSAY LEVEL 6 DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 6 #Day 13 : Menstimulasi Anak Suka Matematika

Day 13.

Pagi ini, Syahid bangun, mandi, minum susu kemudian berangkat ke sekolah, PAUD. Disana dia lebih tertarik dengan bermain perosotan, sedangkan saya mengajar senam, yang hadir sangat sedikit hihi jadi berasa senam mandiri.

Untuk materi sekolah, hari ini belajar menggambar abstrak. Namun kami mencontohkan menggambar pelangi, Syahid sendiri saya arahkan (tepatnya saya yang ngegambar) dia hanya menambahkan goresan sedikit -_-

Pulang paud jajan roti dan eskrim di warung tetangga kemudian pulang. Tiba di rumah dia belajar, nonton smart hafiz, baca buku, bermain lego dan baca buku-buku wwp. Sebelumnya dia membaca buku resep.

Lantas, apa saja kegiatan belajar matematikanya siang ini?

Memahami pola-pola hubungan, sebab-akibat

Syahid belajar tentang es krim yang meleleh, sehingga dia harus membawa piring supaya tetesannya tidak lengket menempel ke lantai (supaya dia tidak berlelah-lelah untuk melap lantai wkwkwk).

Jadi, sebelum makan eskrim, syahid ambil piring plastik dan dia menyeruput eskrim stik itu dengan membuat tadahan dari piringnya. Walaupun enggak mulus, ada tetesan yang jatuh di lantai juga ketika dia bergerak kesana-kemari akhirnya dilapnya juga dengan menggunakan lap dari dapur.

Bereksperimen mengungkap fakta

Syahid melakukan eksperimen terhadap posisi kasur, karena ada kasur sorong ketika dia mengambil bagian bawah box dari rak lemari yang tepat berada di kasur, dia kesulitan. Akhirnya saya bilang kalau mau ambil, kasur sorongnya didorong masuk kedalam kolong tempat tidur dulu, maka dia pun bisa menarik box yang ada di lemari.

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

Kali ini dia memecahkan masalah yang terkait kekotoran lantai dengan cara mengambil lap sendiri dan membersihkannya. Pun demikian dengan sisa konsumsinya yang berupa kantung plastik pembungkus eskrim dan makanannya, dia pisahkan ke tempat sampah anorganik di dapur.

Menciptakan sesuatu dg angka dan penalaran

Syahid membuat perhitungan sederhana dengan bermain (ini apa ya namanya -_-) pokoknya itu deh wkwkwk.

Syahid mampu menghitung dari satuan nol (kosong) hingga sepuluh bijian berurutan dan lima puluh per sepuluh bijian.

Mengenal konsep yang sifatnya kuantitas

Pulang sekolah, dia mengambil sekotak paket genius calistung yang sebenarnya saya keep dulu jaga-jaga kalau usianya udah 6 tahun.

Namun karena udah ketahuan yaudahlah dia gunakan. Kali ini permainannya tebak-tebak angka. Saya ambil flashcard angka dan dia yang mengambil dan menebaknya sendiri.

Ada case yang agak amazing yang MEMBUAT SAYA TERKEJOEETT!

Yaituu, ketika saya ambil random cardnya, saya tujukan untuknya untuk menyebutkan angka 4 namun dia jawab “Mi itu huruf h kecil”, ternyata benar yang saya ambil salah, kemudian saya ambil yang bertulis angka 4 dan dia menjawab dengan benar. Secara konsep bentuk, simbol dan angka sudah khatam ya nak, alhamdulillah. Aku terharu lho nak :’)

Menggunakan simbol abstrak untuk menunjukkan konkret

Syahid membuat gedung tinggi dari lego basicnya. Selain itu, dia menunjukkan juga coretannay di tembok dan ia katakan itu tiang listrik karyanya 😀

Benar-benar imajinasinya lagi berkembang besar-besaran ya.

Mampu menjawab dan bernarasi singkat tentang projectnya.

Project hari ini masih random, seputar tiang listrik, gedung tinggi dan tentu pasuka buah dan bahan kuenya yang dia imajikan dari buku-buku serta ilustrasi. Ceritanya lompat kesana kemari hingga dia tertidur, katanya enggak mau jauh-jauh dari ‘meja umi kerja’ dan tada… Syahid tidur siang di bean bag sebelah meja kerja saya. Hihi.

Kemudian saya pindahkan ke kamarnya sendiri agar lelap dan nyaman bobo siangnya. Fyi, Syahid sudah mandiri tidur sendiri, terpisah kamarnya dengan kamar saya.

Berikut laporan secara tabel untuk hari ini. Semoga hari esok lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *