3. BUNDA PRODUKTIF INSTITUT IBU PROFESIONAL

Jurnal Zona X – Extra Miles

Welcome December!

Tidak terasa memasuki bulan terakhir di tahun 2021. InsyaaAllah beberapa hari lagi menyambut tahun baru 2022. Berasa banget aura tahun Masehi yang ‘udah ribuan’ ini. Era milenium sudah terlampaui, semoga semakin baik lagi ke depannya menjalani hari-hari.

Pada zona extra Miles Kelas Bunda produktif ini, rasanya disuruh berpacu dan berlari cepat saja. Walaupun realitasnya, saya perlu berhati-hati membagi prioritas sebab kondisi perut kini hamil sudah melalui 8 bulan. Jika tidak ada kendala, perkiraan persalinan berlangsung di akhir bulan ini atau awal Januari nanti.

Lantas, bagaimana projects Passion dijalankan?

Awal mula, kami bersepakat untuk memulai bulan ini, kelas kepenulisan dan disambung langsung dengan kelas non-fiksi. Namun karena beberapa agenda dan kebijakan bulan ini, termasuk adanya rangkaian acara Ibu pembaharu, semua projects ditunda dan kami tangguhkan. Pembukaan tetap 9 Desember, namun untuk kelas intensif, baru dibuka awal Januari nanti. Saya pun memilih untuk non-fiksi di bulan Februari, supaya seandainya sudah lahiran dan selamat, masih ada waktu untuk pemulihan dan adaptasi dengan kondisi.

Pekan ini, saya hanya mampu menyimak materi dari Bu Septi. Cukup berat di kepala, namun saya bawa santai saja. Terpenting ada diskusi dengan grup cohousing, serta mengerjakan habit serta jurnal.

Self Evaluation 24 November-2 Desember 2021

Saya menyadari, membangun habit yang berkaitan dengan projects Passion di cohousing, tentu tidak mudah. Itulah kenapa sejak awal saya memasang target cukup sepekan sekali saja. Dan ternyata memang riil, sepekan sekali bisanya.

Jika dirunutkan, kejadian sepanjang satu pekan ini (Rabu-Kamis).

24 November 2021. Hari itu, saya cek email dan mendapati reminder dari hosting penyedia blog bahwa bulan November menuju expired date untuk laman blog ini (domain+hosting. Jadi, seharian mengurus blog ini. Maklum, tugas kelas saya tuangkan di sini. Selain itu, blog juga menjadi salah satu media saya untuk menulis cerita sehari-hari.

25-26 November 2021. Pada tanggal 25 ada agenda bersama beberapa tetangga untuk mengantar anak-anak ke Cimory Land di Megamendung Puncak. Saat tetangga pulang, sekitar pukul 11, saya, suami dan anak lanjut ke penginapan. Siang sampai sorenya ada agenda di Hotel, suami mengisi materi yang diadakan oleh dinas lingkungan hidup kabupaten Bogor. Sebagai narasumber berturut-turut selama sepekan.

27 November 2021. Kami bertiga pulang karena agenda suami di hotel pertama sudah selesai. Dilanjutkan hari Selasa-Rabu di hotel yang berbeda. Namun di hari itu juga, suami harus ke Tangerang sejak pagi, mengisi agenda lain dan katanya ada temu alumni kelas zerowaste. Saya pun di rumah saja, memanggil jasa perawatan rambut dan wajah. Bumil pun perlu relax.

28 November 2021. Full di rumah. Suami kerja bakti dan beresin kebun. Anak juga ikutan bantu setor ke bank sampah.

29-30 November 2021. Suami berangkat lagi ke puncak di tempat berbeda. LDM lagi jadinya. Saya hanya di rumah, rebahan saja. Karena gampang capai juga kalau gerak kesana kemari.

1-2 Desember 2021. Dua hari ini lah baru aware dengan habit. Saya mulai baca-baca buku kepenulisan lagi.

Extra Mile

Topik jurnal kali ini berkaitan dengan extra Mile atau menambah upaya lebih untuk hasil yang lebih optimal atau berlipat.

Jujur saja, saya bingung saat mengerjakan jurnal ini. Hari ini juga ada diskusi bareng teman-teman cohousing membahas topik zona X pekan ini. Walau belum final, masih pada merenungkan, saya coba kerjakan yang template pribadi. Selanjutnya akan saya update jika sudah sepakat mufakat di hari Jum’at. Sesuai kesepakatan di grup, diskusi lanjutannha hari Jum’at besok siang.

Sambil menunggu setoran teman-teman, saya kerjakan jurnal pribadi berikut.

Project list yang menjadi fokus dan pembahasan setiap hari, meliputi :

  • Jadwal diskusi bareng. Biasanya rutin untuk PP CH di hari Senin siang. Lanjut hari Selasa atau sesempatnya. Sedangkan untuk jurnal dibahas hari Kamis dan Jumat.
  • Membuat modul pelatihan. Ini sudah selesai, hanya kurang editing dan penyempurnaan total.
  • Menyepakati timeline. Ritmenya sudah ketemu, jadwal sudah disusun. Tinggal eksekusinya aja yang menunggu waktu.
  • Rencana kelas launching kepenulisan di tanggal 9 Desember ini.
  • Selanjutnya, kelas berbayar di fiksi dan non-fiksi bulan Januari-Februari 2022.
  • Kemudian kelas penutup setelahnya.

Lalu, dari kuadran effort-impact, bagaimana posisi aktifitas saya?

  1. Thankless task : rasanya tidak ada.
  2. Fill ins : saya rasa di proses editing modul. Tidak ada yang berdampak signifikan, pun tenaganya biasa saja, cenderung santai.
  3. Major Projects : mematuhi jadwal diskusi CH, bagi saya itu so impactful sekaligus menguras energi diri (high effort). Terutama kondisi sedang hamil besar, tak mudah untuk mengikuti ritme jadwal.
  4. Quick Wins : saya merasa paling mudah, membuat modul. Dan modul ini pula yang menjadi sentral dampak PP ke depan. Sebab jika modul tidak selesai, PP tak akan berjalan. Dan saya pribadi menuliskan modul itu hanya butuh waktu satu hari fokus, selesai. Low effort, but high impact.

Ide untuk extramiles.

Saya merasa perlu untuk relaksasi member cohousing sebelum melaksanakan, saat dan sesudah project passion berjalan. Sehingga ide saya untuk mengisi hal tersebut adalah membuat forum yang asyik, santai, di luar pembahasan PP yang setiap waktu mengintai. Terkait template dari CH, saya menunggu hasil diskusi esok. InsyaaAllah saya update jika sudah selesai.

[Updated]

Disain dibuat oleh Mbak Ari. Diisi secara sukarela oleh seluruh member. Saya mengisi di part ‘fill in’.

Demikian untuk jurnal zona X kali ini. Have a nice day!

Tinggalkan Balasan