2.06 BUNSAY LEVEL 6 DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 6 #Day 9 : Menstimulasi Anak Suka Matematika

Day 9.

Hari ini Syahid luar biasa membuatku terharu, dia sangat mandiri dan belajar sendiri. Selain membantu melayani, setiap saya haus dia sediakan minum, juga menghibur ketika sudah buntu (akibat pekerjaan yang tertunda, jadi semua saya selesaikan hari ini bertumpuk).

Syahid mengerjakan semuanya dengan baik, mulai pagi dia bermain meteran belajar mengukur, siang nonton dan baca buku angka. Padahal tidak saya minta, itu dia memilih sendiri. Dan malam ini dia belajar angka tapi menggunakan bahasa inggris, membuatku berkaca-kaca.

Pencapaian hari ini :

Memahami pola-pola hubungan, sebab-akibat : Syahid memahami jika selesai mandi kedinginan jika tidak segera berganti baju dan melapnya menggunakan handuk. Pun saat kebelet pipis, dia segera ke kamar mandi, menyiram pipisnya dan cebok sendiri. Katanya, “Mi harus bersih, jika tidak, maka bau.”

Bereksperimen mengungkap fakta : Kali ini dia mencoba meniru project yang di jalan. membuat gorong-gorong dan juga tiang listrik, sempat drama karena saya enggak paham maunya apa. Tapi kemudian kami baikan lagi.

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving) : ini terjadi ketika projectnya gagal, gorong-gorong dari botol terjepit di headben kasur. Saya tidak bisa mengabilnya karena berat, namun entah bagaimana caranya-saya enggak memperhatikan, tiba-tiba Syahid menghampiri saya dan tersenyum karena botol gorong-gorongnya sudah ada di tangan. Melihat bajunya penuh debu dan kotor saya bisa pastikan dia menerabas ranjang bawah wkwkwk.

Menciptakan sesuatu dg angka dan penalaran : ini projectnya tadi, dia hitung juga. Alhamdulillah Syahid juga suka ngoprek  papan ressa yang angka-angka.

Mengenal konsep yang sifatnya kuantitas : sudah khatam 1-12 dalam bahasa inggris dan indonesia serta bentuknya dan penggunaannya.

Menggunakan simbol abstrak untuk menunjukkan konkret : Syahid menggunakan jarinya ketika saya minta cium, dia mengacungkan angka 3 (jari telunjuk, tengah dan manis) ketika tadi saya cium. Maksudnya hanya 3 bagian saja, sekali pipi kiri, sekali kanan dan jidat. wkwkwkk.

Mampu menjawab dan bernarasi singkat tentang projectnya.: ini sampai saya bosan, enggak hanya project, pun cerita dari video, buku dan film tentang angka Syahid ulang terus -_-

Berikut tabel untuk hari ni, full good job untuknya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *