DAILY

Jurnal Tahap Kupu-Kupu Pekan 4

Pekan ini mulai check-in. Yakni proses saling menanyakan, double check terhadap perjalanan sepanjang 3 pekan sebelumnya. Bagi saya, pekan ke-4 ini merupakan pekan memulai untuk berlari lebih cepat beriapp berlari lebih cepat

Hal-hal yang perlu digali pekan ini adalah :

Setidaknya ada 3 : eksplorasi, pemahaman baru dan action plan.

Hal-hal yang didiskusikan meliputi keterbukaan dan menentukan prioritas.

Pertemuan dengan Mentor

Pekan ini saya bagi menjadi 3 hal sub-topik sesuai petunjuk check-in yakni : eksplorasi tujuan, waktu kesepakatan dan pemahaman baru yang saya dapatkan.

Eksplorasi Tujuan

Tujuan utama saya sudah clear dari pekan kedua proses kupu-kupu. Mentor memberikan kebebasan terkait hal yang saya fokuskan.

Mentor saya, mbak Kamilah benar-benar totalitas dalam mendukung proses serta tujuan saya di topik yang beliau tawarkan. Bahkan, mengirimkan (memberi) tools yang saya memang belum punya (Birthing ball), dan tak diduga-duga juga mengirimkan beberapa buku yang saya butuhkan. Surprisingly!

Waktu Pendampingan Menjadi Prioritas Bersama

Pekan ini, kami bertemu lagi melalui link zoom yang mbak Kamilah siapkan setiap Selasa siang. Pertemuan di tanggal 29 Juni 2021 berlangsung dari pukul 13.30-14.20 WIB. Kami berdiskusi, saling check-in serta tentu saja saya berkonsultasi. Jadwal ini sudah menjadi rutin, kebutuhan saya pribadi untuk berdiskusi di awal waktu supaya di hari-hari selanjutnya tinggal melahap berbagai ilmu dari buku yang Mbak Kamilah berikan. Sejak awal pun demikian. Karena keluangan waktu Mbak Kamilah juga tepat di Selasa siang.

Kesimpulan dari diskusi kemarin adalah saya perlu melakukan perubahan kebiasaan yang memang tak mudah. Karena bumil jadi lebih mudah ngantuk, pelan-pelan saya harus mengubah ritme serta menguatkan Ruhiyah untuk menguatkan batin dan fisik sepanjang hari. Pondasinya adalah perbaikan shalat.

Pemahaman Baru dari Mentor

Ada sebuah pelajaran penting yang saya dapatkan kemarin, terkait istilah knowledge is power. Sejatinya power itu sendiri adalah datangnya dari Allah, maka kunci utama bukanlah knowledge itu sendiri, melainkan bagaimana kedekatan kita kepada Allah, itu yang akan menentukan jalan ke depan. MasyaaAllah.

Action Plan

Sebab diskusi kemarin cukup menguras air mata dan tertampar berkali-kali namun melegakan di akhirnya. Ke depan, fokus saya mulai nyicil perbaikan habit kecil (micro habit) di fase kehamilan ini. Sebab kuncinya memang perbaikan kebiasaan, terutama perbaikan ibadah serta fisik. Alhamdulillah, sudah mulai saya endapkan untuk diterapkan. Walau lagi-lagi, tidak mudah . Harus satu per satu.

Diskusi pertemuan dengan mentor di pekan ke-4 super padat, efisien dan optimal. Diskusi ditutup dengan doa, istighfar dan hamdalah.


Pertemuan dengan Mentee

Pekan ini, sengaja saya berikan feedback check-in lebih cepat, Selasa 29 Juni 2021. Biasanya saya eksekusi mentee 1 di Rabu dan mentee 2 di Kamis. Namun saya majukan supaya lebih banyak ruang diskusi dan waktu pekan ini karena sudah mulai membahas teknis.

Check-in dari Mbak Dian Ariesta :

Alhamdulillah sudah masuk pekan ke-4. Sebelum masuk ke materi menulis dengan Authority, saya ingin mengajak mbak Nikmah berdiskusi atas apa yang dimintakan oleh Magika.

Alhamdulillah.. Saya sangat nyaman berdiskusi dengan mbak Nikmah. Walaupun kita baru mulai intens materi pekan lalu, tapi kok rasanya pekan lalu saya banyaaaak sekali mendapatkan insight dari mbak Nikmah. Jazakillahu Khair untuk ini mbak. Dalam pembahasannya. Pertanyaan saya yang seabreg sudah dijawab hampir keseluruhannya.

Terkait waktu pendampingan dengan mbak Nikmah, menurut saya juga sudah sangat pas dan cocok untuk saya. Harapannya juga cocok untuk mbak. Jika ditengah jalan mbak Nikmah ada request untuk mengubah cara berkomunikasi atau mungkin jamnya, feel free to let me know ya mbak. Saya ngikut dengan keluangan waktu mbak Nikmah saja.

Terkait daftar prioritas, pekan ini berarti kita bisa mulai masuk materi Menulis Authoritynya ya mbak. Udah gak sabar
.

Check-in dari Mbak Chendra Puji :

alhamdulillaah saya tidak memiliki kendala apapun selama mentoring dengan Mbak. Malah saya sangat sangat terbantu dengan segala saran dan masukan dari Mbak selama kita berada di program mentorship ini.

Eksplorasi sebagai Mentor

Fokus utama saya untuk mentee ada pada pekan ini dan selanjutnya adalah melatih diri menulis dengan authority. Di pekan 4 saya berbagi cerita melalui YouTube link dan juga tautan blog yang berkaitan dengan apa yang dibahas.

Dan juga tautan ini yang saya lampirkan pada deskripsi video.

Selanjutnya saya arahkan untuk japri ke WhatsApp jika memang membutuhkan diskusi lebih intensif sebab saya jarang membuka Facebook.

Adapun berkaitan dengan penilaian diri terhadap mentee. Keduanya cukup mandiri dan antusias sepanjang proses, tidak merepotkan dan lebih care serta memaklumi kondisi saya yang sedang hamil. Terima kasih ❤️

Demikian jurnal pekan ini. Pekan pertengahan yang menuju arena lebih cepat untuk terbang lebih cekatan. InsyaaAllah mulai pekan depan, semua yang saya bagikan sifatnya akan lebih praktikal atau teknis.

Kesimpulan Proses Pekan ke-4

Alhamdulillah proses check-in berjalan lancar. Sudah masuk ke tujuan dan semakin berproses. Bismillah, baik saya sebagai mentee maupun mentor, semoga ke depan bisa lebih optimal InsyaaAllah. Amiin Allahumma amiin 🤲🏽.

Tinggalkan Balasan