RKTIM

Mengenal PT.Tigaraksa Satria Tbk.

Assalamualaikum RKTIM di grup Nikmah. Kali ini, kita kenalan dulu sama perusahaaan yang membawa kita ke depan insyaaAllah menuju penghasilan lebih baik ya.

Sudah ada yang tahu apa PT. Tigaraksa Satria itu?

Sebagian orang mengatakan itu sebuah nama kecamatan di Tangerang Provinsi Banten. Hehehe. Itu mah Tigaraksa ya, bukan Tigaraksa Satria.

Sebagaimana di awal kita kenalan, maka tak kenal, tak sayang. Pun demikian dalam bermuamalah, sebisa mungkin (bahkan wajiiiib) kita pahami dulu perusahaan atau owner dari produk yang akan kita pasarkan.

So, yuk kita baca sejarahnya sama-sama 🙂

Tigaraksa Satria merupakan perusahaan distribusi yang besar di Indonesia. Namanya distribusi, tentu yang dialirkan juga sangat banyak macamnya bahkan siapa tahu di rumah kita, bahkan sekitar kita barang-barang yang kita gunakan juga merupakan hasil delivery perusahaan ini.

Seperti yang ada pada banner diatas, perusahaan ini mencakup hampir sebagian besar produk kebutuhan masyarakat. Ambil saja contoh produk susu SGM, peralatan dapur. Semuanya langsung (direct selling) sampai ke tangan konsumen tanpa perantara (ini basicnya), artinya memang dijual retail, bukan grosiran.

Sebagaimana perusahaan besar lainnya, Tigaraksa juga memiliki visi dan misi. Artinya merupakan pandangan jauh sebuah perusahaan terhadap masa depan dan bagaimana mewujudkannya.

Oke, itu tentang PT. Tigaraksa Satria, Tbk ya. Sekarang lanjut dengan PT. Tigaraksa Satria, Tbk Divisi Educational Product.

Langsung saya copas dari webnya langsung, ini sejarahnya 🙂

PT. Tigaraksa Satria, Tbk. berdiri sejak tahun 1919 sebagai sebuah perusahaan dagang keluarga yang di jalankan oleh Bapak Widjadja

Bisnis keluarga berkembang sesuai dengan keadaan hingga pada tahun 1960 tiga orang putra Bapak Widjadja mengambil alih bisnis utama dan mulai mengimpor produk konsumen sebagai tambahan bisnis utama, komoditas ekspor.

Tonggak pertama yang menandai transformasi perusahaan dagang keluarga adalah dengan memisahkan bisnis sales & distributor pada perusahaan tersendiri yang dimulai pada tahun 1988. Pada bulan April tahun 1990 PT. Tigaraksa Satria go public, dengan mencatatkan sahamnya ( Kode TGKA) di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya.

PT. Tigaraksa Satria, Tbk yang saat ini beralamat di Gedung Sucofindo Lt. 13 Jl. Raya Pasar Minggu Kav 34, Jakarta Selatan ini memiliki 4 bisnis unit, yaitu : Consumer Product, Educational Product, Blue gaz, Manufacturing .

Lalu, kita berada dimana?

Kita berada di Divisi Smart Family ini 🙂

SMART FAMILY DIVISION

PT. Tigaraksa Satria, Tbk. – Smart Family Division, telah berdiri sejak tahun 1973, sebagai sebuah perusahaan distribusi dengan metode direct selling, dan dikenal sebagai salah satu perusahaan perintis yang menyediakan metode pembelajaran pendidikan rumah terbaik bagi buah hati.

Selain fokus mengoptimalkan potensi kecerdasan buah hati dengan bekal skill, knowledge, value, dan religi. PT. Tigaraksa Satria juga berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia melalui produk-produk yang memberikan value terbaik di kelasnya.

Sudah terbayang kan ya? kenapa direct selling?

Kebanyakan perusahaan besar dengan produk premium tidak mengiklankan melalui media konvensional, apalagi ini produk edukasi yang tentu poin utamanya memberikan referensi, bukan sekadar promosi. Maka sistem penjualan langsung merupakan sistem yang sustain dan independen di perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga sudah memiliki armada distribusi yang mumpuni (packaging langsung terpusat dari gudang utama) maka harapannya para penjual tidak perlu susah payah mengirim paket, fokus kepada pendalaman produk dan menebarkan valuenya saja.

Produk di Divisi Smart Family kini mulai membesar. Jika dulu awal mula saya gabung hanya ada 3 prinsipal (produk yang dibawa sebuah perusahaan untuk dipasarkan) alqolam, ETL learning dan Cordoba. Kini sudah mulai merambah ke produk rumah tangga bahkan blue gaz juga ikut masuk. Kabarnya ke depan bakal banyak lagi 🙂

Bingung? merasa overwhelmed?

Oh tentu tidak dong ya, malah kita lebih enak, pilihan produknya makin banyak dan lebih leluasa memasarkannya.

Keunggulan kita berada disini adalah perusahaan ini sudah sustain, artinya eksistensinya sudah tidak diragukan lagi. Apalagi sudah terbuka (.tbk) ini maknanya segala jenis laporan keuangan perusahaan bisa dipertanggungjawabkan ke khalayak. Kita sebagai pedagang yang bergabung disini hanya perlu belajar, belajar dan belajar saja. Kemudian ikhtiar sesuai dengan etika bisnis kita, insyaaAllah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Semangat ya teman-teman 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *