DAILY

Game Bunda Sayang #BunSay Level 8 #Day 7 : Cerdas Finansial Sejak Dini

Introduction

Mengucap kata ‘Alhamdulillah’ sungguh ringan namun bagi anak balita, hal ini perlu dipahamkan mengapa harus mengucapkan kata ‘Alhamdulillah’.

Sebelum mengenalkan kata-kata baik, rasa syukur itu perlu dikembangkan ke anak. Khusus day 7 ini saya fokus untuk menjelaskan kata ‘Alhamdulillah’ ada pada hadist Rasulullah, yang dijelaskan oleh Zaky little bear.

Saya ajak anak untuk menonton ini (sehingga enggak ada dokumentasi foto dia untuk hari ini).

Setelah itu, saya ajak dia bernyanyi kemudian barulah masuk ke agenda penjelasan.

Kegiatan yang Dilakukan (day 7)

Hari ini Syahid PAUD (sekolah senin). Sehingga dia berangkat -walaupun kesiangan- dan ujian untuk memutuskan pilihan jajan atau enggak, saya berikan padanya. Saya sendiri membawa uang sebagai jaga-jaga apakah dia jajan atau enggak. Ternyata hingga pulang, Syahid enggak jajan, dia saya ingatkan juga bahwa di rumah masih ada kue dan susu yang sudah dibeli bersama Abi.

Kemudian dia minum susu, berganti pakaian, bobo, bermain dan menulis ketika di rumah. Sore harinya saya tunjukkan video lagu ini yang sebelumnya sudah saya terangkan makna kata ‘Alhamdulillah’.

Selesai mandi, Syahid duduk untuk minum dan ngemil di mejanya, saat dia mendengar air di kamar mandi penuh langsung respek berdiri dan mematikan airnya, sementara saya sendiri masih mencuci piring. Alhamdulillah.

Kemudian teringat kata ‘Alhamdulillah’ saya mulai kenalkan dan ajarkan padanya bahwa kita harus bersyukur karena masih bisa berwudu menggunakan air.

Alhamdulillah juga, Syahid juga suka mengamati semut yang setiap hari berjalan diatas lantai di rumah (untuk mencari makan). Seringkali dia terkesima setiap melihat serangga atau bahkan binatang kecil lainnya. Maka kata ‘Alhamdulillah’ ini kami sematkan sebab masih bisa melihat dengan jelas, Allah karuniakan mata yang sehat.

Alhamdulillah juga setiap hari bisa mendengar dan mengaji Alqur’an.

Dan masih banyak lagi. Intinya, penting dan sangat butuh bagi kita mengucapkan rasa syukur setiap hari kepada Allah dengan mengucapkan Alahmdulillah.

Laporan Observasi Day – 7

Tanggal Observasi : Senin, 25 November 2019

  • Mengenalkan konsep rezeki melalui dialog, lagu atau cerita (Ya).
  • Mengenalkan konsep uang sebagai nilai tukar (No)
  • Mengajak anak membuat list budget belanja (No)
  • Mengarahkan anak untuk berbelanja sesuai list/kebutuhannya (No)
  • Mengenalkan konsep uang jajan vs uang saku (No)
  • Mengenalkan konsep earn money secara sederhana (No)
  • Melibatkan anak dalam membuat planning (No)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *