4. BUNDA SALIHA INSTITUT IBU PROFESIONAL

JURNAL BUNDA SALIHA BATCH 2 #Materi ke-6 : Aksi untuk Solusi

Pada jurnal ke-6, tugasnya memang cukup panjang, tiga pekan. Namun saya setorkan sepekan sebelum penutupan jurnal supaya lega aja. Kali ini saatnya beraksi untuk solusi.

Seperti yang kita tahu, problem statement awal dari gerakan ini adalah Inner Child. Tidak terputus pada diri, tapi sudah lama sebenarnya menyuarakannya. Bedanya, tahun 2023 ini mulai dibentuk tim dan tak lagi sendiri.

Saat ini hingga akhir tahun, kami fokus untuk melakukan edukasi menggunakan platform media sosial dan podcast. Adapun untuk berkoordinasi, kami menggunakan platform Discord. Selain lebih mobile friendly, discord memang lebih ringkas, simple aja. Bisa di-search menggunakan hashtag-hashtag juga. Sebagai pengguna sosial media, discord related dengan keseharian kita.

Nah, sebelum memulai aksi, saya menyuarakan kembali podcast untuk pengenalan program suara inner child. Berikut ini suara saya yang sudah tayang pada siniar edisi Oktober tanggal 17 kemarin.

Saatnya membuat jurnal~

Gantt Chart

Hmmm, jujur aja, saya enggak ngerti-ngerti amat sama chart ini. Walaupun sudah diberi template excel oleh teman seperkuliahan untu kdiutak-atik, tetap saja, saya lieur. Sebenarnya karena program suara inner child ini emang simple, fokus di podcast, jadi ya saya juga bingung memasukkan ke tabel dan menganalisanya.

Maka, sambil jalan aja, tim saya juga sedang menyesuaikan ritmenya ke depan. Jadilah hasil gantt chartnya seperti ini, hanya mengisi template dari kelas aja.

Kita memulainya dari pekan ke-3 alias tanggal 16 Oktober 2023.

Dan tentunya untuk bulan November 2023, masing loading ya.

To do List & Agenda

Sesuai dengan judulnya, apa saja yang akan dikerjakan, maka tabel ini kami breakdown per individu. Tapi ini masih sangat fleksibel, ke depannya tinggal menambahkan dan cek lagi waktu-waktu yang diinput satu per satu.

Nikmah

Saya sebagai leader, tentu perlu mengarahkan kapan rapat dan membuat timeline. Selain itu, saya lebih fokus ke konten podcast dan produksinya.

Dini

Teh Dini ini sebenarnya sebagai expert juga dan memiliki potensi banyak juga untuk mengisi aneka platform. Namun karena jadwalnya beliau memang padat, jadilah perlu tektokan lagi dan masih sangat fleksibel untuk list to do ke depan. Tapi karena sejak awal ‘melamar’ di bagian podcast, maka fokusnya untuk beberapa pekan ini masih disini, produksi podcast bersama saya.

Risma

Kemungkinan yang paling padat dan banyak ini Ceu Risma. Karena selain membuat disain, juga menyusun konten serta handle 2 program lain yang soon running jika sudah siap (love letter & post it).

Untuk agendanya juga masih beradaptasi, pekan ini mulai dirunning. Mudah-mudahan lancar. Amiin.

Sella

Mbak Sella ini psikolog klinis, satu-satunya expert di bidang ilmu psikologi. Mbak Sella juga sangat sibuk, jadi masih menyesuaikan ritme dan rencana ke depan memang akan sharing keilmuannya beliau. Tapi belum fixed. Mbak Sella handle di projects ‘Pojok Curhat’.

Hunting

Di part ini sebenarnya tidak ada kendala yang berarti, selain waktu dan tektokan ritmenya aja. Semua sudah bekerja pada jobdesk dan list to do yang cukup padat ya.

Alhamdulillah, untuk list to do dan agenda sudah mulai terlihat bentuknya. Adapun hasilnya, nanti akan saya updated di akhir bulan Oktober ya. Stay here. Mudah-mudahan suara inner child mulai menggema lagi dan memberi arti.

[Updates 30 Oktober 2023]

Konten podcast terlaksana dengan baik, konten Ig juga demikian, Alhamdulillah. Akan ada live IG dengan expert sesi #pojokcurhat tanggal 3 November 2023 nanti, stay tune ya~

Tinggalkan Balasan