DAILY

Membuat Mandala

Apa itu Mandala?

Mandala artinya lingkaran (bahasa sansekerta), detailnya merupakan konfigurasi geometris dari sebuah simbol. Jika dilihat di masjid, seperti ukiran pada kubahnya, dinding-dinding penyusunnya, ukiran di mihrab hingga bentuk kanan-kirinya. Dalam ibadah umroh atau haji, gerak simetris manusia yang mengelilingi ka’bah juga bagian dari pola mandala.

Mandala kini dikenal lebih luas, tidak hanya berputar di seni arsitektur atau spiritualitas agama semata. Melainkan jauh daripada itu semua, membuat mandala adalah bagian dari terapi, healinga atau penyembuhan stres. Dalam sebuah organisasi atau kelompok kerja, mandala berfungsi untuk melatih kekompakan tim. Jika dalam berumah tangga, menguji kekompakan pasangan.

Hari ini, sore tadi, pukul 4. Suami pulang dari kantor lebih awal, untuk meeting rutin dengan global ecobrick. Tapi, tak seperti biasa, suami mengajak saya untuk mendesain mandala. Syaratnya tidak boleh ada komunikasi, tidak boleh janjian atau saling memaksa menentukan pola. Mengalir saja.

Videonya saya rekam di youtube.

Sebenarnya banyak cara untuk membuat mandala. Bisa dari menggambar, mengumpulkan daun, batu dan berbagai material lainnya. Sedangkan saya dan suami menggunakan material clay (tanah, lempung) karena kebetulan ada sisa adonan tanah dari tugas suami membuat pondasi untuk bangunan ecobrick (lebih banyak tentang ecobrick bisa baca di post blog saya yang ini). Jika tak punya bahan, cukup dengan menggambar. Ya, paling gampang dengan menggambar,

Caranya, pertama-tama bikin goresan gambar, spontan aja, bebas. Bentuknya abstrak, kreatif, tak terduga biasanya. Selanjutnya tinggal mengisi gambar-gambar dengan coretan khusus. Bisa menggabungkan banyak hal sih,

Manfaat Mandala

  1. Dengan menggambar atau membuat pola mandala, kita sama halnya telah mampu mengalihkan perhatian dari kekhawatiran eksternal dan terhubung ke ruang internal kita sendiri. Ini membantu untuk bersantai, menyegarkan dan mengisi dengan energi.
  2. Seni mandala adalah proses pribadi konfrontasi diri dan ekspresi diri, yang tidak bergantung pada orang lain. Dalam mencari makna pengalaman hidup kita, kita dapat duduk kapan saja kita mau, mengambil material alam yang mudah, atau menggambar lingkaran, mengisinya, memahami refleksi dari apa yang terjadi di dalam, dan mencari tahu apa artinya itu.
  3. Melalui mandala kita dapat menemukan di mana energi kita terhalang, apa yang kita tolak, peran dan tindakan apa yang membuat kita terjebak. Atau, misalnya berhasil, kita dapat merayakan keberhasilan kita, menggambarkan hal-hal yang telah mengilhami atau menyentuh kita dalam kehidupan.
  4. Seni mandala dapat membantu kita menemukan harmoni, cinta, dan belajar dari pusat diri sendiri, semakin tinggi “aku”. Salah satu masalah terbesar dalam hidup adalah menemukan dan mengisi sumber mendalam kebijaksanaan batin yang mengalir dalam diri kita. Seni mandala membangunkan kejeniusan batin kita, membantunya berkomunikasi dan mengekspresikan dirinya secara langsung.
  5. Mandala dapat membantu kita melihat siklus yang lebih besar yang beroperasi dalam kehidupan kita, jika kita melakukannya secara teratur, dan kemudian mempertimbangkan serangkaian gambar yang telah berevolusi dari waktu ke waktu.

Menarik bukan? Bisa baca juga di artikel ini https://russs.net/mandalas/ , semoga bermanfaat.

Yuk bikin mandala, jika sulit berdua. Bisa bikin sendiri dulu aja.

Semangat!