3.2 BUNCEK ULAT-ULAT IBU PROFESIONAL

Jurnal Pekan 5 – Tahap Ulat Bunda Cekatan – Camping Ground

Pekan kelima ini, belajar konsep berkomunitas sekaligus mengasah kepekaan. Disini, kita berkumpul dalam keluarga yang saling berbagi makanan, namun tiba di hutan pinus, berhenti sejenak untuk menengok kawan yang lain, apakah mereka sudah kenyang atau belum, dalam hal ini mengasah kepedulian ke sesama penjelajah walau berbeda peta belajar.

Saya pun berkeliling, berkenalan, saya menggunakan google form. Alhamdulillah ada 30 responden dari teman-teman yang tersebar dari berbagai regu.

Dari regu itu, ada beberapa yang satu keluarga dan ada juga yang tidak. Berikut ini saya tampilkan hasil grafik perolehan dari ‘obrolan’ ke sekitar, selama berada di hutan pinus.

Asal Keluarga

Dari 30 teman yang berkenalan, terbanyak berasal dari keluarga saya sendiri, keluarga manajemen waktu. Sisanya tersebar dari berbagai keluarga, mulai dari parenting, memasak, ilmu agama, ilustrasi disain, literasi, manajemen keuangan, manajemen waktu, bisnis dan menata rumah. Berikut ini jumlah dan grafik sebarannya :

Live FB (Go-Live) Favoritnya

Dari seluruh keluarga itu, mereka mencantumkan satu per satu live FB Favorit dan alasannya. Sebagai berikut (saya gunakan nama panggilannya ya) :

  1. Siti : Jadi bingung juga mbak,, karna saya juga belum nonton semua live FBGnya. Dan memang saya cuma nonton yg ada kaitannya dengan berbenah dan managemen waktu berbenah. Jadi klo dari yang sudah saya tonton, saya suka live nya teh Nita tentang Tips Mewujudkan Rumah Impian. Karna menurut saya selain tema yg disampaikan bagus dan sesuai kebutuhan saya, beliau juga terlihat sangat matang dalam persiapannya.
  2. Ahsani : Mba Adhe safitri tentang business model canvas
  3. Irma : Mbak Fitri Wulandari. Alasannya karna mbak Fitri sharing sederhana tentang gimana sih kalo kita lagi down berbisnis. Itu menancap sangat
  4. Tia : Membuat ilustrasi yang bercerita, karena sesuai dengan kebutuhan
  5. Arri : Mbak Rica, bahas konten kreatif. Itu paling mendekati makanan utamaku. Beririsan soalnya. Penjelasannya mudah dipahami dan diaplikasikan.
  6. Nikmah Noor : Bunda An-Nur karena mengupas “Manajemen Waktu ala Rasulullah”
  7. Rizza : Sejauh ini go live favoritku itu dari mba sarwoendah mba.. siswi keluarga manajemen emosi juga.. temanya mengenai hadir, sadar, sepakat sebuah seni kendali diri. Suka live ini karena mengena dan sesuai dengan tujuan topik prta belajarku.
  8. Indah : Dari mb.devi,, krn merupakan makanan utama dr kluarga
  9. Uwie : Manajemen waktu Rasulullah dari mbak Annur, masih beririsan dengan mindmap
  10. Hesti : FB Live Dian Mariesta
  11. Rizka : Literasi. Pas sama map dn paham
  12. Una : Menulis nonfiksi dan ujian sertifikasi
  13. Ari Kusumaningsih : Penulisan non fiksi dan sertifikasi
  14. Ari Fatimah : Karena fokusnya di fiksi, jadi favoritku go livenya Mba Dian
  15. Pipih : Betul sih teh terfavorit yaa menurut genre nya, hehe aku favoritnya parenting, karena sudah pasti itu makanan kebutuhan aku juga.
  16. Sitra : Management waktu & gadget bagi ibu produktif & minimalist time management ( karena memang sesuai dengan peta belajar, gamau banyak lirik sana sini takut gumoh 😂 )
  17. Evi : Live FB Favorit adalah tentang Bagaimana cara mengenal emosi
  18. Lina : Tarisa Makina (Mengenal dan Mengendalikan Emosi)
  19. Ira : Mengendalikan Mood Swing dengan Hadir, Sadar, Sepakat by Sarwendah : Suka ini karena penjelasan cukup mudah dipraktekkan langsung menurut saya. Dan Tips Manajemen waktu & gadget nya mba Icha
  20. Pipit : Perencanaan keuangan
  21. Raisa : Manajemen investasi untuk keluarga, karena sesuai dengan makanan yang diperlukan
  22. Vanny : Mba Icha, krn dari grup sendiri dan summary materi
  23. Syifa : Favorit saya ttg bebenah rumah dari Teh Nita, karena cocok dgn kebutuhan aja gt, wkwk
  24. Dessy : Manajemen Waktu dan Gadget dunk.. karena memang lagi mau fokus ke situ.
  25. Ayyum : Diriku cuma nonton 1 full video. Alasannya kmrn msh fokus sama makanan dr luar kebun apel. Jd yg ditonton yg nyangkut ke yg fokus manajemen waktu ala Rasulullah SAW yg dibawakan Annur. Favorit deh, sumber kami dari Ust.Harry. Hehhe. Dy melengkapi ilmu sirohnya.
  26. Riska : mengapa ibu ranah domestik perlu manajemen waktu, karena sesuai dengan peta belajarku
  27. Tiwi : Icha atmadi, live dibawakan dengan renyah dan sesuai dg yg makanan yg kubutuhkan
  28. Kesa : Seni Menyiapkan Makanan Sehat untuk bekal nutrisi keluarga di rumah
  29. Fina : “Sehat dg foodprep dan fridge organising oleh mb Bhekti. Alasannya : baru nonton itu yg sesuai peta. Yang laennya pengin tapi blm ada luang, nyari yg sesuai kebutuhan dulu”
  30. Rifa : Teh Elma Fitria… Menumbuhkan anak selaras fitrah sejak bayi hingga baligh karena sesuai dengan peta belajar

Apakah Teman-teman saya Sudah Kenyang?

Ternyata setengah dari teman saya ada yang masih lapar walau sudah menonton Go-Live. Sebanyak 16 orang yang masih membutuhkan makan. Oleh karena itu, saya tanya terlebih dahulu, makanan apa yang mereka butuhkan.

Makanan Apa yang Dibutuhkan teman saya?

Setelah menelisik satu demi satu, saya cantumkan di sini, makanan yang mereka butuhkan, sesuai dengan nama panggilan masing-masing :

  1. Siti : Sementara aku mau ngunyah apel yg ada dulu deh mbak,, takut keselek,, 😂
  2. Ahsani : –
  3. Irma : Karena intinya ini praktek, sambil praktek, nanti kalo adabyh bingung baru tanya hehe
  4. Tia : Hmm apa ya? Referensi mungkin? 😅
  5. Arri : Alhamdulilah. Cukup, terima kasih mbakkk
  6. Nikmah Noor : Boleh. Bisa minta share makanan kesukaan mbak Nikmah?
  7. Rizza : Mba nikmah sudah membagi apel dengan ngasih aku salah satu cara self healing nih.. makasih ya mba.. 🤗
  8. Indah : Saya mau cara mengatur management gadget mbak.
  9. Uwie : Meditasi untuk relaksasi
  10. Hesti : Ilmu blogging
  11. Rizka “: –
  12. Una : Ilmu menulis mbaaa dong mbaa.. love banget sm mbaaaaa sejak awal buncek selalu liat tulisan mba😘😘😍
  13. Ari K : Mbak Nikmah sudah share apel di keluarga literasi, tentang blog. Alhamdulillah. Terima kasih mbak Nikmah.
  14. Ari F : Soal editing, Membangun cerita yang tidak membosankan, dan list penerbit mayor.
  15. Pipih : Tentang stimulus perkembangan anak
  16. Sitra : Alhamdulillah merasa tercerahkan setelah td nonton go live nya 🥰
  17. Evi : Mau…
  18. Lina : Saya belum melahap dengan baik ilmu tentang manajemen waktu..
  19. Ira : Makasih mba Nikmah tawarannya
  20. Pipit : Untuk sementara cukup karena makanan utama belum habis dikunyah
  21. Raisa : Sudah cukup terimakasih 🤗
  22. Vanny : Share resensi buku terus bisa koq mba 🤭
  23. Syifa : Ngga usah mbak, makasih :)))
  24. Dessy : “Boleeh bangeeed.. dirimu super kumplit referensi nya.. love it. Suwun sanged.. banyak belajar dari mbak Nikmah.. Baarakallahu fiik mbaak.. ♥️”
  25. Ayyum : Diriku penasaran cara bacanya mb Nikmah gmn? Teknis bikin tulisan di blognya gmn bisa super duper lengkap gtu.. Dicicil apa gmn.. Apa blognya mb Nikmah sdh dimonetisasi? Klo udh, gmn caranya.. Mau saran buat yang mau jadi penulis donk mb.. Hehe
  26. Riska : Tentang literasi
  27. Tiwi : Boleh, apa saja yg bisa mba bagikan. Terima kasih
  28. Kesa : Boleh banget 🙂
  29. Fina : “Resep simple sehat, cemilan sehat, salad dressing. Barangkali punya :)”
  30. Rifa : Iya… perlu ilmu cara merangkum go live yang cepat dan tepat…

Selanjutnya Bagaimana Nik?

Untuk kebutuhan teman-temanku di atas, insyaa Allah saya siapkan. Nanti saya reply jika sudah luang. Terima kasih teman-temanku sayang sudah membantu berbagi kisah.

Lalu, makanan utama pekan ini, apa?

Saya masih makan, tentang mind mapping buku. Sudah saya tuliskan di sini.

https://khoirunnikmah.com/review-buku-mind-map-mastery-by-tony-buzan/

Dan sempat Go-Live juga.

saya resume di https://khoirunnikmah.com/minimalist-time-management/

Alhamdulillah untuk pekan ke-5 tasnya nambah badge lagi dan petanya sudah tercoret 90% sehingga tas mulai terisi penuh makanan utama saya.

Alhamdulillah…

Tinggalkan Balasan