Minimalist

Hai, hai. Pada menu minimalist ini saya akan membagikan konten post blog perjalanan minimalism saya. Semoga memberikan manfaat ya.

Setiap part bisa dibaca pada post blog dengan tag #minimalist atau folder kategori “MINIMALIST”

Adapun yang akan saya bagikan adalah sebagai berikut :

Minimalist (Sila klik masing-masing judul)

Part 1 – Simple Living

Part 2 – Pakaian, aksesoris, sepatu

Part 3 – Buku fisik dan non fisik

Part 4 – Dapur

Part 5 – Mainan anak

Part 6 – Dokumen

Part 7 – Hobi dan olahraga

Part 8 – Digital clutter (ini tentang mengatur file-file digital)

Jika ada rekues bisa sertakan di kolom komentar yaa. Selamat membaca (pada post blog, bukan di page ini), semoga saya konsisten menuliskannya πŸ™‚

Untuk panduan minimalist, saya menggunakan beberapa referensi, dari The Minimalist (duo minimalist), Francine Jay (Miss Minimalist) dan Joshua Becker (Keluarga Minimalis).

Dari ketiga penggagas minimalis barat itu, saya merasa paling mirip dengan Duo Minimalist karena kebetulan karakternya sama persis antara saya dan mbakputri dengan Joshua dan Ryan.

Ini yang bikin mirip. Perkataan Joshua. Data dirinya INTJ, ini sama persis dengan saya, INTJ juga.

Sedangkan Mbaput lebih mirip dengan Ryan.

Mbaput itu ENFP, suka mentoring orang juga persis dengan Ryan. Dan komentar Joshua (yg bawah) thd Ryan itulah yang saya rasa juga. Saya juga merasa demikian, butuh waktu untuk sendirian, rada OCD juga dan berbeda dengan Ryan yang ramai penuh hangat (karakter mbak putri dan keluarganya yang heboh, ramai bertolak belakang dengan keluarga saya juga).

So, jika duo minimalist punya karakter yang persis, ternyata Duo Gemaris pun sama ya, haha. Tim kurikulum yang insyaaAllah saling memahami satu sama lain.

Dan kini, kami berdua juga memiliki kesamaan interest : being minimalist.