3. BUNDA PRODUKTIF INSTITUT IBU PROFESIONAL

Jurnal X – Extra Miles Bagian 2

Alhamdulillah, mulai setoran jurnal lagi setelah semarak KIP lalu kalender akademik libur.

Oia, ini twibbon saya, saat menyambut KIP kemarin.

Hari ini, saya lagi thawaf, alias muter-muter keliling mall seharian supaya bisa turun panggul janin didalam perut. Di sela-sela jalan kaki itu, saya nyambi cek grup cohousing, ada pembahasan terkait jurnal. Alhamdulillah, ternyata sudah bisa submit. Karena baru ngeuh juga, selama ini grup ramai membahas project passion sehingga agak ‘luput’ dari pandangan itu tugas jurnal bundpronya. πŸ˜† Terima kasih teman-teman yang saling mengingatkan.

Sesuai dengan arahan jurnal part 2 zona-X. Kali ini, saya ingin menceritakan beberapa poin yang diminta oleh Mardika ‘apa-apa saja’ yang perlu dicantumkan dalam jurnal :

  1. Proses parade project passion.
  2. Semarak KIP di kota.
  3. Keikutsertaan mengikuti KIP (sebagai peserta).

Parade Project Passion

Sepanjang parade Project Passion, Selasar Aksara sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk keperluan video promosi serta profil. Teman-teman sudah rekaman jauh sebelum modul selesai. Bahkan ada juga yang sudah menuntaskan slide presentasi sekalian membuat video perkenalan.

Setelah semua video terkumpul, kami kompilasi dan menampilkannya dalam bentuk profil project, diiringi dengan mengunggah iklan produk (berupa kelas kepenulisan) serta melakukan launching bersama tim.

Benar-benar ‘resmi’ dimulai, dibuka dari tanggal 9 Desember 2021. Dengan membuat agenda peluncuran kelas pembuka projects passion, ‘SAU – Selasar Aksara Unboxing’ berbentuk pelatihan gratis penunjang PP melalui facebook hexalink.

Dari 9 personil cohousing, kami menampilkan 3 orang yang mengampu proses launching di depan layar. Yaitu leader, Mbak Shinta dan diikuti oleh Mbak Evi dan Mbak Erna. Alhamdulillah, agenda berjalan lancar.

Selanjutnya, kami mulai promosi di beberapa platform :

Grup FB Hexalink

Diunggah pada tanggal 13 Desember 2021.

Grup Bunda Produktif batch 2

Berbentuk postingan berantai per cohousing, dalam semarak parade Project Passion. Selasar Aksara diunggah pada tanggal 15 Desember 2021.

Grup WhatsApp Klaster Gugus Impian

Berupa diskusi dan pengenalan di tanggal 16 Desember 2021.

Marketplace Hexamarket

Terdapat pada tautan https://hexamarket.ngorder.id/category/selasar-aksara-99252

Project passion kami terdiri dari 4 rangkaian agenda, 2 rangkaian gratis (pembuka dan penutup), dan 2 lainnya berbayar. Itupun sungguh sangat murah luar biasa ya. Kayaknya enggak bakal ada lagi kelas sekomplet dan seterjangkau itu di luar sana.

Pada hexamarket link order, kami sediakan 3 pilihan. Kelas fiksi (tiga puluh ribu rupiah), kelas berlangsung satu bulan penuh, kelas non-fiksi (tiga puluh rupiah juga), berlangsung satu bulan penuh juga, dan kelas bundling, jika ingin memngikuti keduanya (lima puluh ribu rupiah). Terbuka untuk umum ya.

Semarak KIP di Kota

Bulan Desember memang bulannya Ibu Profesional, selain karena bertepatan dengan hari Ibu, tanggal 22, juga ada rangkaian acara virtual yang disebut dengan Konferensi Ibu Pembaharu (KIP). Acara berlangsung sepanjang 6 hari, dimulai tanggal 17 dan puncaknya di malam hari tanggal 22 Desember 2021.

Kondisi di Kota Hexagon, juga tak kalah seru. Para jajaran city Leaders membuka beberapa tantangan berupa lomba yang bisa diikuti oleh hexagonia. Salah satunya kepenulisan, saya megikuti lomba tersebut Dan hanya daftar saja, sampai pada H-1 diingatkan oleh Mbak Yuna, salah satu jajaran city leader, untuk mengunggah tulisan pada tautan yang sudah disediakan. Langsung deh saya teringat dan pontang-panting mengerjakan.

Tidak disangka-sangka, ketika diumumkan, saya menang juara 1. Ditambah lagi, saya dihubungi mbak Shinta, leader di cohousing saya untuk menerima beasiswa KIP. Sehingga saya bisa mengikuti rangkaian acaranya secara gratis (anggota VIP) melalui jalur beasiswa tersebut. MasyaaAllah, rezekiii. Sempat saya bagikan di sini.

Dari mengikuti lomba semarak KIP yang diadakan oleh city leader, saya mendapatkan hadiah berupa voucher. Dari voucher itu, saya belanjakan produk di hexamarket.

Semarak KIP

Hari yang riuh, tanggal 17 Desember 2021 pun tiba. Saya mengikuti KIP dari beasiswa yang diberikan oleh IP dengan penuh gembira. Supaya tidak sia-sia, saya mendaftarkan diri juga sebagai wartawan KLIP (kelas literasi ibu profesional). Keputusan itu pun terlintas begitu saja di hari-H. Tepatnya setelah peresmian KIP, tanggal 18 Desember 2021. Tugasnya melaporkan hal-hal yang dilakukan, menceritakan insight apa saja yang diperoleh sepanjang KIP berlangsung. Minimal 1 setoran atau 1 tulisan, deadline 31 Desember 2021.

Setelah memasukkan data keikutsertaan pada G-Form, malam itu juga saya masuk kedalam grup melalui link yang tertera pada halaman terakhir pendaftaran.

Sejak malam itu juga, saya mulai membuat tulisan. Mengunggahnya satu demi satu di blog ini. Semua laporan saya ceritakan pada 12 artikel yang sambung menyambung dalam 1 kategori post blog : https://khoirunnikmah.com/category/iip/kip-iip/

Alhamdulillah, tidak hanya mendapatkan pengetahuan, pengalaman manis, oleh-oleh, hadiah, melainkan lebih dari itu, saya menjadi lebih banyak bersyukur dan bahagia setiap sesinya. Banyak insight serta rasa hangat yang membuka pikiran saya menjadi lebih maju.

Di agenda puncak KIP, 22 Desember 2021, saya mengikuti kuis yang diadakan oleh panitia. Tidak disangka, ternyata menang. MasyaaAllah. Dapat tas rajuuut. Saya tidak tahu kalau menang, karena teriasa tidak mengunduh file jika tidak dimention atau merasa penting. Saya tahunya dari instagram (dimention oleh ibu profesional official), setelah saya telusuri di WAG KIP ternyata benar. MasyaaAllah.

Kini, KIP sudah usai. Namun, akan tetap membekas di hati. DItandai dengan hadirnya sertifikat ini, tentu jejak tahun 2021 tak akan lenyap tanpa arti. Semangat menyambut tahun baru, perbaharui diri, menjadi sosok yang lebih baik lagi. Bersama teman-teman pembaharu, teman-teman hexagonia, serta para ibu pembelajar lainnya, insyaaAllah saya siap untuk terus melakukan transformasi, menuju hidup yang lebih bahagia dan bersemi.

Selamat datang 2022!

Nikmah

Bogor, 31 Desember 2021

Tinggalkan Balasan