Game Bunda Sayang #BunSay Level 6 #Day 16 : Menstimulasi Anak Suka Matematika

Day 16

Hari ini Syahid bangun pukul 4 pagi dan langsung dimandiin sama abi karena dia ngompol uwooww. Terus? ke masjid, subuh. Setelah itu, main, sarapan dan sekitar pukul 9 pagi dia ngantuk, pukul 9.30 bobo lagi, bangun pukul 11.30 bangun.

Sebelum abi berangkat kerja, tadi Syahid minta gambar. Jadilah dia rekues apapun, abi yang menggambarkannya. Menggunakan spidol dan dibubuhkan di halaman belakang kalender.

Memahami pola-pola hubungan, sebab-akibat.

hari ini, Syahid belajar tentang relasi dan berbagi. Sore hari tadi setelah asar, dia kesepian. Kemudian mencari teman. Karena belum ada yang bermain (biasanya terdengar di gang sebelah) Syahid memilih berbagi makanan ke kucing liar. Selesai itu, ada teman-temannya main, dia ikutan main. Menjelang maghrib, dia pulang, mencari saya. Bermain bersama.

Selain itu, Syahid juga belajar montessorian, sensoris dan motorik. Detailnya di sub bab selanjutnya.

Bereksperimen mengungkap fakta

Syahid membuat alat bunyi-bunyian, awlanya dari botol dia pukul kemudian dia isi dengan biji lada dan beras. Alhasil beda-beda bunyinya.

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

Problem hari ini, ketika dia mau memasukkan batu kedalam botol tidak bisa. Solusinya dia cari bentuk botol yang ukurannya muat dengan batu tsb.

Menciptakan sesuatu dg angka dan penalaran

Mengambil kerikil dan dia jajarkan serta bentuk.

Mengenal konsep yang sifatnya kuantitas

Menjajarkan kerikil dan dia hitung jumlahnya.

Menggunakan simbol abstrak untuk menunjukkan konkret

Syahid menunjukkan gambar abstraknya dan menceritakan isinya, yakni gambar truk molen pengaduk semen.

Mampu menjawab dan bernarasi singkat tentang projectnya.

Project hari ini, membuat gunung api. Ternyata dia bikn gundukan tanah dikelilingi batuan kerikil di sekitarnya. Syahid ceritakan itu maksudnya, ditambah dengan narasi angin kencang (ditiup-tiupnya).

Demikian agenda hari ini. Tak terasa esok game hari 17.

Tinggalkan Balasan