Mindfulness

Mindfulness adalah suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu ataupun masa depan. Berfokus pada apa yang sedang dijalani saat ini dan melakukan dengan sikap yang terbaik.

Mindfulness juga bisa diartikan memusatkan perhatian sedemikian rupa, menghayati apa yang sedang sedang dilakukan, tanpa melakukan penilaian (kata psikolog dan penulis Rewire Your Brain For Love, Marsha Lucas, Ph.D).

Mindfulness membantu untuk mengoptimalkan kesehatan mental kita. Mindfulness ini mirip dengan meditasi, jadi perlu latihan.

Didalam islam biasa kita sebut dengan istilah muraqabah, ini jauh lebih efektif sebenarnya jika dipraktikkan dalam keseharian.

Muraqabah adalah usaha sungguh-sungguh di bawah naungan kehendak Allah dan menjalani hidup dan suluk kita dengan cara terbaik melalui keselarasan antara isi hati dengan penampilan di bawah pengawasan Allah SWT.

Dalilnya : “Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Qur’an dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya.” (QS. Yunus [10]: 61).

Latihan paling nyata bagi seorang muslim yakni dengan sholat, lima waktu minimal dalam sehari. Dari sholat pula kita bisa belajar fokus, khusyu’ serta mindful hadir utuh hanya dalam beberapa menit. Ini ada kajian neurologinya, kapan-kapan saya bahas di post blog insyaaAllah.

Mindfulness juga menjadi bagian dari aktifitas mengobati diri. Atau istilahnya self healing.

Pada dasarnya, setiap diri kita memiliki kemampuan ‘mengobati diri sendiri’ atau ‘pulih diri’.

Update post blog topik mindfulness saya jadikan satu pada kategori MINDFULNESS (SILAKAN KLIK JIKA MAU BACA).