IBU PROFESIONAL

Kapsul Waktu – Surat Untuk Diriku di Masa Depan

(Time capsule) atau Kapsul waktu adalah sebuah penyimpanan barang atau informasi sejarah, biasanya ditujukan sebagai metode komunikasi dengan orang masa depan dan untuk membantu para arkeolog, antropolog atau sejarawan masa depan.

Wikipedia

Dalam rangka orientasi komunitas Ibu Profesional, terdapat tugas untuk membuat kapsul waktu. Berhubung saya masih ngontrak, paperless dan biasa menyimpan data di onedrive, jadi saya ketik digital dan menyimpannya disana.

Ada di aps-store juga unduh disini.

Kenapa saya simpan disana?

Karena saya sudah biasa menggunakannya dari tahun 2018 lalu. Pasca HP saya ngeflush dan saya kehilangan banyak data, sementara google drive, kapasitasnya sangat terbatas.

Aplikasi onedrive ini bawaan microsoft, jadi sudah ‘nempel otomatis’ di perangkat saya (waktu HP Nokia saya belum saya servis, udah otomatis keep disini) dari ponsel hingga laptop.

Di laptop saya tidak pernah install, namun menempel di menu paling atas. Karena menggunakan windows10.

Dan kapsul waktu saya letakkan disana. Semoga kelak bisa saya baca kembali ya, hehe. Isinya sih random, intinya cerita tentang hari ini, 24 Maret 2020 dan kelak akan saya buka 24 Maret 2030 (sepuluh tahun lagi dari tugas kelas orientasi komunitas Ibu Profesional hari ini).

Isi kapsul waktu saya :

  1. cerita random aktifitas hari ini.
  2. impian hari ini.
  3. kondisi tubuh hari ini.
  4. kondisi finansial.
  5. kondisi anak.
  6. kondisi suami.
  7. kondisi keluarga.
  8. cita-cita.
  9. karya yang sudah published.
  10. karya yang ingin dipublish.
  11. kondisi negara (ini karena epidemi covid19 jadi sekalian saya bahas)

Baik, well done.

Itulah kapsul waktu saya, apa kapsul waktu teman-teman?

Eh btw, seru juga lho kalau misal kapsul waktunya dibuat secara fisik, ada foto, benda-benda di masa itu yang juga disimpan, dan ekspresinya itu lhoo sungguh ekspresif sekaligus bikin deg-degan gitu. Ini saya habis nonton youtubenya, teman-teman bisa nonton juga. Selamat menonton!

1 thought on “Kapsul Waktu – Surat Untuk Diriku di Masa Depan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *