EDUKASI MATERI KEPENULISAN REVIEW

Membuat Review

Apa itu review?

Membahas review sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru, apalagi di era digital ini semuanya serba automatically reviewed setiap hari. Misalnya selesai mengendarai kendaraan online, tentu di akhir proses akan diminta review (berupa pembubuhan bintang pada personal driver).

Berbeda dengan resensi yang terbatas pada objek berupa karya (buku, sastra maupun film), review jangkauannya jauh lebih luas dan mendalam.

Membuat review enggak sekedar meringkas isi melainkan juga mencari dan mengolah referensi, membandingkan serta memberi pendapat pribadi berdasar pengalaman penulis/reviewer. Kemudian membuat kesimpulan yang disertai dengan rekomendasi.

Review is a formal assessment or examination of something with the possibility or intention of instituting change if necessary.

-Dictionary

Tujuan dari melakukan review adalah memberikan pandangan kita terhadap suatu produk atau karya yang diharapkan dapat menginspirasi orang lain untuk ikut mencoba atau mendalami produk atau karya yang kita review tersebut, dan apabila memungkinkan terjadinya perubahan maka itu menjadi bahan pertimbangan dari produk atau karya itu sendiri.

Review umum dipakai oleh berbagai kalangan untuk menentukan atau menguji kelayakan suatu produk/karya. Misalnya review paper akademik, dalam hal ini tentu reviewer diambil dari para pakar yang ahli di bidangnya. Atau jika mengambil dari aktifitas kebanyakan orang, para reviewer biasanya berasal dari pegiat media sosial, pengamat, konsumen hingga influencer.

Review berarti menulis ulasan secara detail.

-makna review

Ciri-ciri review -yang disampaikan oleh situs dosen pendidikan- adalah sebagai berikut :

  1. Tinjauan yang fokus pada kata sifat.
  2. Menggunakan kata atau klausa yang cukup panjang serta kompleks.
  3. Menggunakan perumpamaan.

Adapun jenisnya sebagai berikut :

  1. Review teks
  2. Review jurnal
  3. Review gadget
  4. Review buku
  5. Review makanan
  6. Review aplikasi
  7. Review film
  8. Review jasa, dsb.

Berbeda dengan resensi buku atau film, struktur review buku atau film akan sangat khas dan subyektif.

Untuk resensi buku biasanya kita menuliskan seperti ini :

  1. Judul resensi.
  2. Identitas buku.
  3. Sinopsis atau ulasan buku.
  4. Kelemahan buku.
  5. Kelebihan buku, dalam hal ini ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti:
    • Organisasi buku atau kerangka suatu buku.
    • Isi buku.
    • Penggunaan bahasa.
  6. Selesai.

Cara Membuat Review

Biasanya review terdiri dari dua struktur yakni introduction dan evaluation. Intro atau pendahuluan berisi deskripsi atau pengenalan secara umum dari objek. Kemudian evaluasi berisi interpretasi atau pandangan kita terhadap objek, ditambah perbandingan beberapa hal. Kita juga bisa memberi nilai kurang dan lebihnya, terakhir memberikan rekomendasi untuk sebuah kesimpulan.

Dalam menuliskan review ada hal yang harus kita perhatikan :

  1. Kita harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film berarti wajib menonton film tersebut, jika mereview suatu tempat atau produk pastikan sudah menggunakannya terlebih dahulu. Kemudian bangun kredibilitas tulisan dengan baik sehingga pembaca bisa menerima review tersebut tanpa ada suatu yang mengganjal. Sehingga kita perlu pahami bahwa menjadi seorang reviewer penting menggunakan teknik penulisan yang baik, agar pembaca semakin tertarik untuk membaca bahkan mau mencobanya. Jika alur penulisannya kurang menarik, bisa dipastikan para pembaca enggak tertarik dengan review tersebut dan meninggalkannya begitu saja.
  2. Selain itu pastikan menulis review sesuai pengalaman, pembaca bisa membedakan tulisan review mana yang sesuai pengalaman dan hanya mengada-ngada saja, karena biasanya bahasa detail yang dijelaskan terlihat berbeda. Kecuali untuk review film atau buku, kita tidak bisa menulis secara detail karena ada kode etik untuk enggak membuat spoiler, tetapi untuk review produk, tempat atau makanan, justru harus menulis sedetail mungkin. Jangan ragu untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan produk tersebut secara lugas dan mendalam.

Teknis menulisnya bagaimana?

Kita bisa memulai menulis dengan teknik piramida, yakni menulis dari hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail. Ini enggak saklek, semenarik mungkin aja. Paling penting tulisan kita rapi dan terstruktur dengan baik.

Jangan lupa untuk menambahkan tips dan saran di akhir review. Ini akan membuat pembaca semakin tertarik untuk menghabiskan membaca keseluruhan review kita. Berikan saran juga di akhir, apakah produk tersebut layak digunakan atau tidak, atau film tersebut layak di tonton atau tidak.

Contohnya gimana?

Hmmm, kalau punyaku review yang pernah kutulis baru sekadar film, buku dan barang. Gaya bahasaku juga bebas, enggak terlalu formal. Aku juga nulis beberapa review buku yang semi-subyektif-campur resensi. Bisa cek di link review.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *